-->

Inilah Hebatnya Khasiat Tempe Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Jangan “under estimate” dengan tempe.

Selama ini anda semua pasti sudah tahu apa itu, tempe. Salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang begitu merakyat.
Tetapi seringnya dan umumnya – karena ingin dikatakan bergaya hidup modern - malah menyepelekan makanan tempe ini. Sebagai makanan “wong ndeso”. Makanan kelas bawah, makanan tidak elit dan sebagainya.
Sehingga lebih memilih makanan-makanan “bule”, macam sosis, nugget dan sebagainya saat memasakkan dan menyajikan kepada keluarga.

Kalaupun mengkonsumsi tempe, itu “dengan terpaksa” dilakukan karena harus melakukan diet karena penyakit, seperti kolesterol misalnya.

Padahal semua orang tahu, betapa hebat dan tingginya kandungan dan nilai gizi dari tempe ini.
Sehingga bahkan, para penganut pola hidup vegetarian menjadikan tempe sebagai salah satu makanan “wajib” nya.

Dan jika mau menelusuri, khasiat hebat dari tempe ternyata tidak hanya “berhenti” disitu saja.
Tempe ternyata juga mempunyai khasiat yang hebat untuk kecantikan dan kesehatan lainnya.

Jadi para ibu rumah tangga, para wanita sebaiknya tahu apa Hebatnya Khasiat Tempe Untuk Kecantikan dan Kesehatan.

Dengan kandungan gizi yang baik pada protein, lemak, dan karbohidratnya, tempe sangat bagus dikonsumsi oleh semua lapisan umur. Dari bayi sampai orang lanjut usia.
Ini disebabkan tempe juga mengandung enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kapang tempe, sehingga kandungan gizi tempe mudah dicerna oleh tubuh.

● Khasiat tempe untuk perawatan kecantikan

Salah satu masalah kecantikan yang selalu menghantui para wanita adalah penuaan ( aging ).
Wajar, karena setiap wanita memang selalu ingin tampil cantik dan muda. Memang banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghambat efek penuaan.
Produk-produk anti aging begitu banyak tersedia. Bahkan bagi yang suka instant dapat melakukannya dengan operasi kedokteran.
Atau bahkan cara pencegahaan penuaan dini yang "unik" seperti ini : Rasullullah Ternyata Telah Ajarkan Cara Cegah Penuaan Dini

Namun jika ingin melakukan dengan cara yang sangat mudah dan sangat murah, anda dapat mengkonsumsi tempe.
Ya, salah satu khasiat hebat dari tempe untuk kecantikan adalah dapat berfungsi sebagai anti penuaan dini (anti aging) alami.

Prinsip dasarnya, penuaan dapat dihambat dengan adanya antioksidan untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.
Dan tempe, mempunyai kandungan antioksidan yang hebat, isoflavon dalam ketiga jenisnya : daidzein, glisitein, dan genistein. Bahkan tempe mempunyai antioksidan yang dikenal paling kuat yaitu antioksidan faktor II (6,7,4-trihidroksi isoflavon).
Itulah sebabnya mengkonsumsi tempe secara teratur dapat membantu untuk melawan terjadinya penuaan dini ( aging ).

● Khasiat hebat tempe untuk kesehatan dan melawan berbagai penyakit

Kandungan dan nilai gizi tempe, mungkin tidak perlu disebutkan lagi. Sebab semua orang telah mengetahuinya.
Namun agar tidak lagi “under estimate” pada tempe maka sangat perlu disebutkan betapa hebat khasiat tempe terhadap kesehatan dan perannya untuk melawan berbagai macam penyakit.
Berikut di antaranya :

- Tempe mencegah terjadinya penyakit degenerative, seperti aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, kanker.

- Tempe mengandung zat anti bakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain

- Penelitian menunjukkan, zat gizi tempe lebih mudah dicerna, diserap, dan dimanfaatkan tubuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk bayi dan anak balita penderita gizi buruk dan diare kronis.

- Mengkonsumsi tempe secara teratur, pertumbuhan berat badan penderita gizi buruk akan meningkat dan diare menjadi sembuh dalam waktu singkat.

- Tempe dapat menurunkan kadar raffinosa dan stakiosa, yaitu suatu senyawa penyebab timbulnya gejala flatulensi (kembung perut).

- Sepotong tempe goreng (50 gram) sudah cukup untuk meningkatkan mutu gizi 200 gram nasi.

- Tempe mempunyai efek penurunan terhadap kandungan kolesterol serum, sehingga dapat menetralkan efek negatif sterol di dalam tubuh.

- Tempe merupakan sumber vitamin B yang sangat komplit. Berupa: vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), asam pantotenat, asam nikotinat (niasin), vitamin B6 (piridoksin), dan B12 (sianokobalamin).
Hebatnya, Vitamin B12 biasanya tidak bisa dijumpai pada makanan nabati, namun tempe “bisa” mengandung vitamin B12. Jadi tempe merupakan satu-satunya bahan pangan nabati sumber vitamin B12 potensial.
Kadar vitamin B12 tempe sebanyak 1,5 sampai 6,3 mikrogram per 100 gram tempe kering.
Jumlah ini telah dapat mencukupi kebutuhan vitamin B12 seseorang per hari.
Oleh sebab itu, para penganut pola hidup dan gaya vegetarian tidak perlu merasa khawatir akan kekurangan vitamin B12, selama mereka mengkonsumsu tempe

- Tempe mengandung mineral makro dan mikro dalam jumlah yang cukup.
Jumlah mineral besi, tembaga, dan zink berturut-turut adalah 9,39; 2,87; dan 8,05 mg setiap 100 g tempe.

- Penelitian di Universitas North Carolina, Amerika Serikat, menemukan bahwa genestein dan fitoestrogen pada tempe ternyata dapat mencegah kanker prostat dan payudara.

- Penelitian lain menunjukkan, mengkonsumsi tempe secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida darah.

Selain itu, tempe juga mengandung antioksidan yang dapat menghambat oksidasi kolesterol LDL darah manusia, sehingga dapat menghambat infiltrasi lemak atau LDL teroksidasi, ke dalam jaringan pembuluh darah.

Nah tahu khan, betapa hebatnya khasiat tempe ini.
Makanya mulai sekarang jangan “ under estimate” dengan tempe. Sebaiknya mulai rajin-rajin mengkonsumsi tempe. Selain mudah didapat, dan murah yang paling penting khasiatnya.
Bahkan ternyata tempe mempunyai kegunaan lain yang mungkin di luar nalar dan perkiraan anda.
Tidak percaya ? Coba lihat saja disini :
Mendeteksi Keharmonisan Rumah Tangga Dengan Tempe.