-->

The Tonic Garden, Terapi Unik Untuk Pasien Insomnia Parah, Dengan Suara Dengkuran


Bagi hampir kebanyakan orang, suara dengkuran ( orang tidur yang mendengkur ) terdengar sangat mengganggu, bahkan menjengkelkan. Sehingga ketika harus tidur bersama-sama dengan orang yang mendengkur selama tidur, mereka terpaksa harus mengalah pindah tempat tidur. 
Sebab jika tetap “nekat” tidur di dekatnya, mereka pasti tidak bisa tidur akhirnya. 

Namun apa yang terjadi di sebuah rumah sakit di Skotlandia ini malah kebalikannya dan di luar “nalar” semua orang. Sebab untuk membentu para pasien yang menderita gangguan tidur ( insomnia ) pengelola rumah sakit ini memberikan sebuah terapi yang sangat unik, yaitu dengan memperdengarkan suara-suara dengkuran. 

Di sebuah rumah sakit Forth Valley Royal, Stirlingshire, Skotlandia, melalui sebuah stasiun radio miliknya, mereka sengaja membuat sebuah program yang khusus menyiarkan suara-suara tertentu yang digunakan untuk terapi bagi pasien yang mengalami insomnia. Program siaran yang unik yang disebut dengan The Tonic Garden ini meliputi beberapa suara yang dapat menciptakan suasana tenang, seperti suara hujan, suara ombak, atau suara nyanyian burung. 
Tetapi bahkan juga suara-suara dengkuran orang yang sedang tidur. 

Program terapi unik ini dibuat oleh seorang seniman digital rumah sakit tersebut yang bernama Mark Vernon. Para pasien di Forth Valley Royal dapat mendengarkan suara-suara yang disiarkan oleh Channel 604 itu dari radio yang ditempatkan di samping ranjang mereka. 
Oleh rumah sakit itu, suara-suara tersebut diklaim mampu membantu para pasien yang mengalami gangguan tidur untuk bisa terlelap, bahkan pada pasien dengan gangguan insomnia yang terberat sekalipun. 

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, sang pencetus ide unik ini, Vernon, menyebutkan bahwa siaran The Tonic Garden ini sebagai "survei suara sonik yang menenangkan, yang dirancang untuk menidurkan pasien yang paling sulit tidur sekalipun." 
Saya telah mencoba hasilnya kepada sekelompok kecil pendengar dengan menyiarkan suara dari sebuah acara di Glasgow. Reaksi mereka menunjukkan bahwa ini adalah sebuah pengalaman yang menenangkan, beberapa orang bahkan benar-benar terhanyut," kata Vernon lebih lanjut. 

Menurut Vernon, gagasan unik tersebut dicetuskan setelah ia mewawancarai sejumlah staf di rumah sakit Forth Valley Royal, relawan Radio Royal, orang-orang dari Asosiasi Kesehatan Mental setempat, serta kalangan masyarakat luas. 
Dalam wawancaranya, Vernon berusaha mencari tahu suara-suara apakah yang dianggap bisa menenangkan oleh kebanyakan orang. 
Namun uniknya, suara orang tidur yang mendengkur justru masuk dalam kategori tersebut, padahal bagi sebagian orang suara dengkuran terdengar sangat menjengkelkan. 

"Suara favorit bisa menjadi sangat subjektif. Seorang perempuan pernah mengatakan bahwa suara favoritnya adalah suara dengkuran suaminya dan suara jam berdetik keras, jadi saya juga memasukkan kedua suara itu. Oleh karena itu saya mencoba membuat variasi suara sebanyak mungkin," ujar Vernon. 

Mark Vernon dikabarkan telah mengembangkan suatu seri yang disebutnya sebagai Bedside Radio, atau secara harfiah radio di tepi tempat tidur, selama setahun terakhir. 
Selain suara di atas, program The Tonic Garden juga menyiarkan suara-suara yang biasa terjadi di lingkungan sekitar rumah sakit seperti suara robot pengantar surat, pasien yang sedang berlatih fisioterapi, dan suara-suara dari bangsal neonatal, departemen ginjal, dan laboratorium. 
Setiap program akan diputar secara berulang untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan yang berbeda sehingga setiap pasien bisa mendengar suara yang diinginkannya. 
Lihat juga :