-->

Caligynephobia. Gangguan Phobia Terhadap Wanita Cantik

Jika seseorang merasa ketakutan ketika melihat sesuatu yang menyeramkan atau mengerikan adalah hal yang wajar. Dan sebaliknya, merupakan hal yang wajar pula jika seseorang merasa senang ketika melihat sesuatu yang indah dan cantik.
Dalam hal ini adalah wanita. Karena konon, wanita merupakan makhluk yang diciptakan secara indah dan mempesona.Maka akan sangat wajar pula jika setiap orang menyukai melihat dan memperhatikan wanita yang cantik. Utamanya para pria.
Tetapi ternyata tidak untuk orang-orang yang seperti ini.

Orang-orang ini ternyata mempunyai ketakutan tersendiri, justru ketika mereka melihat wanita yang cantik.

Anda mungkin tidak percaya, tetapi itu kenyataannya !


Orang-orang dengan caligynephobia atau venustraphobia ini akan merasa begitu ketakutan ketika mereka melihat wanita yang berparas cantik.

Orang 0rang dengan caligynephobia atau venustraphobia. akan menganggap wanita berparas cantik sebagai makhluk yang sangat berbahaya.

Sehingga orang dengan kelainan fobia ini akan sangat panik bila bertemu dengan wanita cantik.

Menurut American Psychological Association, fobia adalah salah satu gangguan mental yang paling umum, yang mempengaruhi lebih dari 11 persen pria dan wanita.
Seperti masalah ketakutan atau fobia yang lainnya, caligynephobia atau venustraphobia diciptakan oleh pikiran bawah sadar sebagai mekanisme perlindungan pada seseorang.
Lihat juga :
> Beberapa selebritis top dunia ternyata terkena OCD juga

Hal ini dapat terjadi mungkin disebabkan oleh adanya peristiwa di masa lalu yang menghubungkan wanita cantik dengan trauma emosional.
Kelainan phobia terhadap wanita cantik ini juga bisa dipicu oleh berbagai peristiwa selain trauma pribadi, seperti kejadian di film dan televisi atau melihat pengalaman orang lain yang berhubungan dengan wanita cantik.

Pada saat melihat wanita cantik, entah itu secara langsung, lewat tayangan televisi atau video para penderita caligynephobia atau venustraphobia.

Dapat mengalami beberapa gejala umum, yang diantaranya adalah :

- Napas menjadi sesak, menjadi pendek-pendek dan cepat
- Detak jantung menjadi tidak teratur
- Mulai Berkeringat dingin
- Timbul rasa mual-mual
- Pada akhirnya akan terjadi ketakutan secara menyeluruh

Meskipun gejala-gejala ini dapat terjadi berbeda antara satu penderita dengan penderita lainnya, tetapi efeknya lanjutannya jelas dan akan membuat penderita tidak dapat berkonsentrasi dan kinerja akan menurun apabila mereka berada di dekat wanita cantik.

Gangguan kelainan atau fobia ini dapat kambuh dimana saja kapan saja, selama penderita berhadapan dan bertatapan langsung dengan wanita yang cantik. Sekitar 6 persen penderita mengaku mengalami masalah yang cukup signifikan.
Lihat juga :
> OCD ternyata berbahaya

Sialnya, sampai saat ini dinyatakan belum ada obat yang dikembangkan secara khusus untuk mengobati fobia terhadap wanita cantik ini.

Obat-obatan yang ada hanya mampu menekan ketakutan untuk sementara waktu saja.
Wah…jika mengalami caligynephobia atau venustraphobia ini rugi juga ya. Karena tidak akan pernah “menikmati” wajah cantik wanita selama hidupnya.

You may like these posts