-->

7 Cara Terbaik Untuk Memasak Daging Supaya Lebih Cepat Empuk


Daging, merupakan salah satu bahan makanan yang dikategorikan dalam 4 sehat. Karena itulah daging sangat disarankan untuk dikonsumsi. 
Hanya saja masalah yang sering dihadapi olah para ibu rumah tangga saat memasak daging adalah daging yang dimasaknya terasa alot, tidak bisa empuk seperti ketika membeli di warung makan atau restoran. Kalaupun bisa empuk, dibutuhkan waktu memasak yang cukup lama. 
Sehingga menjadikan para ibu “ogah” dan agak malas untuk memasaknya. 

Padahal cara memasak daging agar cepat empuk sebenarnya sangat sederhana. 

Kamu mungkin pernah melihat, jika para ibu di jaman dulu dikala memasak daging kerap kali memasukkan kelereng di dalamnya. Dan kamu mungkin merasa agak aneh, kelereng kok dimasak.....? 
Bukan karena ibu jaman dulu suka main-main atau iseng saat memasak, melainkan dengan memasukkan kelereng saat memasak daging, dimaksudkan agar daging tersebut lebih cepat menjadi empuk. 
Selain dengan menggunakan kelereng guna mengempukkan daging – yang bagi sebagian kamu mungkin terasa agak aneh – sebenarnya masih ada cara lainnya yang oke agar daging yang kamu masak cepat empuk. 

Dan berikut ini setidaknya 7 Cara terbaik untuk memasak daging supaya lebih cepat empuk : 


1. Potong daging dengan arah berlawanan seratnya 

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memotong daging tersebut dengan arah yang berlawanan seratnya. Jangan memotong daging secara sembarangan. 
Mengapa ? 
Sebab dengan memotong daging berlawanan arah seratnya, akan bisa menghambat bersatunya serat daging pada saat dimasak. Dengan demikian daging akan bisa lebih cepat empuk. 

2. Dengan memukul-mukul daging 

Cara selanjutnya adalah dengan memukul-mukul daging tersebut. 
Dengan memukul-mukul daging maka serat daging akan terurai sehingga akan lebih cepat menjadi empuk saat dimasak. 
Namun jangan memukul-mukul terlalu keras sehingga daging malah hancur. Cukup – kata Vety Vera - sedang-sedang saja saat memukulnya. 

3. Mengempukkan daging dengan membungkusnya menggunakan daun Pepaya 

Membungkus daging dengan daun pepaya akan menjadikan daging lebih cepat empuk saat dimasak. Sebab dalam daun pepaya terkandung bahan alami yang disebut dengan Papain, yang memang memiliki khasiat mampu melunakkan daging. 
Caranya cukup mudah. 
Sebelum dimasak, bungkus daging tersebut dengan daun papaya, kira-kira selama 30 menit. Setelah itu masak seperti biasanya. 
Namun hati-hati saat menggunakan daun pepaya untuk mengempukkan daging – terutama saat membilasnya - agar nantinya daging tidak terasa agak pahit. 

4. Mengempukkan daging dengan Parutan Nanas 

Bila khawatir dengan daun pepaya, bisa digunakan cara lainnya, yaitu dengan menggunakan buah nanas. Buah nanas, terutama nanas yang masih muda memiliki khasiat yang tak kalah kuatnya dengan daun pepaya dalam mengempukkan daging. 
Caranya juga mudah. 
Pilih dan ambil buah nanas yang masih muda, lalu parut. 
Gunakan parutan nanas ini untuk membalur daging secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit. Baru kemudian dimasak seperti biasanya. 

5. Menjadikan daging empuk dengan dengan buah Kiwi

Ingin aroma dan rasa yang lebih enak ? 
Gunakan saja buah Kiwi. 
Buah Kiwi ini dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Sebab dalam buah ini terkandung enzim Actinidin yang fungsinya sama dengan Papain, mampu menjadikan daging empuk secara cepat.
Caranya ? 
Ambil buah Kiwi, lalu remas-remas. Kemudian oleskan remasan buah kiwi ini secara merata pada daging dan diamkan selama 1 hingga 2 jam sebelum dimasak. 
Berapa banyak buah Kiwi yang dibutuhkan ? 
Sebagai patokan gampang, untuk setiap 1 kilogram daging gunakan 1 hingga 1 ½ butir kiwi. 

6. Membuat daging cepat empuk dengan kulit Pisang

Ingin mengempukkan daging dengan cara yang lebih irit ? 
Bila sedang makan pisang, kulitnya jangan dibuang. 
Coba saja gunakan kulit pisang guna mengempukkan daging. Sebab kandungan bahan aktif alami dalam kulit pisang ternyata juga mampu menguraikan protein daging. 
 Caranya adalah dengan membungkus daging dengan kulit pisang yang baru saja dikupas, lalu diamkan selama ½ jam hingga 1 jam. 
Selain irit, kelebihan lain menggunakan kulit pisang untuk menjadikan daging lebih empuk adalah, kulit pisang akan menjaga kondisi daging yang diolah tidak menjadi kering dan tidak merubah cita rasanya. 

7. Menjadikan daging lebih cepat empuk dengan beras 

Lalu bagaimana jika kesemua bahan di atas tidak ada ? 
Jangan khawatir, gunakan saja beras. 
Ambil segenggam beras, lalu campurkan saja saat memasak daging. 
Indikasi daging telah menjadi empuk adalah ketika beras yang dimasukkan terlihat telah hancur. 
Mudah bukan ? 

Jadi saat memasak daging, jangan “sambat”. 

Coba gunakan 7 cara terbaik diatas untuk memasak daging supaya lebih cepat empuk. 

Tinggal pilih salah satunya atau kombinasi diantaranya. Niscaya acara memasak kamu akan menjadi lebih menyenangkan, tidak perlu menunggu lama-lama. 
Lihat juga :

You may like these posts