-->

4 Cara Sederhana Agar Ruang Makan Bisa Menambah Selera


Berbeda dengan desain rumah tradisional, pada desain rumah modern, ruang makan sudah menjadi bagian ruang yang tidak terpisahkan. Sebab dengan gaya hidup modern yang begitu sibuk dan mobil, dibutuhkan satu sarana untuk bisa “mempersatukan” sebuah keluarga. 
Dan hal ini bisa dicapai pada saat melakukan makan bersama

Itulah sebabnya peran dari sebuah ruang makan sangat penting. 
Tidak hanya berfungsi hanya sebagai tempat berkumpul untuk makan, ruang makan juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk lebih saling mengakrabkan diri. 
Sekedar ngobrol, bercengkrama antar anggota keluarga, sampai curhat. 
Simak juga :

Fungsi dan tujuan tersebut sepertinya tidak akan bisa tercapai bila seandainya ruang makan yang digunakan kondisinya acak-acakan dan amburadul. 
Itulah sebabnya dibutuhkan upaya tertentu agar sebuah ruang makan dapat terlihat dan terasa nyaman
Nyaman, disini berarti juga bahwa sebuah ruang makan yang ditata sedemikian rupa sehingga bisa menambah dan meningkatkan selera makan penggunanya , sehingga para anggota keluarga merasa betah berlama-lama di dalamnya. 

Masing-masing keluarga tentu punya trik dan cara tersendiri agar supaya anggota keluarga mereka merasa nyaman ketika berada di ruang makan. 
Tergantung dari pola kebiasaan keluarga dan juga tergantung dari daya dukung dan biaya yang tersedia. Lepas dari hal-hal tersebut, selalu ada upaya-upaya yang sifatnya umum untuk menata dan mendandani ruang makan agar anggota keluarga merasa bertambah selera ketika berada di dalamnya. 
Dan berikut adalah 4 Cara Sederhana Agar Ruang Makan Bisa Menambah Selera

1. Usahakan untuk membuat tampilan ruang makan yang artistik 
Dengan adanya tampilan yang artistic bisa dipastikan akakn menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan di dalam ruang makan.
Perlu diingat, tampilan ruang makan yang artistik tidak berarti harus selalu mahal atau mengeluarkan banyak biaya. 
Sebuah sentuhan kecil pada detil menarik, misal hiasan dinding yang unik, atau pajangan lucu juga dapat membawa suasana ceria. 
Adanya perasaan bahagia bisa jadi akan menambah suasana makan bersama menjadi lebih semarak. 

2. Pilih warna ruang makan yang tepat 
Seringkali, orang secara asal saja ketika memilih sebuah warna untuk digunakan pada ruang makan. Padahal yang perlu diketahui, dengan pemilihan warna yang tepat pada ruang makan maka akan bisa menciptakan suasana sehingga orang yang berada di dalamnya terbit selera dan nafsu makannya. 
Sebagai contoh, ruang makan yang berwarna merah atau kombinasi warna merah ternyata terbukti meningkatkan nafsu makan. 
 Agar tidak terasa panas dan gerah anda bisa melakukan kombinasi warna merah ini dengan warna lainnya. Dengan warna putih misalnya, akan memberikan kesan tenang , segar juga bersih. 

3. Atur agar ruang makan dengan pencahayaan yang memadai 
Bisa anda bayangkan sendiri jika seandainya harus makan di tempat yang redup atau remang-remang, terlebih yang dimakan adalah ikan yang banyak durinya. Pasti timbul rasa tidak nyaman dan malas berada di dalam ruang makan berlama-lama. 
Sebaiknya ruang makan diatur agar mendapat pencahayaan yang memadai. Memadai artinya tidak redup atau remang-remang tetapi juga tidak terlalu terang benderang sehingga malah menjadi panas dan silau. 

4. Gunakan Furnitur yang nyaman 
 Penggunaan furniture yang nyaman juga akan sangat mempengaruhi selera makan keluarga. Adanya furniture yang nyaman, maka pengguna akan merasa rileks dan santai. Sehingga tanpa terasa ia betah berada di dalam ruang makan. 
Dan perlu dicatat pula, furniture yang nyaman juga tidak harus mahal. 
Penggunaan karpet dan kursi makan sederhana yang dibuat empuk bisa menjadi pilihan utama.