-->

5 Makanan Khas Rusia Berbentuk Jajanan dan Kue Yang Sebaiknya Dicoba Saat Berwisata


Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Lain Negara lain pula makanan khasnya. 
Demikian halnya dengan Rusia. 
Sebagaimana dengan Negara lainnya, Negara yang dulunya bernama Uni Sovyet ini juga memiliki sederetan makanan yang khas. 

Selama ini orang mungkin lebih popular dengan Vodka ataupun Kaviar sebagai ( minuman dan ) makanan khas Rusia. 
Namun karena yang pertama merupakan minuman yang beralkohol, jadi tidak semua orang bisa dan boleh mencicipinya. 
Sedangkan yang kedua, kaviar, meski telah mendunia, tentu saja hanya orang-orang yang berduit saja yang bisa menikmatinya. Sebab makanan khas Rusia ini memang selangit harganya. 

Padahal Negara Rusia sebenarnya memiliki beberapa makanan khas lainnya yang bisa dinikmati setiap orang, sebab harganya memang cukup terjangkau oleh kantong setiap orang. 
Dan sebagian dari makanan khas Rusia tersebut juga cukup praktis untuk dibawa sebagai oleh-oleh atau buah tangan. Apa saja makanan khas Rusia tersebut ? 
Ini dia 5 Makanan Khas Rusia Berbentuk Jajanan dan Kue Yang Sebaiknya Dicoba Saat Berwisata

1. Chak-chak 
makanan khas rusia - chak chak
Chak-chak merupakan makanan pencuci mulut berbentuk Stik yang merupakan kegemaran masyarakat Rusia bagian Timur, seperti masyarakat Tatarstan, Bashkirstan, Kirgistan, Uzbekistan, dan Kazakhstan . Chak-chak terbuat dari tepung, telur, dan madu, yang kemudian dibentuk menjadi stik. 
Stik yang telah digoreng lalu dilapisi dengan sirup madu, sehingga akan terasa manisnya saat disantap. Konon, chak-chak ini telah disantap sejak seribu tahun yang lalu. 

2. Madu Altai yang rasanya khas 
Madu Altai merupakan madu yang dihasilkan dari daerah Pegunungan Altai. 
Madu Altai ini sangat terkenal karena rasanya yang begitu khas dengan tingkat kekentalan yang konsisten dan warnanya yang kuning tua. 

3. Kue Öçpoçmaq 

makanan khas rusia - opocmaq
Namanya memang sangat sulit dieja tetapi barangnya sangat mudah disantap karena lezatnya. Öçpoçmaq (dibaca “uchpochmak”) yang merupakan bahasa Tatar dan Bashkir. Artinya‘segitiga’. 
Makanan khas yang memang berbentuk segitiga ini merupakan pastry paling lezat yang dari Bashkortostan dan Tatarstan. 
Meski ukurannya cukup kecil, kue ini berisi kentang, daging kambing, dan bawang bombay. Untuk menambah kelezatannya, kue ini biasanya disantap bersama sup dan teh. 

4.Kue Jahe Tula yang sangat lembut 

makanan khas rusia - kue jahe tula
Di Indonesia, jahe mungkin lebih terkenal sebagai minuman. Namun di Rusia, kue jahe pryaniki Tula sangat terkenal karena rasanya yang manis. 
Tula sendiri merupakan wilayah yang terletak sekitar 183 kilometer dari Moskow. Sejak abad 18 masyarakat Tula telah membuat kue jahe pryaniki berbentuk mungil, bulat, dan cenderung ‘kering’, yang memiliki isian lembut dan di beberapa tempat dihiasi gambar dari gula. 
Bahkan saking populernya keu ini, dibangun sebuah Museum Pryaniki Tula, yang terletak tak jauh dari Museum Tolstoy. 

5. Manisan Apel Bertekstur Marshmallow, Pastila dari Kolomna 

makanan khas rusia - pastila
Satu lagi penganan khas dari Rusia adalah Pastila. Yaitu camilan yang snagat lezat yang terbuat dari apel asam, madu, dan sirup manis. 
Jajajan ini bahkan telah menjadi bagian dari tradisi kuliner Rusia sejak abad abad pertengahan dan menjadi sajian unik dan khas dari Negeri Beruang Merah. 
Untuk membuat Pastila, apel yang baru dipanen dikukus hingga lunak, lalu dijemur di bawah sinar matahari. Apel kering tersebut kemudian dipotong untuk dijadikan semacam manisan buah kering yang dapat dinikmati sambil menunggu musim panen selanjutnya. 
Pastila yang paling terkenal adalah Pastila yang berasal dari Kolomna ( terletak sekitar 96 kilometer dari Moskow) karena sangat lembut. 
Sama juga dengan Pryaniki Tula, kepopuleran Pastila juga diabadikan dalam Museum Pastila Kolomna. 

Yang ini tak kalah menariknya : 

You may like these posts