-->

Inilah 7 Tanda Depresi Yang Terlihat Seperti Keluhan Biasa


Bagi masyarakat umum, kata “depresi” masih terdengar sangat “mengerikan”. Sebab ketika mendengar kata “depresi” biasanya diasumsikan sebagai hampir mendekati gila. 
Namun yang sebenarnya tidak sepenuhnya seperti itu. 
Sebab beberapa tanda depresi terkadang terlihat sebagai “keluhan atau penyakit biasa”. Karena itulah seringkali malah diabaikan. Akibatnya, bukannya membaik, depresi yang (akan) dialami malah menjadi-jadi. 

Karena itulah, agar depresi yang mungkin akan terjadi tidak berlanjut pada tahap yang lebih para, ada beberapa tanda depresi atau sikap yang menunjukkan depresi yang terlihat seperti keluhan biasa yang sebaiknya dikenali : 

1. Mulai mengabaikan penampilan dan kesehatan 
Setiap orang pada dasarnya ingin tampil dan terlihat menawan, sehingga siapapun ia ( ketika sehat ) memiliki kecenderungan merawat diri. 
Ketika dalam keadaan tertekan, seseorang berkecenderungan untuk mengabaikan masalah perawatan diri. Mengabaikan penampilan dan kesehatan secara keseluruhan adalah salah satu tanda depresi yang sering kali tidak disadari.

2. Mulai suka melamun 
Studi dari Harvard University menyatakan bahwa manusia paling bahagia ketika sedang fokus pada apa yang terjadi saat ini, bukannya pada masa yang lalu, ataupun masa yang akan datang. 
Ketika mulai suka melamun ( masa lalu atau masa datang ), hati-hati , bisa jadi anda mulai mengidap depresi. 

3. Sering Kebingungan 
Depresi, secara negatif bisa memengaruhi proses kognitif. Sehingga bisa membuat seseorang tidak fokus dan kesulitan dalam memutuskan sebuah tindakan. Akhirnya orang mudah menjadi bingung. 

4. Menjadi mudah marah 
Ketika seseorang menjadi begitu mudah marah, sedikit sedikit marah, sedikit sedikit marah ( marah kok sedikit ) itu bisa merupakan pertanda awal dari sebuah depresi. 
Sikap yang mudah marah menandakan suasana hati yang negatif. 
Jadi hati-hati ketika mengalami hal seperti ini. 

5. Mengalami rasa nyeri yang kronis 
Keluhan rasa nyeri pada bagian sendi, tungkai, dan punggung sering kali diabaikan. Dianggapnya sebagai penyakit nyeri biasa. 
Padahal ada sebuah studi yang menyatakan bahwa para penderita depresi bahkan empat kali lebih mungkin terkena sakit punggung kronis. Hal ini dikarenakan pikiran yang negatif. 
Lihat juga :
> Ingin bayi sehat ? Jangan konsumsi obat depresi saat hamil

6. Mulai kecanduan internet atau media sosial 
Hati-hati ketika tiba-tiba merasa kecanduan dengan internet atau media social. Sebab bisa jadi ini merupakan indikasi stress. 
Pasalnya, orang depresi lebih mungkin menggunakan media internet sebagai cara untuk melarikan diri. 

7. Mulai mengkonsumsi atau meningkatnya konsumsi alkohol 
Ketika seseorang tiba-tiba mengkonsumsi alcohol atau konsumsi alkoholnya meningkat secara drastis, merupakan indikasi yang jelas dari tanda depresi. Sebab mereka butuh sebuah pelarian. 
Studi juga menunjukkan, hampir sepertiga dari penderita depresi cenderung memiliki masalah dengan konsumsi alkohol. 
Padahal, asupan alkohol yang tinggi malah bisa memperburuk emosi negatif, seperti agresivitas, kecemasan, dan kesedihan. 
Lihat juga :