-->

Beberapa Kebiasan Sepele Yang Ternyata Dapat Mengakibatkan Keracunan

Ada beberapa kebiasaan yang sering dianggap sepele bahkan sering tidak disadari tetapi ternyata dapat mengakibatkan keracunan.

Apa saja hal sepele tersebut ? Simak tuntas artikel ini.
Masalah keracunan makanan meski terkadang karena faktor “nekat” ( lihat : Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Keracunan Makanan ? ), namun seringnya terjadi akibat faktor “kecelakaan “ ( accidental ).
Yaitu karena masalah ketidaktahuan.
Tidak tahu jika makanan tersebut mengandung racun. Atau tidak tahu jika tindakan-tindakan yang dilakukan bisa menyebabkan keracunan.

Untuk yang pertama sudah jelas, karena jika tahu makanan mengandung racun, pasti tidak dimakan, kecuali orang yang memang mau bunuh diri.
Untuk yang kedua, ini masih samar. Sebab pada kenyataannya ternyata memang banyak sekali tindakan – lebih tepatnya kebiasaan – yang sering dilakukan sehari-hari yang tidak disadari dan sering dianggap sepele, yang dapat mengakibatkan seseorang menjadi keracunan makanan.
Lalu apa kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari yang dapat mengakibatkan terjadinya keracunan itu ?

Nah, agar “selamat” dari kebiasaan sendiri yang dapat berakibat pada keracunan makanan sebaiknya simak Kebiasan Sepele Dan Tidak Disadari Yang Dapat Mengakibatkan Keracunan di bawah ini :

● Mencuci tangan dengan sabun

Coba tanyakan pada diri sendiri. Berapa kalikah kebiasaan mencuci tangan dengan sabun setiap harinya ?
2 kali ? 3 kali ? atau bahkan tidak pernah ?
Agar mengurangi resiko keracunan makanan,
mencuci tangan dengan sabun sebaiknya tidak hanya dilakukan ketika sebelum dan sesudah makan saja.
Tetapi juga sebelum dan sesudah mengolah bahan makanan. Sebab kita tidak tahu kuman dan bakteri apa yang menempel pada tangan kita. Terserah, anda bisa gunakan sabun biasa, sabun cair ataupun hand rub.

● Menyentuh hewan sebelum makan dan atau mengolah bahan makanan

Hewan piaraan umumnya lebih berpotensi “menyimpan” bermacam kuman dan bakteri. Yang tentu saja akan kurang bagus untuk sistem pencernaan nantinya.
Untuk itu sebaiknya selalu mencuci tangan ( dengan sabun ) setiap sehabis menyentuh hewan piaraan.

● Mencuci pisau dan atau talenan setelah memotong daging.

Jangan gunakan pisau yang bekas digunakan untuk memotong dan mengolah daging atau mengolah sayuran pada bagian akar untuk memotong bahan pangan lainnya sebelum dicuci dengan sabun. Begitu pula pada talenan. Ini untuk menghindari terjadinya kontaminasi silang.

● Jangan meletakkan bahan pangan mentah bersebelahan dengan makanan yang telah matang.

Ini sering dijumpai ketika di dapur. Dan lebih sering lagi ketika menyimpan di lemari es. Meski ini terlihat sangat praktis, tindakan ini bersiko untuk terjadinya kontaminasi silang juga.

● Mencuci sabut atau spon pencuci

Ini mungkin terdengar aneh. Kok alat pencuci harus dicuci.
Tapi tahukah anda, jika dari hasil penelitian, justru sabut atau spon untuk mencuci ternyata merupakan media yang sangat cocok dan disukai oleh para bakteri untuk berkembang biak ?
Untuk itu cuci bersih sabut atau spon pencuci piring dengan sabun bila dipakai untuk mencuci talenan, dan baskom bekas wadah daging mentah.
Dan hati-hati agar air sisa cuciannya jangan sampai masuk mencemari kotak sabun untuk mencuci perangkat makan. Sebaiknya cuci sabut dan spon pencuci dengan sabun setiap habis digunakan, dan sebisa mungkin langsung dikeringkan sekering-keringnya.

● Gunakan sendok yang berbeda untuk setiap sayur atau lauk.

Mungkin anda berfikir, kok repot amat harus memisahkan sendok sayuran dan lauk ?
Tapi apakah anda tahu sendok atau bahan makanan manakah yang berpotensi membahayakan kesehatan anda. Mengambil tindakan dan repot sedikit tidak ada ruginya jika dibandingkan dengan resiko yang bisa diterima. Kontaminasi silang bisa terjadi dimana-mana.

● Setidaknya lemari es seminggu sekali

Berapa kalikah anda membersihkan lemari es setiap bulannya ?
Umumnya ibu-ibu rumah tangga sangat malas jika tiba giliran membesihkan lemari es. Repot dan menghabiskan waktu, katanya.
Padahal lemari es yang tidak besih ( baca : higienis ) bisa menjadi sarang penyakit untuk keluarga anda. Sebab lemari es umumnya digunakan untuk menyimpan bahan pangan dan makanan. Setidaknya bersihkanlah lemari es anda sekali setiap minggunya, agar keluarga anda lebih aman dari bahaya keracunan makanan.

Nah itulah beberapa Kebiasan Sepele Dan Tidak Disadari Yang Dapat Mengakibatkan Keracunan.

Dan repotnya, hal-hal sepele itu masih sering kita lakukan – sampai saat ini. Dan jika mau lebih sehat, mari rubah kebiasaan itu, mulai hari ini.