-->

8 Jenis Makanan Sehat Yang Biasa Anda Makan Namun Akan Menjadi Berbahaya Jika Dipanaskan Ulang


Sudah menjadi sebuah satu kebiasaan bagi hampir sebagian besar ibu rumah tangga Indonesia, mereka kerap kali memanaskan atau menghangatkan ulang makanan setelah tidak habis dimakan ( bahasa Jawa “di-nget” ). 

Alasannya memang sangat logis dan masuk akal : daripada mubazir atau untuk pengiritan. 

Sebenarnya masih ada cara lain agar makanan yang dimasak tidak tersisa. 
Yaitu dengan memasak makanan dalam jumlah yang “secukupnya”. 
Namun memang terkadang ada hal-hal yang tidak terduga, sehingga makanan tersebut tetap tersisa. 

Memang, kebiasaan menghangatkan makanan kembali adalah sah-sah saja. 
Hanya saja kebiasaan seperti ini tidak bisa dilakukan pada semua jenis makanan. 
Yang wajib ibu ketahui adalah ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa dihangatkan ulang. Sebab ketika dihangatkan / dipanaskan ulang, beberapa jenis makanan tertentu tersebut, tidak hanya akan kehilangan kandungan gizi dan nutrisinya, tetapi malah akan menjadi bahan ( makanan ) yang berbahaya, karena menjadi beracun bagi tubuh jika dikonsumsi. 
Apa saja bahan makanan tersebut ? 

Ini dia setidaknya ada 8 Jenis Makanan Sehat Yang Biasa Anda Makan Namun Akan Menjadi Berbahaya Jika Dipanaskan Ulang, terlebih jika dilakukan berkali-kali : 

1.Nasi 

Menghangatkan kembali nasi yang masih sisa merupakan satu kebiasan yang paling umum dan paling banyak dilakukan. Sebab nasi memang merupakan makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia. 
Dengan kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi, mencapai (242 kkal per 1 piring nasi), memang sangat patut jika nasi dijadikan sumber energi yang utama. 
Namun, tahukah ibu memanaskan ulang nasi ( berkali-kali ) ternyata merupakan tindakan yang sangat tidak disarankan ? 
Pasalnya, menurut sebuah agensi standard makanan di Amerika, ketika nasi dipanaskan berulangkali maka dapat menjadi media bagi bakteria yang berbahaya untuk bertumbuh dan berkembang biak ketika suhu nasi mendingin kembali. 
Bakteri berbahaya tersebut dapat menimbulkan penyakit diare atau sekurangnya muntah-muntah pada bagi yang mengkonsumsinya. 

2. Kentang 

Bahan makanan sebagai sumber karbohidrat lainnya yang juga akan menjadi berbahaya jika dipanaskan berulang kali adalah kentang. Selain dimakan “begitu saja”, kentang kerap kali diolah menjadi lauk atau makanan yang menarik lainnya, seperi perkedel, mashed potato, French fries, potato wedges dan sebagainya. 
Namun di saat kentang atau makanan yang terbuat dari kentang dipanaskan ulang, selain akan kehilangan kandungan positifnya, yang lebih berbahaya adalah dapat memicu pertumbuhan dan perkembangan Botulisme, yaitu salah satu jenis bakteri langka yang membahayakan bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi. 

3. Telur 

Bahan makanan dari golongan lauk pauk yang akan menjadi berbahaya jika dipanaskan ulang adalah telur. Dengan kandungan gizi yang sangat bervariasi seperti protein, vitamin A, Kalsium, Vitamin B6 dan B12, serta fosfor namun dengan harga yang sangat terjangkau, telur memang sangat pantas untuk dikonsumsi. 
Namun ketika telur yang telah matang, dipanaskan atau dimasak kembali – terutama pada suhu tinggi - pada suhu tinggi untuk kedua kalinya ternyata dapat menimbulkan kandungan beracun yang mengganggu sistem pencernaan. 

4.Ayam 

Lauk lainnya yang akan menjadi berbahaya ketika dipanaskan ulang adalah daging ayam. Selain harganya yang terjangkau, daging ayam memiliki banyak kandungan yang bernutrisi. 
Data dari USDA, dalam setiap 100 gram daging ayam, mengandung kalori sebesar 215 kkal, 18 gram protein, 15 gram lemak, 4 gram lemak jenuh dan kolestrol sebanyak 75 mili gram. Selain itu juga mengandung bermacam mineral, seperti kalsium, besi, natrium dan sebagainya. 
Hanya saja, seperti layaknya telur, ketika daging ayam dipanaskan ulang lalu didinginkan, maka kandungan protein dalam daging ayam dapat berubah menjadi bahan yang dapat menyebabkan gangguan masalah pencernaan. 
Jika harus memanaskan ulang daging ayam, disarankan untuk memanaskannya hingga ke bagian ke dalam, bukan hanya bagian luarnya saja. 

5. Bayam 

Dari golongan sayur-sayuran, jenis makanan yang menjadi berbahaya jika dipanaskan ulang adalah bayam. Bayam memang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan tinggi, dimana dalam setiap 100 gram daun bayam bisa mengandung lebih dari 2 gram protein, 3 gram karbohidrat, 3 gram besi, 80 gram kalsium. Juga mengandung vitamin seperti vitamin A, C dan mineral seperti magnesium dan natrium. 
Karena itulah bayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama untuk melawan penyakit kanker, untuk kesehatan mata, untuk diett, serta untuk meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. 
Namun ketika bayam dipanaskan ulang, kandungan Nitrat dalam bayam akan menjadi Nitrit dan melepaskan senyawa karsinogenik yang menyebabkan kanker. 

6.Seledri 

Dalam Seledri terkandung begitu banyak bahan yang bernutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, vitamin C, K dan E. 
Karena itu mengkonsumsi seledri sangat baik bagi peningkatan kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, menghambat penuaan serta dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti gangguan ginjal, sembelit, asma, anemia, obesitas dan sebagainya. 
Namun seperti halnya bayam, dalam seledri juga terkandung Nitrat yang akan berubah menjadi bahan berbahaya ketika dipanaskan ulang. 

7.Beet 

Dan terakhir adalah Beet atau Bit. 
Bahan makanan ini memang agak jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Beet yang merupakan sejenis umbi lebih umum dikonsumsi masyarakat di Eropa atau Amerika. 
Beet termasuk bahan makanan yang menyehatkan. Sebab dalam beet terkandung asam folat, kalium, magnesium fosfor, vitamin B1, B2, C dan lain lain. Beet juga mengandung cukup banyak karbohidrat sehingga bisa dijadikan sumber energi. 
Kelebihan lain dari beet adalah meski tingkat karbohidratnya cukup tinggi, namun nilai kalorinya sangat rendah sehingga sangat dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet. 
Namun ketika Beet dipanaskan kembali, efeknya akan sama seperti ketika memanaskan ulang bayam dan seledri. Menimbulkan senyawa karsiogenik yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker. 

8. Jamur 

Jamur adalah jenis sayuran lain yang akan menjadi berbahaya ketika dipanaskan ulang. Sebab selain dapat menurunkan nilai proteinnya, juga akan menghasilkan zat yang dapat mengganggu pencernaan. 

Nah itulah 8 Jenis Makanan Sehat Yang Biasa Anda Makan Namun Akan Menjadi Berbahaya Jika Dipanaskan Ulang. 

Bukannya tidak boleh melakukan kebiasan ini ( kan untuk pengiritan ), namun agar berhati-hati dan pilih-pilih dalam melakukannya. 
Lihat juga : 
  1. my blog
    my blog
    my blog
    my blog
    my blog