-->

Keuntungan dan Kerugian Mengkonsumsi Teh Pelangsing

Kecenderungan umum setiap orang adalah menginginkan untuk memiliki berat badan yang ideal. Bahkan pada beberapa wanita menginginkan tubuh yang lebih ramping lagi, berat badan di bawah ideal.
Yang kalau sempat lihat iklannya, berkat tubuh yang begitu ramping, maka “lubang jarum” pun dengan mudah dan lincah dapat dilewatinya.
Gejala inilah yang kemudian memunculkan adanya berbagai macam produk untuk melangsingkan tubuh. Salah satunya adalah yang dikenal sebagai teh pelangsing ( slimming tea ).

Sebenarnya tidak ada yang salah ketika memutuskan untuk mengkonsumsi dan meminum teh.
Sebab teh memang mempunyai khasiat tertentu bagi tubuh. Utamanya, kandungan kafein dalam teh sebesar 3 sampai 5 % sudah lama diketahui dapat memberikan efek kesegaran tubuh bagi yang meminumnya.

Masalahnya adalah, ketika mengkonsumsi teh ( pelangsing ) hanya untuk “menuruti” gaya hidup.
Atau yang lebih parah lagi jika telah “termakan” iklan tentang kehebatan khasiatnya untuk melangsingkan tubuh.

Pada produk-produk teh pelangsing, pada kandungan dan komposisinya biasanya terdiri dari daun teh ( Theae Folium sekitar 80 %, dan beberapa ekstrak bahan tambahan sekitar 20 %, meliputi kayu rapat adas, daun jati belanda, dan temu giring. Ada juga beberapa produk yang menambahinya lagi dengan akar wangi dan akar alang-alang.

Adanya bahan-bahan tersebut dalam komposisi teh pelangsing , oleh produsennya diklaim, dan oleh pemakainya dipercaya bisa mengurangi berat badan , melarutkan lemak, dan mengencangkan perut. Benarkah demikian ?

● Apa keuntungan mengkonsumsi teh pelangsing ?

- Keuntungan pertama yang paling kentara terasa adalah badan menjadi segar, dan pikiran menjadilebih tenang.
Sebab semua jenis teh memang mempunyai khasiat untuk itu, berkaitan dengan kandungan kafeinnya yang dapat merangsang susunan syaraf.

- Selanjutnya, mengkonsumsi teh memang dapat memperbaiki fungsi dan memperlancar saluran cerna.

- Dalam teh terdapat juga kandungan bahan yang bernama Teofilin.
Bahan teofilin ini mempunyai efek bisa memperlancar air seni ( diuretik ).
Ketika diminum bahan ini akan merangsang produksi keringat dan air seni. Sehingga peminumnya akan cenderung lebih sering kencing.
Efek diuretik ini ditambah dengan beberapa tambahan lainnya seperti pada komposisi di atas, diduga kuat dapat menyebabkan tubuh menjadi langsing ( meski sebenarnya belum ada bukti secara klinis ).
Sebab ketika seseorang semakin sering buang air kecil maka sel dalam tubuh akan ikut mengecil karena cairan dalam sel berkurang.
Karena cairan sel berkurang maka berat badan juga akan berkurang. Dan dikatakan sebagai langsing.
Jadi “langsing” disini bukan karena kurus tetapi karena cairan tubuh yang berkurang dan sel-selnya mengecil.

● Apa kerugian mengkonsumsi teh pelangsing ?

- Nah ini dia, karena efek langsing yang terjadi disebabkan karena mengecilnya sel, maka proses ini cenderung sementara, tidak bertahan secara permanen.
Artinya, ketika tubuh sudah tidak mengkonsumsi teh pelangsing lagi, maka cairan dalam tubuh akan kembali seperti semula.
Imbasnya, ukuran sel juga balik seperti semula ( karena telah kembali terisi cairan secara normal ).
Sehingga berat badan juga naik lagi, kembali seperti semula. Tidak “langsing” lagi.

- Celakanya, ketika seseorang sudah tidak mengkonsumsi teh pelangsing lagi, maka syaraf-syaraf tubuh akan mengirimkan sinyal rasa lapar ke otak.Perutpun menjadi merasa lapar. Sehingga seseorang akan “dipaksa” untuk makan dan makan.
Akibatnya ?
Tahu sendiri, berat badan bertambah dan tubuh melar jadinya.

- Kalau begitu konsumsi terus teh pelangsing, dong !
Nah ini dia, Jika mengkonsumsi teh pelangsing secara terus menerus, memang efek diuretik juga akan terus terjadi.
Artinya proses pengeluaran cairan dari dalam tubuh juga akan terus terjadi.
Hanya saja masalahnya adalah ketika proses diuretik ini tidak terkontrol, akibatnya tubuh justru akan kekurangan cairan alias dehidrasi.
Imbasnya ? bagi yang tidak kuat maka ginjalnya bisa “kena”.
Nah, kan.

- Lalu kerugian selanjutnya, ketika memutuskan untuk mengkonsumsi teh pelangsing, mau tidak mau harus menyediakan dana ekstra. Sebab – sudah tahu semua – jika produk teh pelangsing ini harganya jauh lebih mahal bila dibanding dengan teh biasa.
Nah kan...

Itulah sebabnya para pakar kesehatan dan ahli gizi tetap menganjurkan cara-cara yang alami dengan memperhatikan prinsip dasar dan rahasia diet yang baik dan benar untuk mengontrol dan menurunkan berat badan, guna mencapai bobot tubuh yang ideal.

Silahkan Masih mau mencoba ?

You may like these posts