-->

Tip Membuat Data Pengukuran Diri Dan Portofolio Untuk Agensi Bagi Seorang Calon Model


Ketika anda berniat dan sudah mulai menerjunkan diri ke dalam dunia modelling – dalam artian tidak ditemukan “secara sengaja” oleh pencari bakat – maka anda harus mulai melakukan kontak dan mencari agen model yang cocok bagi anda. 
Sebab ketika suatu saat anda memang sudah benar-benar menjadi model, sebuah agensi ( agen model ) yang baik akan sangat berguna dan bermanfaat bagi anda. 
Jika dalam hal ini anda tidak memiliki kontak atau koneksi sama sekali, maka langkah yang paling tepat adalah dengan mencari dan mendatangi agensi model yang ada di kota anda atau bisa juga yang ada di luar kota. Namun, hampir di setiap kota besar umumnya telah memiliki agensi model. 
Dan hampir semua agensi model umumnya terbuka bagi bakat-bakat baru untuk diorbitkan. 

Namun pada umumnya pula, untuk dapat diterima sebagai salah satu model pada agensi tersebut anda biasanya akan dikenai sebuah audisi
Anda mungkin akan diminta untuk berjalan atau berpose di depan mereka. Atau mungkin akan mengambil foto wajah ataupun foto lain selama wawancara. 
Karena itu ketika mendatangi agen model ini, pastikan agar anda membawa data catatan pengukuran diri. Dan jangan lupa bawa pula foto dan atau portofolio anda. 

Kedua informasi ini akan sangat membantu agensi modeling untuk menentukan penempatan Anda. Dan apabila anda sanggup menghafalnya akan merupakan nilai plus bagi anda. 
Sebab dengan cara ini anda akan tampak profesional saat sedang berbicara dengan agen atau klien potensial. 

Data catatan pengukuran diri yang harus anda sertakan antara lain : 


- Ukuran dasar 
Ukuran dasar yang harus anda diketahui adalah tinggi badan, berat badan , dan ukuran sepatu. 
Untuk mengetahui berapa ukuran sepatu anda secara cepat dan tepat dapat dilihat di bawah ini : 

- Ukuran pakaian 
Dalam hal ini meliputi ukuran baju dan celana, lingkar pinggul, lingkar pinggang, lingkar dada, dan sebagainya. 

- Data pribadi 
Dalam hal ini data pribadi yang harus anda sertakan memang berbeda dengan data pribadi yang biasa diminta secara umum. Yang harus anda sertakan dalam data pribadi ini antara lain warna rambut, warna mata, warna kulit, dan sebagainya. 

Nah, ketika data catatan pengukuran diri anda telah lengkap, maka saatnya untuk membuat portofolio
Satu hal yang paling penting dalam membuat portofolio adalah bisa menggambarkan bahwa Anda mampu menyajikan beragam "karakter" dan penampilan. 

Karena itu, dalam membuat portofolio ini sebaiknya : 

- Gunakan jasa fotografer profesional. 
Memang biasanya akan lebih mahal biayanya. Namun foto yang dibuat oleh fotografer profesional pada umumnya akan jauh lebih baik sehingga akan lebih memungkinkan bagi anda untuk dipanggil sebuah agensi guna melakukan wawancara. 
Jadi anggap saja hal ini sebagai investasi awal dalam karir Anda. Pepatahnya : “ada harga ada rupa”. 

- Buat foto yang natural dan alami 
Berbeda dengan anggapan banyak orang yang justru membuat foto yang berkesan glamour dan mewah untuk portofolionya. Yang terbaik justru sebaliknya. 
Sebaiknya buatlah beberapa foto untuk portofolio yang natural dan alami. Ambil foto wajah anda tanpa banyak riasan dan dengan latar polos. 
Dan gambar foto harus diambil dengan cahaya alami tanpa banyak gangguan. 
Tujuannya adalah agar agensi dapat melihat Anda dalam keadaan alami. 
Dalam hal ini anda harus membuat foto wajah, foto seluruh tubuh serta foto profil. 

- Mencetak ukuran foto 
Setelah itu cetakkan foto-foto profesional dalam ukuran 8R. 
Selalu siapkan untuk keadaan mendadak apabila Anda diminta memberikan sebuah foto sebelum atau sesudah wawancara. 

- Susun semua foto 
Dan apabila Anda memang memiliki beberapa foto profesional, sebaiknya susun semua foto tersebut dalam sebuah portofolio. Dan selalu bawa portofolio ini saat audisi atau mendatangi agensi. 

Dengan segala persiapan di atas, akan memberi kesempatan yang lebih besar bagi anda untuk diterima agensi. Namun bila seandainya ditolak, jangan berkecil hati dan putus asa. 
Sebab bukannya anda tidak menarik, namun beberapa agensi memang sering kali mencari jenis model yang beragam. Sehingga bisa jadi mungkin Anda sedang tidak cocok dengan jenis model yang mereka cari saat itu. 
Karena itu teruslah berusaha. Kesempatan yang luas ada di depan anda, selama anda mau meraihnya. 

Lihat juga : 

You may like these posts