-->

Sering Dan Mudah Merasa Lelah ? Ini Penyebab Dan Solusinya

Terkadang, anda sering dan mudah merasa lelah tanpa mengetahui penyebab dan alasan yang jelas. Sedangkan pada saat itu anda merasa jika kondisi badan anda sehat, tidak sedang mengidap penyakit apa-apa. Memang bisa jadi anda mempunyai anggapan demikian.
Namun ketika hal seperti itu terjadi, itu berarti tubuh anda sedang mengirimkan sinyal tanda bahaya, namun anda tidak menyadarinya.
Jika anda memang sering dan mudah merasa lelah, sebaiknya anda tahu penyebabnya. Dan tahu pula apa solusinya.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa anda sering dan mudah merasa lelah, lengkap dengan solusinya :

Karena penyakit jantung yang tersembunyi

Wanita yang mempunyai penyakit jantung ( tersembunyi ) umumnya mengalami gangguan tidur dan seringkali merasa lelah luar biasa. Adanya penyumbatan pembuluh darah atau otot jantung yang memang lemah bisa mengurangi aliran darah, mencegah otot dan jaringan tubuh mendapatkan suplay oksigen sesuai kebutuhan.

Solusinya:
Segera periksa ke dokter. Terutama jika secara tiba-tiba kehilangan tenaga atau memiliki gejala tidak wajar lainnya, seperti nyeri dada, gelisah, atau sulit berkonsentrasi. Dokter mungkin akan merekomendasi uji echocardiogram atau juga uji stress untuk mendeteksi adanya penyakit jantung.

Karena infeksi saluran kemih

Gejala umum wanita yang pernah mengalami infeksi saluran kemih ( urinary tract infection / UTI ) adalah rasa terbakar ketika buang air kecil.
Disamping itu juga akan mengalami rasa kelelahan serta rasa sakit yang umum.

Solusinya:
Segera periksa ke dokter. Biasanya antibiotik ( dari resep dokter ) akan menghilangkan bakteri penyakit itu. Dan rasa kelelahan, mestinya hilang dalam 7 – 10 hari selama pengobatan.
Selain itu perbanyaklah istirahat, jaga kondisi hidrasi, dan lakukan diet makanan sehat.

Karena Kadar zat besi dalam tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi

Umumnya wanita menganggap Anemia merupakan sumber utama terjadinya kelelahan. Namun itu tidak benar seluruhnya.
Memang benar jika kadar zat besi yang rendah akan menyebabkan buruknya pembentukan sel darah merah, sehingga akan menghambat tubuh menyerap oksigen, dan anda akan cepat lelah.
Namun ternyata kebanyakan zat besi juga akan membuat kelelahan juga.
Lihat juga :
> Mengenali dan mengobati penyakit langganan wanita, anemia

Solusinya:
Seimbangkan zat besi dalam tubuh anda. Jangan sembarangan mengkonsumsi pil zat besi. Sebaiknya setiap tahunn periksa kadar darah anda.
Bila didapati kadar zat besi tidak normal, lakukan pemeriksaan pada setiap bulannya sampai kadarnya menjadi stabil, Setelah itu periksa setiap 3 - 6 bulan secara terus-menerus sampai kadar zat besi kembali normal.
Kekurangan zat besi sering terjadi pada vegetarian, penderta penyakit pencernaan atau kelenjar tiroid, wanita dengan pengendalian hormon kelahiran, serta mereka yang menstruasinya sangat berat.
Kelebihan zat besi dapat berasal dari factor keturunan keluarga atau karena mengonsumsi suplemen.
Tanda-tandanya : sering merasa kedinginan, penipisan rambut dan kuku, atau merasa pusing saat berdiri.

Karena stress

Tingkat tertinggi hormon stress cortiso terjadi pada pagi hari dan akan menurun saat malam hari, sehingga mempertahankan ritme harian normal. Saat stres berat akan mengacaukan ritme ini, hingga mudah merasa lelah.

Solusinya:
Kendalikan sumber stress dan atasi rasa galau. Namun jika belum bisa, ubah reaksi Anda.
Banyak cara bisa dilakukan. Meditasi salah satu contohnya. Ini sudah terbukti dapat mengurangi stress dan kelelahan.

Karena mengalami dehidrasi

Jika gagal menggantikan 1,5 persen kandungan air dalam tubuh, maka seseorang dapat mengalami apa yang dinamakan “mood swings”, yaitu perubahan mood yang secara cepat serta tenaga yang rendah, sehingga cepat lelah.

Solusinya:
Perbanyak minum air putih. Dengan pedoman pada kondisi normal setidaknya anda minum 8 gelas sehari

Karena kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga neuron berfungsi dengan baik. Bertambahnya kadar oksigen dalam darah akan menjadikan tubuh merasa segar.
Kekurangan vitamin B12 yang kronis akan membuat tubuh sering dan cepat merasa lelah. Kadang disertai keluhan lupa, restless legs (kondisi di mana kaki anda terasa sangat tidak nyaman ketika duduk atau berbaring), atau kesemutan dan mati rasa.
Lihat juga :
> Keluhan yang umum pada wanita hamil

Solusinya:
Mintalah dokter atau ahli nutrisi melakukan tes darah untuk mengetahui kadar B12 dalam tubuh. Jika hasilnya rendah, boleh mengkonsumsi suplemen.
Dosis umum mulai dari 100 hingga 500mcg. Pilih yang berlabel "methylcobalomin" dibanding "cyanocobalamin”, karena suplemen ini lebih mudah dicerna tubuh.
Setelahnya konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12, umumnya terdapat dari makanan hewani.

Karena tidak berolahraga

Jangan salah, terlalu banyak olah raga akan menyebabkan rasa lelah. Namun sebaliknya, jika anda tidak pernah berolah raga, anda juga akan sering dan cepat merasa lelah.

Solusinya:
Mulailah berolah raga sekarang juga. Mulai dari yang ringan menyesuaikan kemampuan tubuh anda. Dan jangan lupa lakukan secara rutin dan teratur.

You may like these posts