-->

Sebaiknya Tahu. Berbagai Macam Jenis Keracunan Dan Obat Penawarnya

Dalam kehidupan sehari-hari, meski kita sudah berhati-hati ketika mengkonsumsi bahan pangan, selalu ada saja kemungkinan mengalami keracunan.
Yang paling sering adalah keracunan makanan dan obat-obatan.
Hal ini mungkin bisa saja terjadi karena memang banyak hal yang bisa menyebabkan keracunan.
Sebagai misal, karena “kecolongan” mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluwarsa, karena makanan sudah mengalami pembusukan yang tidak kentara, ataupun memang dalam makanan tersebut mengandung bahan beracun yang tidak kasat mata, seperti daging yang mengandung bakteri patogen berbahaya.

Keracunan karena obat-obatan juga bisa dikarenakan oleh sebab-sebab yang hampir serupa.
Karena obat yang telah kadaluwarsa, karena adanya kontra indikasi obat atau karena tubuh memang rentan dan mempunyai daya tolak terhadap jenis obat tertentu ( umumnya dari golongan antibiotik ).

Dampak keracunan yang bisa timbul, yang paling ringan, mungkin “hanya” berupa pusing-pusing, mual atau muntah-muntah.
Namun tidak jarang akibat keracunan makanan atau obat-obatan ini dapat merengggut nyawa seseorang.

Oleh sebab itu pengetahuan tentang berbagai macam jenis keracunan dan obat penawarnya ini sangat layak untuk diketahui oleh setiap orang, terutama para ibu rumah tangga.

Namun sebagai catatan, langkah-langkah di bawah ini nantinya hanyalah merupakan langkah awal untuk dapat memberikan pertolongan pertama, sebelum penderita keracunan dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat, guna mendapatkan perawatan yang semestinya.

● Keracunan udang
Bila keracunan udang, usahakan agar penderita muntah, lalu minumkan air kelapa hijau padanya. Supaya cepat muntah, berikan penderita keracunan dengan telur mentah yang sudah dikocok atau susu sapi mentah.

● Keracunan daging atau ikan busuk
Untuk keracunan daging atau ikan busuk, minumkan segelas air santan kelapa yang kental, Lalu susuli dengan minum air kelapa muda. Dapat juga ditambahkan dengan 20 gram Kaolin pada air kelapa tersebut.

● Keracunan jamur
Untuk memberi pertolongan pada penderita keracunan jamur, beri minum penderita dengan sebutir telur ayam yang sudah dikocok. Berikan juga santan kental atau satu gelas air kelapa hijau.

● Keracunan singkong, gadung atau kara benguk
Untuk keracunan jenis bahan pangan ini dapat ditanggulangi dengan minum air kelapa hijau yang diberi sedikit garam. Dapat juga dicampur dengan gula kelapa.

● Keracunan makanan busuk
Makanan busuk, misalnya dageng kalengan. Berikan penderita dengan Norit dan usahakan agar dapat muntah.

● Keracunan Pestisida
Untuk keracunan pestisida, minumkan air kelapa hijau yang diberi garam dapur kepada penderita. Usahakan agar penderita muntah dengan cara memasukkan jari ( yang bersih ) ke dalam kerongkongannya.

● Keracunan alkohol
Untuk keracunan alkohol, usahakan agar penderita muntah. Setelah dapat muntah berikan penderita kopi pahit. Dan kompres kepalanya dengan es.

● Keracunan Aspirin ( Asetosal )
Jika keracunan aspirin ( obat sakit kepala ), berikan susu atau santan kepada penderita. Setelah itu usahakan agar penderita dapat muntah.

● Keracunan obat tidur ( valium, veronal )
Minumkan pada penderita air putih sebanyak-banyaknya, lalu usahakan agar ia dapat muntah. Setelah itu berikan norit dan garam Inggris sebagai obat pencuci perut.

● Keracunan zat-zat asam ( air keras, asam, karbol, dan sejenisnya )
Minumkan air putih sebanyak-banyaknya. Jika minum susu, berikan tablet kapur. Setelah itu “cuci” perutnya dengan memberikan garam Inggris.

Dan berkaitan dengan masalah keracunan, beberapa artikel ini mungkin dapat lebih melengkapi :

You may like these posts