-->

Ingin Kehamilan Sehat ? Ketahui Manfaat 3 Jenis Buahan Yang Disarankan Untuk Wanita Hamil


Pada dasarnya setiap orang membutuhkan asupan gizi tertentu yang diperlukan oleh tubuhnya. Namun pada kondisi tertentu pula, jenis dan jumlah asupan gizi bisa menjadi berbeda. 
Pada wanita yang sedang hamil misalnya. 
Karena harus memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin, maka umumnya wanita akan membutuhkan asupan gizi yang meningkat, baik jumlah dan jenisnya. 

Dengan tidak mengabaikan jenis makanan lainnya, salah satu jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi wanita hamil yang sangat disarankan adalah buah-buahan. 
Secara mendasar, semua jenis buah-buahan memiliki kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun demikian, dengan kandungan gizinya, ada beberapa jenis buah-buahan yang lebih utama untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. 
Beberapa jenis buah-buahan tersebut, selain dapat mengenyangkan dan memenuhi kebutuhan vitamin, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan janin dalam kandungan. 

Dan berikut beberapa jenis buah-buahan yang sangat disarankan untuk lebih dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil : 

1. Buah Manggis 
Buah manggis diketahui memiliki kandungan alami yang mampu memenuhi kebutuhan gizi selama masa kehamilan. 
Kandungan vitamin C dalam buah manggis sangat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan. Juga mampu menjaga daya lentur ( elastisitas ) kulit wanita selama masa kehamilan yang diakibatkan oleh pertumbuhan janin yang semakin membesar. 
Kandungan asam Folat dan Mangan dalam buah manggis juga sangat bermanfaat. Kandungan Asam folat berfungsi untuk membantu dalam menurunkan resiko bayi prematur atau kelainan janin seperti cacat organ tubuh bayi. 
Sedangkan Mangaan yang terkandung dalam buah manggis mampu berfungsi sebagai pelindung bagi ibu hamil dan janin dari ancaman radikal bebas baik dari makanan maupun lingkungan. Mangaan juga dapat membantu pembentukan tulang rawan dan kerangka janin 

2. Buah Alpukat 
Buah Alpukat memang bukan merupakan buah asli Indonesia. Diketahui Alpukat aslinya berasal dari negara Meksiko. Namun demikian kandungan alami buah Alpukat sangat bermanfaat bagi wanita hamil di negara mana saja. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buah Alpukat kaya akan kandungan Asam folat, Kalium dan vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin selama masa kehamilan. 
Selama masa perkembangan otak dan tulang belakang janin pada awal masa kehamilan dibutuhkan Asam Folat yang tinggi. 
Dan kandungan Asam Folat yang tinggi dalam buah alpukat memiliki peranan yang sangat penting dalam masa awal kehamilan untuk membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin. 
Kemudian, kandungan vitamin B kompleks dalam alpukat sangat baik untuk mengatasi rasa mual dan muntah selama kehamilan, terutama pada periode pertama. 
Kandungan alami dalam Alpukat juga diketahui sangat bermanfaat dalam memberikan perlindungan dan kecantikan kulit. 

3. Buah Kurma 

manfaat buah kurma bagi wanita hamil

Sama dengan Alpukat, kurma juga bukan merupakan buahan asli Indonesia. Kurma banyak ditemukan di jazirah Arab. Meski buah kurma ini sudah sangat biasa dikonsumsi oleh umat muslim terutama pada saat bulan puasa, namun cukup jarang yang tahu jika buah kurma ternyata sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh wanita hamil. 
Dalam kurma mengandung serat tinggi, kalium, mangan, fosfor, besi, belerang, kalsium dan magenesium yang sangat baik dan dibutuhkan oleh wanita hamil. 
Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam Kurma juga sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. 
Sebab wanita hamil sangat rentan terhadap serangan Anemia. Dan zat besi dalam kurma mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. 
Kalium dalam buah kurma akan sangat bermanfaat untuk mengatasi serangan kram yang memang biasa terjadi selama masa kehamilan. 
Kandungan vitamin B kompleks tinggi yang tinggi dalam kurma akan sangat bermanfaat untuk memperkuat dinding rahim. 
Dalam Buah kurma juga mengandung tingkat gula yang tinggi, 60% hingga 65 % dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Dan kandungan tinggi gula dari kurma ini akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil terutama yang memasuki kehamilan trimester, untuk memberi asupan energi mempersiapkan persalinan 

Jadi jika ibu ingin kehamilan yang sehat, cobalah perbanyak konsumsi 3 jenis buah-buahan yang sangat disarankan untuk wanita yang sedang hamil di atas. 

Namun selain itu ada juga buah-buah yang justru harus dihindari oleh kaum wanita ketika sedang masa kehamilan. 
Apa saja buah-buahan tersebut ? 
Ini dia : 

You may like these posts