-->

7 Macam Buah-Buahan Yang Sangat Bagus Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi


Masalah kolesterol tinggi, terutama sekali dipicu oleh pola hidup dan pola makan yang kurang sehat. Karena itulah untuk menjaga dan mengontrol kadar kolestrol dalam darah agar tidak terlalu tinggi cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur dan menjaga pola makan yang sehat. 
Pada posting sebelumnya telah dishare tentang beberapa jenis bahan makanan yang sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Dan selain beberapa bahan makanan tersebut, 7 macam buah-buahan ini juga sangat bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi
Apa saja buah-buahan tersebut ? 

1. Mangga 
Mangga merupakan buah-buahan yang sudah lazim dikonsumsi masyarakat Indonesia. 
Selain rasaya yang sangat manis ketika masak, mangga banyak mengandung Vitamin C. Kandungan Vitamin C dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi sehinga menghindarkan terbentuknya plak di dinding pembuluh darah. 

buah untuk menurunkan kolesterol tinggi

2. Jambu biji 
Selama ini jambu biji seringnya digunakan sebagai “doping” ketika seseorang terkena penyakit Deman Berdarah ( DB ). Namun jambu biji ternyata juga sangat bagus untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Sebab dalam jambu biji – terutama jambu biji merah - kaya akan kandungan likopen yang baik dalam mengendalikan produksi kolesterol. 

3. Jeruk nipis 
Jeruk nipis atau juga disebut jeruk lemon memang jarang dikonsumsi secara langsung. Biasanya digunakan sebagi minuman atau campuran jus buah. 
Mengkonsumsi jeruk nipis sangat bagus untuk menghambat produksi kolesterol jahat dan mengurangi resiko terjadinya serangan jantung. Sebab dalam jeruk nipis kaya akan flavonoid. 
Selain dari jeruk nipis sumber flavanoid lainnya adalah teh, brokoli, tomat, kedelai, bawang yang berlapis seperti bawang bombay, bawang merah, serta buah delima. 

4. Apel 
Apel bagus untuk mengatasi masalah kolesterol sebab kaya kandungan serat larut yang merupakan sumber beta glucan. Di dalam tubuh, beta glucan ikut berperan mengontrol penyerapan dan produksi kolesterol. 

5. Anggur 
Dalam anggur terdapat kandungan zat catechin yang sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol

6. Alpukat 
Kandungan Asam pantotenat dalam alpukat memiliki peranan penting untuk meredam kolesterol darah. 

7. Blueberry 
Senyawa alami di dalam buah blueberry yang bernama pterostilbene dapat berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Karena itu buah blueberry diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih. 
Para ahli kesehatan di Amerika, menjadikan buah blueberry sebagai salah satu buahan untuk membantu para pasien yang menderita kolesterol tinggi. 

Lihat juga :

You may like these posts