-->

8 Tip Meniti Karir Sebagai Model Di Dunia Modeling


Sebagaimana disampaikan sebelumnya, bahwa dunia modelling sebenarnya penuh persaingan dan penolakan. Jika tidak pandai-pandai membawa diri dalam meniti karir, tidak mustahil dalah sekejap anda akan hilang tertelan oleh wajah-wajah model lainnya. 
Sudah begitu banyak contohnya, seorang model yang sedemikian ngetop, tiba-tiba hilang begitu saja. 
Karena itulah bagi anda yang berniat dan telah menggeluti yang dipandang penuh gebyar di luaran ini, 8 Tip Meniti Karir Sebagai Model Di Dunia Modeling ( dari berbagai sumber ) : 

1. Jangan menandatangani formulir kontrak tanpa berkonsultasi dengan agen Anda
Suatu saat mungkin ada Klien yang meminta Anda untuk menandatangani sebuah dokumen atau formulir persetujuan. Ketika hal seperti ini terjadi pastikan agar anda meminta salinannya terlebih dulu untuk dibaca dan dipelajari oleh agen Anda. 
Hal ini salah satunya untuk menjaga agar jangan sampai anda menandatangani formulir yang memberikan kuasa lebih banyak pada fotografer atau klien atas tindakan atau foto yang seharusnya. 

2. Jangan sungkan bila memang butuh bantuan 
Demikian halnya ketika anda akan menandatangani kontrak dengan agensi. Apabila Anda masih merasa tidak yakin mengenai suatu kontrak yang disodorkan – misalnya yang terkait dengan masalah hukum - maka jangan sungkan untuk memonta bantuan. 
Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada pengacara atau model berpengalaman. 
Namun biasanya Agen yang baik, akan mempertimbangkan kepentingan terbaik modelnya. Mereka bahkan akan membantu dalam masalah hukum dalam kontrak-kontraknya. 

3. Menjadi model adalah pekerjaan sungguhan 
Ada beberapa orang yang menganggap bahwa menjadi seorang model hanyalah pekerjaan sambilan belaka. Menjadi model diangap bukan sebagai pekerjaan yang serius. 
Memang benar bahwa karir di dunia modelling relatif lebih singkat. 
Rata-rata “hanya” selama 5 tahun berjalan. 
Namun jika memang sudah terjun di dunia ini tentu tidak bisa menganggapnya sebagai pekerjaan sambilan belaka. 
Menjadi model juga membutuhkan waktu penuh dan membutuhkan perhatian konstan. Beberapa saat anda mengabaikannya bisa jadi karir Anda bisa berakhir. 
Anda wajib memahami bahwa peluang untuk berkarir di modeling adalah sangat kecil karena memang begitu ketat persaingannya. Sebaliknya ketika anda bersungguh-sungguh dan menjadi terkenal dalam dunia modelling ini, Anda mungkin dapat memperluas karir. 


4. Bersikap profesional, sopan, dan menghormati orang lain. 
Anda memang tidak bekerja kantoran, dalam artian jam kerja anda tidak seteratur dan sekaku ketika bekerja di kantor. Namun Anda harus tetap bersikap profesional. Anda juga harus menghargai orang lain yang bekerja dengan Anda. 
Jangan pernah meremehkan siapa pun juga. Anda tidak akan pernah tahu jika suatu saat orang tersebut justru akan berpengaruh terhadap diri anda. 
Anda mungkin sudah menjadi seorang model top, namun bukan berarti Anda bisa untuk bersikap angkuh, sok, atau sombong. 
Jalinlah hubungan baik dengan siapa saja, terutama dengan para fotografer. 

5. Buat jadwal yang teratur 
Seorang model memang sering mendapatkan pekerjaan mendadak dan selalu sibuk. Karena itu anda harus membuat jadwal dan bisa mengatur jadwal tersebut jika ingin berhasil. 
Sebuah catatan kecil dalam agenda akan sangat membantu. 
Dengan cara ini pula, Anda dapat Selalu datang tepat waktu pada setiap janji atau sesi pemotretan. Jika terlambat ( apalagi jika sering ) reputasi Anda akan jatuh dan tidak akan ada lagi yang mau bekerja dengan Anda. 

6. Jujurlah tentang diri Anda 
Apapun kondisinya, usahakan selalu jujur tentang diri anda. Jangan sekali-kali berbohong tentang segala sesuatu tentang anda. Sekali dua kali mungkin berhasil. 
Namun pada akhirnya tetap akan terbongkar juga. Dan ketika hal ini terjadi habislah karir anda. 

7. Selalu Kreatif 
Saat melakukan sesi pemotretan, seorang Fotografer biasanya memang telah memiliki pose dan gaya yang diinginkan sesuai tema. Anda memang harus mengikuti arahan tersebut. 
Namun bukan berarti bersifat mutlak. 
Jika Anda memiliki pendapat dan pandangan yang leih baik, anda bisa mengatakannya. Fotografer justru akan merasa berterima kasih ketika hasil yang didapat memang jauh lebih baik. 
Demikian halnya pula dalam hal tata busana. Jadi bersikaplah kreatif. 

8. Pastikan akan adanya penata rias 
Pada setiap sesi akan selalu diharapkan sebuah hasil yang menarik dan memikat. Dan untuk mencapai hasil seperti ini, peran seorang tata rias akan sangat besar. 
Bahkan ketika dalam sebuah sesi yang bersifat natural sekalipun. Karena itu selalu pastikan agar selalu ada tata rias di lokasi. 

Sebaiknya simak juga :

You may like these posts