-->

6 Manfaat Kesehatan Yang Dapat Diperoleh Dengan Mengkonsumsi Nasi


Sebagai makanan pokok pada sebagian besar penduduk Indonesia, nasi sudah begitu popular, bahkan cenderung menjadi hal yang biasa. 
Meski ada ungkapan “ belum makan jika belum makan nasi” namun faktanya sebagian masyarakat masih menganggap nasi sebagai “pengganjal perut” belaka. 
Makan nasi “hanya” untuk sumber karbohidrat dan kalori. 

Padahal dibalik kemanfaatan yang sudah umum diketahui, masih ada banyak lagi manfaat dari mengkonsumsi nasi. Dan berikut adalah  6 Manfaat Kesehatan Yang Dapat Diperoleh Dengan Mengkonsumsi Nasi 

1. Nasi dapat membantu menurunkan berat badan 
Banyak orang yang melakukan diet dengan meninggalkan konsumsi nasi. Namun ada sebuah hasil penelitian dari dari Brigham Young University di Utah, Amerika yang perlu disimak. Menurut para peneliti, wanita yang meningkatkan asupan serat ( nasi ) secara umum akan kehilangan berat badan. Sebaliknya, wanita yang mengurangi asupan serat dari makanannya justru berat badannya cenderung naik. 

2. Nasi membantu mengecilkan ukuran pinggang 
Penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition menyatakan bahwa mengkonsumsi nasi akan membantu mengurangi lemak tubuh dan lemak perut. Orang dewasa yang makan sekitar tiga porsi sehari, memiliki lemak tubuh 2,4 persen lebih sedikit, dan lemak perut 3,6 persen lebih sedikit, daripada mereka yang makan kurang dari seperempat porsi nasi. 

3. Nasi baik untuk kesehatan jantung 
Dengan meningkatkan asupan serat yang mudah larut sebanyak 5-10 gr sehari. maka akan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5 persen. Orang yang mengonsumsi gandum utuh (seperti beras merah) juga cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah, dan kolesterol baik yang lebih tinggi. 

 4. Nasi membantu memperkuat memori 
 Dalam sebuah studi dari Tufts University diungkapkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan / kegemukan yang menjalani diet rendah karbohidrat selama 1 minggu dengan benar-benar tidak mengonsumsi nasi, mendapatkan nilai yang lebih buruk dalam tes memori. Nilai mereka juga berkurang dalam visuospatial memory (tes mengingat lokasi dalam peta). 

5. Nasi membantu memecah lemak. 
Dalam salah satu studi dari Journal of Nutrition juga menyatakan bahwa sarapan dengan nasi akan menjadikan gula darah relative stabil, andaipun naik tidak terlalu cepat. Selain itu nasi dapat membantu membakar lemak lebih banyak. 

6. Nasi ternyata juga membantu memperbaiki mood 
Studi dari Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa Karbohidrat mendukung produksi serotonin, senyawa kimia dalam otak yang menimbulkan perasaan senang. Orang-orang yang menjalani diet rendah karbohidrat selama setahun lebih cenderung mengalami depresi, kegelisahan, dan mudah marah. 

Lihat juga :