-->

9 Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi


Dewasa ini, tidak hanya pada orang tua atau muda, banyak yang merasa risau dengan masalah kolesterol tinggi. Maklum saja, kolesterol tinggi memang bisa memicu terjadinya berbagai gangguan dan penyakit. Kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya Aterosklerosis, yaitu proses pengapuran dan pengerasan pada dinding pembuluh darah. 
Dan karena proses ini, khususnya jika terjadi pada pembuluh darah koroner, akan menjadi lebih sempit dan menghalangi aliran darah , sehingga berresiko terkena penyakit jantung koroner (PJK).
Itu belum terhitung dengan “penyakit ringan” lainnya, seperti linu-linu pada sendi atau malah sampai tidak bisa berjalan. 

Repotnya, makanan yang dikonsumsi malah banyak mengandung atau memicu terbentuknya kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoproptein (LDL). Yang biasanya terdapat pada makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans
Karena itu, jika kondisi kadar kolesterol dalam darah cukup tinggi, sebaiknya konsumsi 9jenis makanan yang bisa menurunkan Kolesterol Ini

1. Kacang-kacangan 
Mengapa ? Karena kacang-kacangan umumnya memiliki kandungan serat larut yang sangat tinggi. Dan dengan mengkonsumsi serat larut yang tinggi akan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 
Pada sebuah riset yang dilakukan mengkonsumsi kacang-kacangan, seperti buncis, kacang merah, atau kacang panjang secara teratur selama 6 minggu ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 10 %. Dalam hal ini, keluarga kacang-kacangan yang bagus untuk menurunkan kolesterol adalah kacang kedelai. Kedelai mengandung Isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Karena itu jangan ragu atau malu jika “harus” makan tahu atau tempe.. 
Bahkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyarankan untuk dapat mengkonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari untuk menurunkan kadar kolesterol. 

2. Mete, Almon, dan Kenari 
Mete, almond, dan kenari merupakan bahan makanan yang rendah lemak sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung. Ketiga bahan pangan ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal. 
Selain itu juga kaya dengan kandungan vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berhubungan erat dengan kesehatan jantung. 

3. Bayam 
Pada Bayam, selain terkandung Lutein, yang penting bagi kesehatan dan ketajaman mata, juga kaya akan zat yang berfungsi sebagai pelindung organ jantung, serta melindungi jantung dari pencegahan lemak yang menempel pada pembuluh darah. 
Bagi yang memiliki kolesterol tinggi disarankan untuk mengkonsumsi bayam, setidaknya 1/2 mangkuk setiap harinya. 

4. Bawang Putih 
Berdasar sebuah riset, bawang putih ternyata dapat mencegah berkembangnya molekul kolesterol yang menempel pada di dinding pembuluh darah. 
Bangsa Mesir Kuno sudah memanfaatkan bawang putih untuk meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh. Selain mampu menurunkan kolesterol, bawang putih juga memiliki manfaat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah tinggi serta melindungi tubuh dari infeksi. 

5. Margarin 
Margarin ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun dalam hal ini digunakan margarin yang berasal dari minyak biji bunga kanola. 

6. Alpukat 
Alpukat dapat dijadikan sumber asupan lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolsterol baik (HDL). Namun ketika mengonsumsi alpukat, sebaiknya dikombinasikan dengan buah atau sayuran lainnya, untuk menekan jumlah kalori alpukat yang cukup tinggi. 
Dalam 1 buah alpukat ukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh. Dalam batas normal tubuh manusia memerlukan 1.800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh setiap harinya. 

7. Ikan Salmon 
Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang tinggi sehingga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Selain itu, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi fungsi kerja organ jantung. 
Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika, menyimpulkan dengan mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, trout, sarden, makarel dan hering minimal 2 porsi dalam 1 minggu dapat memberi manfaat yang sangat optimal dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

8. Cokelat 
Jangan salah, Cokelat pada jenis tertentu, terutama coklat hitam yang rasanya agak pahit, ternyata merupakan bahan pangan yang sehat untuk melawan kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan pada coklat kaya akan kandungan antioksidan dan flavonoid. 

9. Teh 
Teh kaya dengan kandungan antioksidan, selain dapat memberikan rasa tenang, juga membantu pembuluh darah agar terhindar dari pembekuan darah. 
Selain itu, teh juga dapat mencegah terjadinya proses oksidasi yang dapat menyebabkan penimbunan kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah. 
Hanya dengan minum segelas teh hangat sudah dapat memenuhi antioksidan bagi tubuh. 

Lihat juga : 

You may like these posts