-->

Sesuai Fengshui, Inilah 4 Makanan Berwarna Khas Indonesia Yang Diprediksi Menjadi Trend Dan Populer Di Tahun 2015


Sesuai dengan kalender penanggalan Cina, tahun 2015 ini memasuki tahun kambing. Tahun kambing kayu tepatnya. Dan menurut kepercayaan budaya masyarakat Cina, konon, di setiap tahunnya akan membawa peruntungan tersendiri. Dalam hal ini termasuk masalah warna. 
Ada beberapa warna – menurut ilmu Fengshui – yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Dalam hal ini termasuk juga warna makanan

Terlepas dari adat dan kepercayaan Cina – serta ilmu Fengshui – ada beberapa “makanan berwarna” khas dan tradisional Indonesia  yang diperkirakan akan menjadi trend dan popular di tahun 2015 ini. 
Apa saja makanan tradisional – khas Indonesia yang berwarna yang diperkirakan akan menjadi trend dan popular di tahun 2015 ini ?
Ini dia : 

1. Nasi ungu dari Sukabumi 
Sebenarnya nasi ini adalah nasi uduk. Namun makanan dari Sukabumi ini memiliki ciri khas, yaitu berwarna ungu. Sehingga sering disebut dengan nasi uduk ungu, atau singkatnya nasi ungu

nasi ungu khas sukabumi

Sesuai Fengshui Cina – warna ungu menggambarkan kesan kemewahan, kebangsawanan namun juga bersifat spiritual dan misterius. 
Warna ungu juga memberikan kesan sensual, feminim, anggun, dan antik, memancarkan kekuatan, bisa manambah kekuatan intuisi, fantasi dan imajinasi, kreatif, sensitif, memberi inspirasi dan obsesif. 

2. Cenil warna pink jajanan khas Jawa Tengah 
Semua orang sudah tahu jika Cenil merupakan jajan pasar Jawa Tengah. Teksturnya kenyal, rasanya manis, menjadikannya jajan pasar tradisional yang masih disukai. 
Cenil umumnya berwarna merah muda atau pink

jajanan cenil khas jawa tengah

Warna Pink sering diasosiasikan dengan warna wanita dan sebagai warna yang feminin. Warna Pink memang melambangkan kelembutan, cinta dan ketenangan. Juga melambangkan perasaan yang halus, persahabatan, keindahan, kesempurnaan dan kemurnian. 
 Selain itu pink memberi kesan bersemangat dan melemahkan energi melemah. 
Namun warna pink juga menggambarkan rasa kepedulian, kelembutan, harga diri, dan cinta kebersamaan. Karena itu pula warna merah pink digunakan juga lambang warna pergerakan anti kanker payudara. 

3. Sambal hijau khas Padang 
Tidak ada masakan Padang jika tidak ada Sambal cabe hijau yang ini. Sambal hijau memang sudah menjadi ciri khas ( masakan ) Padang. Dengan rasa yang sangat khas. Ada rasa asam dari tomat dan pedas cabenya. Penampilannya memang terlihat kasar, namun rasanya mampu menggoyang lidah.

sambal hijau masakan padang

Sesuai tahun 2015 ini, Warna Hijau melambangkan alam, kehidupan, dan simbol kesuburan. Juga diartikan sebagai keinginan, ketabahan dalam menghadapi masalah, kepribadian keras, berkuasa. 
Warna hijau memiliki sifat lainnya : menyegarkan, membangkitkan energi, memberi efek menenangkan, menyejukkan, menyeimbangkan emosi, meningkatkan rasa bangga, rasa bahagia, dan perasaan percaya diri. Nuansa warna hijau juga dapat meredam stres, memberi rasa aman dan perlindungan. 

4. Durian merah khas Banyuwangi 
Bagi para penggemar durian pasti tambah tergila-gila dengan yang ini. Durian Merah atau Durio Graveolens khas kabupaten Banyuwangi. Tepatnya bisa bisa dijumpai di Desa Kamiren Kecamatan Glagah dan di Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. 

durian merah khas banyuwangi

Tidak hanya wangi durian merah khas Banyuwangi ini juga memiliki ukuran biji yang lebih kecil dengan daging buah yang begitu tebal. Dan warna merahnya…begitu eksotik. 
Dan bagi yang takut “mabuk durian” jangan takut, durian merah khas Banyuwangi ini memiliki kadar alcohol yang lebih rendah dari buah durian kebanyakan. 
Warna merah diartikan mampu membangkitkan energi, semangat, antusias dan optimisme. Juga memberi kesan sensual dan mewah. Dari sisi kesehatan, warna merah dapat meningkatkan kecepatan aliran darah tubuh, mempercepat detak jantung dan dapat membuat kita bernafas lebih cepat. 
Warna merah juga meningkatkan semangat, merangsang energi, dan juga memberikan rasa aman. Warna merah juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan dan menarik perhatian. 
 ( Itulah sebanya mengapa banyak rumah makan – termasuk Franchise internasional – yangmenggunakan warna merah pada bangunan dan ruangannya ). 
Namun warna merah juga dapat merangsang agresifitas dan kemarahan. 

Lihat juga : 

You may like these posts