-->

Mengintip Rahasia Misoa, Yang Sederhana Tapi Penuh Makna

Anda pasti sudah tahu bukan apa itu misoa ?

Layaknya kue bulan yang merupakan jajanan tradisional khas Tionghoa yang disajikan pada perayaan pergantian musim semi ( festival zhong qiu jie ), misoa, juga merupakan makanan tradisonal Tionghoa yang biasa disajikan pada perayaan-perayaan tertentu.

Lihat juga :

Awalnya misoa ini adalah sajian khas keluarga Tionghoa keturunan suku Fu Qing. Namun saat ini misoa disajikan hampir pada keluarga Tionghoa, mulai pada acara ulang tahun sampai tahun baru Imlek.

Sebab, meski terlihat sangat sederhana, misoa ini melambangkan panjang umur, panjang usia perkawinan dan juga sangat baik bagi kesehatan.
Dan hingga saat ini, bagi sebuah keluarga Tionghoa, menyantap misoa, terutama pada acara-acara tertentu sudah menjadi sebuah tradisi.

Misoa sendiri sebenarnya sangat mudah untuk dibuat. Namun agar cita rasanya lebih mantap, sebaiknya intip dulu sedikit rahasia tentang misoa ini :

● Misoa dibuat dari tepung beras.

Warnanya putih gading dengan diameter yang sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan bihun.

● Di pasaran, misoa biasa dijual dalam bentuk bundelan yang dikemas dalam dos ataupun kantong plastic. Mana misoa yang terbaik ?

Misoa yang terbaik adalah misoa yang paling sesuai dengan selera keluarga anda.

● Kenapa misoa biasanya dikemas dalam dos ?

Karena misoa ini mudah sekali patah, untuk itulah perlakuannya juga harus hati-hati.

● Karena mudah patah, dalam penyimpanannya misoa sebaiknya tetap dilakukan dalam dos kemasannya.

● Ada sedikit rahasia untuk merebus misoa.

Misao biasanya akan saling melekat. Untuk itulah, ketika merebus misoa sebaiknya juga diberikan sedikit minyak. Dengan adanya sedikit minyak, maka misoa tidak akan saling melekat ketika direbus.

● Dalam merebus, misoa baiknya direbus per bundle.

Tujuannya ? Agar matangnya lebih merata.

● Untuk hasil rebusan yang terbaik, sebaiknya rebus misoa dalam air mendidih hingga empuk, lalu segera tiriskan airnya. Kemudian langsung diaduk lagi dengan minyak.

Bisa memakai minyak wijen , minyak lemak ayam ataupun minyak lainnya sesuai selera keluarga anda.

Nah itulah beberapa rahasia kecil tentang misoa.

Sajian yang sederhana, namun konon penuh makna. Sedangkan untuk kue yang lebih “wah” karena pada awalnya hanya disajikan di hotel berbintang lima, ini dia :