-->

5 Posisi Yang Paling Aman Untuk Memberi ASI Pada Bayi

Apakah ibu sedang atau pernah mengalami masalah saat memberi ASI pada bayi
Jika “iya” mungkin ada baiknya mengetahui terlebih dulu bagaimana cara yang paling tepat untuk memberi ASI pada bayi, bisa dilihat di bawah ini : 

Nah jika ibu sudah membaca artikel di atas, maka kini ibu tinggal memutuskan  mana yang akan ibu pilih. Sebab meski proses memberi ASI pada bayi terlihat begitu natural dan sederhana, namun memang secara umum ada beberapa posisi yang dianggap paling aman untuk memberi ASI pada bayi. 
Apa saja dan bagaimana posisi yang dianggap paling aman untuk memberi ASI pada bayi itu ?
Ini dia 5 Posisi Yang Paling Aman Untuk Memberi ASI pada Bayi 


1. Posisi The Cradle 
Posisi menyusui The Cradle dilakukan dengan mendekap dimana posisi bayi, yaitu dengan menggendong bayi di depan. Posisi The Cradle ini sangat baik diterapkan pada bayi yang baru lahir. 
Namun sebaiknya pastikan agar punggung anda memang mendukung untuk melakukan posisi The Cradle ini. Selain itu jaga juga agar posisi bayi dapat bersentuhan langsung, sehingga menghadap ke arah anda dengan meletakkan kepala pada siku anda. 

 2. Posisi  The Cross Cradle Hold 
Posisi menyusui The Cross Cradle Hold adalah posisi dimana ibu mendekap silang sang bayi. 
Posisi ini sangat disarankan dilakukan pada bayi yang lahir prematur atau pada ibu yang puting payudaranya kecil. 

3. Posisi  The Football Hold 
Posisi the football hold adalah posisi memberi ASI pada dimana posisi ibu “mencengkeram” bayi, dimana posisi bayi dipegang disamping dengan terselip di bawah lengan , seperti posisi ketika sedang memegang bola kaki. ( Karena itulah dinamakan posisi The Football Hold ). 
Apa manfaat posisi The Football Hold ini ? 
Posisi ini merupakan posisi yang terbaik untuk dilakukan ketika ibu melahirkan dengan menjalani operasi bedah Caesar. 

4. Posisi  saddle hold 
Posisi menyusui saddle hold merupakan posisi memberi ASI pada yang paling menyenangkan, dengan posisi ini ibu dapat duduk memberi ASI pada dengan nyaman. Ibu dapat melakukan posisi ini dengan cara duduk tegak dengan kaki sedikit mengangkang. 

5. Posisi  The Lying Position 
Yaitu posisi menyusui dengan cara berbaring, sehingga bisa memberikan banyak kesempatan pada ibu untuk bersantai. Namun pastikan harus di dukung punggung dengan menggunakan ganjalan bantal ketika melakukan posisi memberi ASI pada ini. 

Selain ke 5 posisi yang paling aman untuk memberi ASI pada di atas, sebaiknya ibu membelajari bayi dengan cara menyentuhkan bibir atas bayi dengan puting susu. 
Cara ini bertujuan untuk memposisikan bibir bawah bayi dengan pangkal puting, sehingga memudahkan bayi menghisap aerola. 
Dengan demikian akan merangsang refleks hisap dimana rahang bawah menutup jaringan payudara ditangkap dengan baik dalam rongga rongga mulut sedangkan lidah akan memberikan penekanan yang berulang dan ASI akan keluar dengan duktus. 
Selamat mencoba.

You may like these posts