-->

Keluhan Yang Umum Pada Wanita Hamil dan Solusinya

Kehamilan, merupakan sesuatu yang diidamkan oleh sebuah keluarga, utamanya oleh wanita. Hanya saja sebuah kehamilan juga membawa akibat dan implikasi tersendiri bagi seorang wanita.
Masyarakat umum terkadang mengenalnya sebagai “ngidam”. Tapi sebenarnya tidak hanya itu saja, wanita-wanita yang sedang hamil biasanya memang mengalami beberapa gangguan pada tubuhnya.

Dan berikut ini adalah beberapa keluhan yang umum terjadi pada wanita hamil serta solusinya :

Pusing Ini merupakan keluhan awal dan paling umum terjadi. Perubahan hormon penyebabnya.
Produksi hormon Progesteron saat hamil memicu dinding pembuluh darah melebar. Sehingga menurunkan tekanan darah dan berakibat timbulnya pusing. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.
Dan JANGAN minum obat apapun karena tidak menyelesaikan masalah.
Tetapi jika terus merasa pusing, istirahat saja yang cukup.


Mual-mual mau muntah
Dikenal dengan nama Morning Sickness. Biasanya muncul pada kehamilan usia 6 – 14 minggu. Rasa mau muntah disebabkan oleh berkembangnya plasenta dan menghasilkan sejenis hormon HCG.
Makin berkembang plasenta, makin tinggi kadar hormon, makin cepat pula rangsangan muntahnya.

Untuk mengatasi :
- Konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dalam jumlah sedikit namun sering. Perbanyak ngemil makanan kering. Hindari makanan dengan bumbu yang merangsang
- Perbanyak minum. Tapi jauhi susu.Minum the juga dapat merelaksasi otot lambung.
- Pada kasus yang parah hubungi dokter. Biasanya dokter akan memberi obat penekan hormon.
Gejala Morning sickness ini biasanya akan hilang sendirinya pada usia kehamilan 4 bulan.
Sariawan
Perubahan hormonal juga akan memicu keluhan ini. Bisa disebabkan juga karena kekurangan gizi tertentu ( zat besi, asam folat, vitamin B-12, dan B-6 ).
Tidak ada obat tertentu untuk mengatasi keluhan ini.
Cukup konsumsi makanan yang cukup mengandung vitamin dan mineral. Gunakan pula obat kumur secara teratur.

Kaku pada tangan dan kaki
Keluhan ini umumnya muncul pada malam hari. Penyebanya karena bagian tubuh ini menyimpan cairan sehingga syaraf tertekan, otot melemah hingga tidak merasakan apa-apa.
Pemicunya karena kelelahan, tekanan rahim pada otot atau kurang Kalium,
Tidak perlu minum obat apapun untuk mengatasinya. Cukup gerak-gerakkan pergelangan tangan atau kaki dan mengurut-urut bagian yang kaku.

Nyeri pada ulu hati
Disebabkan adanya isi lambung yang lewat pada pangkal saluran kerongkongan. Untuk mengatasi, minum susu sedikit sedikit setiap kali merasa nyeri.
Jangan membungkuk atau berbaring datar, tapi gunakan bantal. Tidak perlu minum obat atau ke dokter jika keluhan terjadi.

Sakit punggung
Saat kehamilan, sambungan antara tulang pinggul mulai melunak dan lepas. Guna persiapan untuk mempermudah kelahiran bayi. Rahim akan bertambah berat sehingga pusat gravitasi akan berubah.
Inilah yang menyebabkan rasa sakit pada punggung dan pegal-pegal.
Tak perlu minum obat untuk mengatasi. Cukup dengan memperbaiki cara berdiri, cara duduk dan bergerak, jangan terlalu lama.

Sembelit
Hormon progesteron juga akan menyebabkan relaksasi usus. Sehingga daya dorong usus terhadap sisa makana akan melemah dan menumpuk. Maka, sembelit jadinya. Kebiasaan menahan buang air besar juga bisa menjadi penyebabnya.
Cara mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi, sayuran dan buahan contohnya. Kemudian rutinlah buang air besar serta perbanyak konsumsi air putih.
Tak perlu obat atau dokter.

Buang air kecil
Keluhan ini paling sering dialami. Penyebabnya karena janin menekan kandung kemih. Tapi kadang pula karena kebanyakan minum.
Letak kandung kemih yang bersebelahan dengan saluran rahim juga menjadi penyebabnya. Karena pada saat hamil, kapasitasnya berkurang, sehingga ingin terus buang air kecil.
Hanya yang perlu diwaspadai adalah kadang terjadi infeksi saluran atau kandung kencing pada wanita hamil. Jika saat buang air disertai rasa perih dan berwarna keruh atau kemerahan berarti ada infeksi. Untuk mengatasinya, jangan suka menunda keinginan buang air kecil.

Lihat juga :
> Keputihan pada wanita hamil

You may like these posts