-->

Cara Cuci Lidah Dengan Benar, Puasa Jadi Lebih Nyaman

Akhir bulan Juni 2014 ini akan memasuki awal bulan Ramadhan 1435 H. Itu artinya bagi umat muslim sudah mulai melakukan puasa bulan Ramadhan, meski diperkirakan akan terjadi perbedaan, kapan puasa pertama akan dimulai. Terlepas kapan awal puasa Ramadhan 1435 H dimulai, agar dalam menjalankan ibadah puasa dapat dilakukan secara lebih “enak” ada beberapa hal yang patut diketahui.
Salah satunya adalah tentang masalah mulut dan lidah.

Bagi yang sudah pernah menjalani puasa pasti sudah mengetahui, salah satu “masalah” yang paling sering dirasakan adalah mulut yang terasa kering dan “hampa”.

Ini bisa dimaklumi, sebab dengan adanya perubahan pola makan yang jauh berbeda dari biasanya, maka akan terjadi perubahan metabolisme tubuh bagi orang yang berpuasa. Terutama, bagi mulut yang sepanjang hari tidak “kemasukan” apa-apa.

Adanya perubahan metabolisme tubuh, perubahan sistem pencernaan dan produksi air ludah dalam mulut, pada akhirnya menyebabkan mulut terasa kering dan hampa.

Untuk mengatasi masalah mulut kering dan hampa selama berpuasa, cara yang paling umum yang sering dilakukan adalah dengan menggosok gigi setelah sahur.

Lihat juga :

Meski menggosok gigi merupakan langkah yang perlu dan sangat membantu untuk menjaga rasa dalam mulut, seringkali tindakan ini belum cukup untuk bisa mendapatkan rasa menyenangkan dalam mulut.
Sebab pada kenyataannya, beberapa benda dan kotoran yang bisa menyebabkan mulut terasa kurang enak, tidak hanya menempel pada gigi saja, tetapi juga terdapat pada permukaan lidah.

Untuk itu tindakan membersihkan lidah akan sangat membantu untuk bisa mendapatkan rasa menyenangkan dalam mulut, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih nyaman.
Meski sebenarnya tindakan membersihkan lidah ini tidak hanya perlu dilakukan selama menjalani ibadah puasa saja. Sangat dianjurkan menjadi kegiatan rutin disamping menggosok gigi.
Dan akan sangat bermanfaat jika bisa ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Meski pada anak dan balita sulit melakukannya sendiri, sehingga perlu dibantu.

Agar puasa lebih nyaman, anda bisa melakukan beberapa cara mencuci lidah dengan benar, sebagai berikut :

● Yang paling mudahuntuk membersihkan lidah adalah Lidah bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi, berbarengan pada saat menyikat gigi.

● Yang lebih efektif untuk membersihkan lidah adalah dengan menggunakan pembersih khusus untuk lidah yang bisa dibeli di pasaran.


Pembersih lidah khusus ini biasanya berbentuk melengkung mengikuti tekstur lidah.

● Apabila lidah mempunyai bentuk yang tidak normal, misal lidah bercelah, untuk membersihkannya akan lebih efektif jika menggunakan sikat gigi yang lembut atau sikat gigi khusus.

Dengan menggunakan sikat gigi khusus, maka kotoran atau sisa makanan yang masuk ke dalam celah lidah bisa dihilangkan.

● Cara lainnya untuk membersihkan lidah adalah dengan menggunakan kain kassa yang bersih.

Caranya adalah :
- Lilitkan selembar ke jari telunjuk
- Basahi kain kassa tersebut dengan air hangat yang matang
- Lalu gosokkan secara lembut pada permukaan lidah.

Permukaan kain kassa yang berongga dan agak kasar dapat mengangkat sel mati dan membersihkan lidah dari kotoran dan sisa makanan.
Cara terakhir ini juga sangat cocok digunakan untuk bayi dan balita. Sebab anak-anak biasanya masih kurang suka jika harus menggunakan sikat gigi.

Dari beberapa cara membersihkan lidah di atas, anda bisa pilih sesuai dengan selera dan keinginan anda. Yang pasti jika anda membersihkan lidah dengan benar – disamping menyikat gigi tentunya – akan sangat membantu dalam menjalani ibadah puasa anda.


Lihat juga :