-->

Kenali Bentuk Tubuh Wanita Yang Rawan Terkena Masalah Nyeri Punggung


Banyak orang yang menyangka bahwa masalah nyeri punggung hanya dialami oleh para wanita yang telah cukup berumur. Atau mereka yang memang mengalami masalah pengeroposan tulang. Atau yang memiliki penyakit tertentu yang berkaitan dengan tulang dan punggung. 
Namun faktanya justru tidak demikian halnya. 

Satu hasil Survei menunjukkan bahwa hingga seperempat wanita yang masih berusia muda, pada kisaran 34 tahun telah mengalami masalah nyeri punggung. 
Bahkan disebutkan pula 6 dari 10 wanita ( muda ) telah mengalami masalah nyeri punggung, terutama yang memiliki bentuk tubuh tertentu. 

Terlepas dari masalah pengeroposan tulang, selama ini pula orang juga menyangka bahwa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya masalah nyeri punggung adalah ( terutama ) karena besarnya ukuran payudara dan juga faktor berat badan. 
Bahkan wanita-wanita yang secara alami memiliki ukuran dada yang besar sering dijadikan bahan olok-olok. 

Namun sebuah penemuan terbaru menyatakan bahwa bentuk tubuh seseorang ternyata juga akan sangat mempengaruhi terjadinya masalah nyeri punggung pada wanita. 

● Beberapa bentuk dan postur tubuh wanita yang buruk 

Ada bentuk tubuh tertentu dari wanita yang memang rawan terhadap serangan nyeri punggung. 
Berdasar hasil studi terbaru tersebut Bentuk Tubuh Wanita Yang Rawan Terkena Masalah Nyeri Punggung adalah : 

1. Wanita yang memiliki bentuk tubuh leaning towers 


postur leaning towers

Leaning towers adalah bentuk tubuh yang agak “ndoyong” atau menjorok ke depan. Ini merupakan postur tubuh wanita yang paling buruk. Sebab menurut hasil studi, wanita-wanita dengan bentuk tubuh seperti inilah yang paling beresiko mengalami serangan nyeri punggung. 

2. Wanita yang memiliki bentuk tubuh Bridge 

bentuk tubuh bridge
Bentuk tubuh yang paling rawan selanjutnya adalah wanita yang memiliki postur Bridge. 
Postur Bridge adalah bentuk tubuh wanita dimana tubuh bagian atas mulai dari pinggang terlihat maju ke depan, sedang dari bawah pinggang terlihat agak ke belakang ( jawa : njentit ), sehingga tulung punggung membentuk huruf “S”. 

3. Wanita yang memiliki bentuk tubuh Spoon 

bentuk tubuh spoon
Postur Spoon adalah bentuk tubuh wanita yang membungkuk, dengan punggung agak melengkung. Bentuk tubuh seperti ini menempati urutan ketiga sebagai bentuk tubuh yang rawan terkena serangan nyeri punggung. 

4. Sebaliknya dengan wanita yang memiliki bentuk tubuh Flat pack 

postur flat pack

Postur flat pack adalah bentuk tubuh wanita yang ideal : tegap, sehingga tulang punggung membentuk garis lurus, dimana kepala dan pergelangan kaki terlihat sejajar. 
Bentuk tubuh inilah yang terbaik dan paling “sehat”. Sebab memiliki resiko paling kecil terkena masalah nyeri punggung ( terkecuali jika memang memiliki masalah pengeroposan tulang – karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan ). 
Selain itu dari segi kecantikan bentuk tubuh wanita yang flat pack juga akan terlihat jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan ketiga bentuk tubuh lainnya. 

● Mengatasi masalah nyeri punggung secara mudah 

Berdasar hasil studi tersebut maka para ahli menyarankan pada kaum wanita, jika menginginkan terhindar dari masalah nyeri punggung, selain memperhatikan faktor-faktor lain yang berpengaruh, membentuk postur dan bentuk tubuh juga sangat penting. Terutama sekali bagi yang telah mengalami masalah nyeri punggung. 
Untuk mengatasi masalah nyeri punggung yang anda derita secara mudah, segeralah untuk memulai mengubah postur tubuh anda. 
Postur tubuh yang baik harus memperlihatkan bentuk yang segaris antara telinga, bahu, pinggul, lutut dan pergelangan kaki. 

Salah satu cara yang paling mudah untuk melatihnya adalah dengan melakukan posisi berdiri dalam keadaan rileks, lalu secara perlahan tariklah otot-otot perut agar berkontraksi. 
Selain itu biasakan agar posisi duduk selalu dalam keadaan tegak dan lurus dari telinga sampai pinggul. 
Lihat juga : 

You may like these posts