-->

Anak Masa Kini Tidak Bisa Berlari Lebih Cepat. Apa Penyebabnya ?


Ada sebuah studi studi kebugaran global yang dirasa sangat mengejutkan. 
Hasil studi tersebut menyebutkan bahwa anak-anak di masa kini ternyata tidak bisa berlari lebih cepat. Lalu apa penyebabnya ? 

Sejumlah peneliti telah melakukan analisa data yang dikumpulkan selama 46 tahun, dengan melibatkan lebih dari 25 juta anak dari 28 negara. 
Hasil penelitian yang dipresentasikan dalam sebuah pertemuan tahunan Asosiasi Jantung Amerika secara garis besar menunjukkan bahwa tingkat kebugaran anak-anak masa kini menurun. 
Hasil studi menyatakan bahwa anak-anak masa kini rata-rata hanya berlari sejauh 1,6 km dan dengan waktu 90 detik lebih lambat bila dibandingkan dengan para orang tua mereka 30 tahun yang lalu. 
Didapati banyak anak yang tidak bisa berlari secepat orang tua mereka ketika mereka masih muda. 

Hampir di keseluruhan negara, ketahanan kardiovaskular – yang diukur dengan seberapa jauh anak dapat berjalan dalam waktu yang ditetapkan - telah menyusut secara konsisten sekitar 5% setiap dekadenya. Penurunan ini terlihat baik pada anak laki-laki maupun wanita di semua usia, dari sembilan sampai 17 tahun. 

anak masa kini tidak bisa berlari cepatDisamping masalah kebugaran, salah satunya karena terkait dengan masalah kegemukan badan atau obesitas. Peneliti utama Dr Hibah Tomkinson dari University of South Australia's School of Health Sciences mengatakan: 

"Bahkan, sekitar 30% sampai 60% penurunan kemampuan berjalan disebabkan karena peningkatan massa lemak." 
Karena itu Dr Tomkinson mengatakan agar anak-anak perlu terinspirasi dan didorong untuk melakukan latihan lebih rutin. Sebab apabila tidak, konsekuensinya terhadap kesehatan masyarakat bisa mengerikan. 

Sedangkan Christopher Allen dari British Heart Foundation, mengatakan: 
"Tidak aktif secara fisik di masa kecil dapat memiliki implikasi kesehatan yang serius di kemudian hari. "Bergerak aktif dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan semakin awal, semakin baik. 
"Dengan mendorong anak-anak untuk hidup aktif, kita dapat membantu melindungi jantung mereka saat mereka tumbuh dewasa. 
Orang tua sekolah dan kelompok masyarakat dapat membantu anak-anak melakukan 60 menit latihan setiap hari," 

Masalah menurunnya kebugaran anak masa kini serta masalah kegemukan tidak hanya banyak dijumpai di negara-negara Barat, tetapi saat ini juga di beberapa beberapa bagian Asia seperti Korea Selatan, Cina daratan dan Hong Kong. 
Lihat juga :