-->

Ahli Temukan Alat Unik Yang Bisa Mendeteksi Kanker Hanya Dari Bau Air Kencing


Anda pasti pernah melihat dan mendengar iklan salah satu produk bahan makanan instan, yang slogannya berbunyi “ dari aromanya terbayang kelezatannya….” 
Slogan yang mirip-mirip seperti itu sebentar lagi akan bisa diterapkan untuk mendeteksi sebuah penyakit, hingga bunyinya : “..dari baunya bisa terbayang penyakitnya…” 
Mengapa ? 

Karena dikabarkan para ilmuwan dari Inggris telah menemukan sebuah alat yang sangat unik, dimana alat ini dapat mendeteksi adanya penyakit kanker  kandung kemih hanya “mencium” bau dari air kencing pasien. 

Dikatakan sebagai alat yang unik, sebab sebelum temuan ini belum ada peralatan medis yang dapat mendeteksi adanya penyakit kanker dengan mencium air kencing


alat deteksi kanker lewat bau air kencingUntuk mendeteksi adanya penyakit kanker ( secara medis ) biasanya dilakukan melalui serangkaian tes laboratorium. 
Para ahli sebenarnya sudah cukup lama tertarik untuk mempelajari bau air kencing. 
Bahkan sebelumnya, para ahli telah berupaya memanfaatkan anjing untuk tujuan ini. 
Sebagaimana diketahui bahwa anjing merupakan binatang yang sangat peka indra penciumnya sehingga sering dimanfaatkan untuk pengendusan dan pencarian jejak. 
Dalam hal ini seekor anjing yang dilatih oleh ahli ternyata juga dapat mencium bau sel kanker. 

Sebagaimana yang dikatakan penemunya dalam jurnal PLoS One, dalam uji coba awal alat deteksi kanker lewat bau air kencing ini menunjukkan hasil yang cukup akurat. 
Secara garis besar, alat unik ini bekerja dengan menggunakan sebuah sensor untuk mendeteksi adanya bahan kimia ber-gas yang ada bila terdapat sel kanker. 

Para pakar menguji alat tersebut dengan menggunakan sample air seni sebanyak 98 buah. 24 sampel di antaranya diambil dari para pria yang terserang penyakit kanker kandung kemih. 
Sedangkan 74 sampel sisanya diambil dari pria yang mengalami gangguan kandung kencing tetapi bukan merupakan penyakit kanker. 

Atas temuan alat unik ini, Profesor Chris Probert dari Universitas Liverpool dan Profesor Norman Ratcliffe dari Universittas West of England bahwa mengatakan alat baru ini dapat melacak bau kanker
"Alat ini dapat membaca gas dari urine bila sample dipanaskan," kata Profesor Ratcliffle. 
Profesor Probert juga mengatakan bahwa hasil itu sangat memberi harapan, namun ia juga menambahkan, "Kami perlu meneliti sampel dari pasien lain untuk menguji alat lebih lanjut sebelum dapat digunakan di rumah sakit-rumah sakit." 

Komentar dari Profesor Probert ini juga sejalan dengan pernyataan para pakar kesehatan lainnya yang mengatakan perlu adanya satu studi lebih lanjut yang diperlukan untuk menyempurnakan uji coba sebelum alat ini dijual. 

Menurut catatan medis yang ada para penderita penyakit kanker kandungkemih memang cukup besar setiap tahunnya. Karena itulah para dokter berupaya mencari cara mendeteksi kanker kandung kemih ini sedini, sehingga memiliki kemungkinan besar untuk disembuhkan. 
Dan bisa jadi alat pendeteksi kanker dengan mencium bau air kencing ini adalah jawabannya, nantinya. 

Lihat juga :