-->

Inilah 5 Makanan Sehat Yang Sebaiknya Dikonsumsi Selama Bulan Puasa


Saat bulan puasa, jenis makanan yang dikonsumsi sebenarnya tidak harus berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Hanya saja saat bulan puasa, dimana orang yang berpuasa harus tidak makan selama seharian penuh, maka saat makan sahur, memang sebaiknya mengkonsumsi makanan yang cukup energi untuk menunjang aktivitas selama satu hari. 

Itu yang pertama. 
Yang kedua, Saat melakukan puasa, tubuh manusia akan melakukan dteoksifikasi, yaitu proses pengeluaran racun dari tubuh secara alami. Sehingga tentu saja sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang sehat. Jangan malah mengkonsumsi makanan “junk food” sehingga malah memperberat proses detoksifikasi yang sedang dilakukan. 
Sedangkan yang ketiga, sSaat bulan puasa umumnya orang menginginkan makanan yang segar-segar. Sehingga setelah tidak makan dan minum seharian, orang akan tergugah seleranya saat berbuka. 

Tentu saja ada begitu banyak jenis makanan yang dapat dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun setidaknya Inilah 5 Makanan Sehat Yang Sebaiknya Dikonsumsi Selama Bulan Puasa

1. Daging putih 
Mengapa daging putih ? 
Sebab daging putih akan lebih mudah dicerna oleh system pencernaan bila dibandingkan dengan daging merah. Dengan lebih mudah dikonsumsi maka akan dapat menghemat energy yang harus dialokasikan tubuh ke bagian pencernaan. 
Karena itu daging puti ini sangat cocok dikonsumsi saat makan sahur. Dan anda bisa mengkombinasikan dengan bahan makanan lainnya. 

2. Susu dan Yogurt 
Susu dan yogurt baik dan sangat sehat dikonsumsi kapanpun juga, dan akan lebih baik dikonsumsi saat puasa. Baik susu maupun yogurt merupakan merupakan bahan makanan sebagai sumber kalsium yang paling banyak tubuh. Susu dan yogurt baik dikonsumsi saat berbuka puasa ataupun saat makan sahur. 

susu dan yogurt

3. Keju 
Dengan segala kandungannya, keju sangat baik dan sehat dikonsumsi saat berbuka atau saat sahur. Dan enaknya ada begitu banyak makanan yang berbahan dasar keju, misalnya pasta, cake keju, puding keju dan ice cream keju. 

4. Minyak Zaitun 
Mungkin masih sedikit masyarakat kita yang menggunakan minyak zaitun dalam masakannya. Padahal dalam minyak zaitun terkandung bahan antioksidan yang sangat baik dan sehat bagi tubuh. 
Selain itu menggunakan atau menambahkan minyak zaitun dalam bahan makanan bisa menjadikan masakan memiliki aroma yang lebih wangi. Minyak zaitun bisa dikonsumsi saat berbuka atau sahur. 

5. Sayuran 
Sayuran banyak mengandung serat sehingga akan lebih mudah dicerna. Sayuran juga mengandung berbagai vitamin dan zat gizi yang dibtuhkan oleh tubuh. Karena itu sayuran merupakan menu yang sehat dan baik untuk disajikan, baik saat sahur atau berbuka. 
Lihat juga : 

You may like these posts