-->

Wah, Susahnya Menyampaikan Body Language !?

Dalam dunia pergaulan sehari-hari, selain diperlukan komunikasi bahasa lisan juga diperlukan ekspresi diri melalui beberapa gerakan tubuh, otot-otot tertentu atau bahkan keseluruhan tubuh itu sendiri. Dan konon disebut sebagai bahasa tubuh ( body language ) atau gesture tubuh.

Dan salah satu bahasa tubuh yang banyak digunakan sebagai ekspresi diri, baik secara sadar ataupun tidak sadar adalah : penampilan.

Dalam kehidupan sehari-hari, penampilan yang baik biasanya selalu dikaitkan dengan sikap badan ( postur ) yang baik atau bentuk tubuh ideal.
Dari segi estetika, sikap tubuh yang baik akan menambah percaya diri dan penampilan menjadi lebih menarik.

Sebaliknya, sikap badan yang yang kurang baik seperti bungkuk, bahu tidak simetris, atau kelainan lain dapat menyebabkan tinggi badan terlihat berkurang, kapasitas vital menurun , gerak yang kurang leluasa, perut kendur sampai berpengaruh pada penampilan secara keseluruhan.

Sebagai contoh mudah, meski tampilan wajah cantik menawan – bahkan sudah berdandan ala bintang Hollywood - tapi jika cara berdiri dan berjalannya selalu membungkuk tentu kurang “sip”.

Tubuh yang ideal selalu diidentikkan dengan berat badan yang ideal.
Yaitu proporsi tubuh yang harmonis, imbang antara berat badan dan tinggi badan.
Dan secara naluri alami, penampilan fisik yang baik akan dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan respon untuk dikagumi. Ini sifat dasar manusia, yang memang menyukai sebuah keindahan.

Sementara yang kurang baik, misal berat badan berlebih ( obesitas ) akan cenderung menjadikan tubuh tidak ideal. Menjadikan kurang percaya diri, penampilan berkurang, juga bahasa tubuh yang disampaikan menjadi tidak benar.

Padahal bahasa tubuh dapat diterjemahkan dengan secara benar oleh tubuh jika kondisi tubuh berada pada proporsi yang ideal.
Dan secara psikis, tubuh yang sehat dan ideal, akan memberi kepercayaan diri dalam setiap gerakan. Dan organ-organ tubuhpun menjadi lebih fleksibel ketika “mereka” harus menerima dan mematuhi perintah dan sensor motorik.

***

Wah, susahnya menulis dan menyampaikan tentang body language ini…
Jangan-jangan susunan kalimatnya seperti hasil surveynya Cak Lontong….

***

Intinya,

Sederhananya, bahasa tubuh yang baik – yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan penampilan – dapat diperoleh dari berat tubuh yang ideal. Dan berat tubuh yang ideal itu berarti tidak mengalami kegemukan atau obesitas.

Sehingga ketika tubuh mengalami kelebihan berat badan, itu harus “dilawan” dan diturunkan.
Gunanya, ya, itu tadi, bisa menyampaikan bahasa tubuh dengan baik, meningkatkan rasa percaya diri dan menjadikan penampilan lebih baik.
Titik.

Tapi, masih bingung, tentang bagaimana cara melawan kegemukan !
Kalau begitu harus melihat yang berikut ini : Big breakfast diet bisa menurunkan berat badan sebanyak 18 kg.