-->

Wajib Tahu ! Cara Melakukan Diet Yang Baik dan Benar

Bilamana anda akan dan sedang melakukan diet, alangkah baiknya jika mengetahui bagaimana cara melakukan diet yang baik dan benar itu.

Diet, biasanya menjadi pilihan ketika seseorang mengalami masalah kegemukan.

Meski ini bukan satu-satunya cara jika ingin menurunkan kelebihan berat badan.
Diet yang seperti ini bisa dikategorikan sebagai diet sukarela.
Sebab ada diet lainnya yang boleh dikatakan sebagai diet “paksaan”.
Yaitu program diet yang “diwajibkan” oleh dokter karena untuk tujuan tertentu. Misal, karena mengidap penyakit tertentu, diet pra dan atau pasca operasi dan sebagainya.
Diet paksaan umumnya lebih ketat bila dibanding dengan diet sukarela.

Sebab diet paksaan ini akan membawa akibat yang langsung dirasakan apabila ketentuan diet tersebut dilangggar. Juga diet ini akan lebih terarah karena di bawah pengawasan langsung dokter.

Diet ( sukarela ) sebenarnya bisa menjadi ketat dan terarah apabila di bawah pengarahan dan pengawasan langsung dari seorang ahli gizi atau ahli diet.
Namun cara ini biasanya dilakukan hanya oleh orang-orang yang mempunyai kemampuan ekonomi yang lebih. Sebab untuk membayar seorang ahli gizi untuk pengarahan diet membutuhkan biaya yang cukup mahal. Untuk itulah banyak orang yang lebih memilih untuk menjalani program diet sendiri.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal ini, karena pada dasarnya sama saja. Namun kenyataannya, masih banyak yang salah anggapan atau salah persepsi tentang diet, ketika menjalaninya sendiri.
Akibatnya, muncullah beberapa keluhan yang umum tentang program diet yang dijalani.
Keluhan yang sering terjadi, misalnya :
“ Saya telah menjalani program diet mati-matian, tetapi kok tidak ada hasilnya ? Berat badan tidak mau turun, dan badan tetap melar juga ?”
Atau : “ Saya menjalani diet, dan berat tubuh saya memang turun secara drastis. Apa itu tidak berbahaya ?” Atau juga : “ Saya sih mau saja menjalani diet. Tetapi kalau diet, saya pasti kelaparan”
Dan sebagainya.

Agar program diet yang anda jalani tidak menimbulkan kerisauan dan pertanyaan-pertanyaan seperti di atas, ada baiknya jika mengetahui beberpa prinsip dasar dan rahasia diet yang baik dan benar di bawah ini :

● Perlu dicatat dan diperhatikan bahwa pada kondisi normal, masalah kegemukan atau ke-kurus-an bisa terjadi karena adanya ketidak seimbangan jumlah kalori yang masuk dan yang dipergunakan oleh tubuh.

( Kecuali karena adanya faktor keturunan atau penyakit tertentu ).
Mohon untuk selalu diingat bahwa rumusan untuk memperoleh berat badan yang ideal pada dasarnya sangat sederhana, K E S E T I M B A N G A N, yaitu :
Jumlah Kalori Yang Masuk = Jumlah Kalori yang dikeluarkan tubuh.
Jika tidak ada kesetimbangan seperti di atas, akibatnya mudah ditebak. Terjadi masalah kegemukan atau ke-kurus-an. ( Sekali lagi, kecuali jika ada faktor genetik dan penyakit tertentu ).
Hal itulah sebenarnya yang menjadi prinsip dasar dari diet.

● Diet bukanlah tidak makan, puasa atau menahan lapar.

Pada dasarnya diet “hanyalah” program untuk pengaturan porsi dan pola makan untuk menuju ke kesetimbangan kalori seperti di atas.
Dan yang namanya proses menuju ke kesetimbangan tidak bisa terjadi secara serta merta, namun butuh waktu dan bertahap.
Sehingga apabila berat badan turun drastis ketika menjalani diet, tidak berarti diet itu berhasil. Justru diet yang seperti ini akan sangat berbahaya bagi kondisi dan kesehatan tubuh pelakunya.
Dan sebaliknya, bagi orang yang kegemukan, untuk menuju ke kesetimbangan kalori, maka kalori (porsi makanan ) yang masuk memang harus dikurangi.
Dengan demikian lemak yang sudah terlanjur menumpuk dalam tubuh bisa “dibakar” guna memenuhi kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh.
Sehingga berat badan bisa ideal kembali.
Itu artinya, ketika sedang menjalani diet, seseorang tidak berarti harus merasa “kelaparan”. Karena ketika sedang diet, TETAP HARUS MAKAN seperti biasanya. Hanya saja porsi dan pola makannya yang perlu di atur.

● Diet, pengaturan porsi dan pola makan BUKAN lah satu-satunya.

Umum beranggapan, jika telah melakukan diet, berat badan pasti akan turun sendiri.
Itulah sebabnya sampai timbul pertanyaan di atas :
“Saya telah menjalani program diet mati-matian, tetapi kok tidak ada hasilnya ? Berat badan tidak mau turun, dan badan tetap melar juga ?”
Ini perlu diluruskan.
Sekali lagi, diet bukanlah masalah makanan, tetapi masalah kesetimbangan kalori. Makanya akan sangat wajar jika timbul pertanyaan seperti di atas.
Bagaimana berat badan bisa turun ?
Benar memang, diet sudah dijalani mati-matian. Dalam artian porsi dan pola makan ( kalori) yang masuk dalam tubuh sudah di atur dan dikurangi.
Namun kalori yang dikeluarkan tubuh ternyata juga dikurangi. Karena beranggapan dengan melakukan diet maka aktivitas harus dikurangi, atau bahkan dihentikan sama sekali.
Ya, sama saja bohong. Diet akan berhasil jika diimbangi dengan aktivitas yang membutuhkan kalori tubuh, sehingga kesetimbangan kalori dalam tubuh bisa tercapai.

Sebagai kesimpulan terakhir, jika ditanya, apa sebenarnya prinsip dasar dan rahasia diet yang baik dan benar ?

Jawabannya sederhana :
Kesetimbangan Kalori Dalam Tubuh. Titik.

You may like these posts