-->

Beberapa Aplikasi Menarik Untuk Kebaya

cerita dan asal-usulnya, kebaya saat ini telah menjadi salah satu busana warisan nenek moyang bangsa Indonesia.
Bahkan sudah ditetapkan sebagai Busana Nasional Wanita Indonesia.

Jadi tidak alasan untuk mengabaikannya.
Sebab bisa jadi, jangan-jangan nanti ada yang “mencurinya”.
( Belum tahu asal-usul kebaya ? Coba buka disini untuk melihatnya : Menguak Rahasia Kebaya. Ternyata Bukan dari Jawa )

Hanya saja – harus diakui – bahwa popularitas kebaya ini dari masa ke masa makin tergusur oleh gempuran berbagai macam busana modern ( yang seringkali bahkan tidak sesuai dengan norma dan budaya Indonesia ).

Sudah jarang ditemui wanita-wanita Indonesia yang mengenakan busana tradisional Indonesia ini dalam kesehariannya. Mungkin di desa-desa – itupun hanya angkatan tua – yang mengenakannya. Sedangkan jika di kota-kota, paling banter hanya dapat dilihat dalam “acara-acara resmi” saja.
Pernikahan, pelantikan atau sejenisnya.

Padahal mengenakan kebaya tidak kalah menarik dalam tampilan bila dibandingkan dengan busana lainnya. Tetapi karena perkembangan jaman sudah demikian – ya - sudahlah, karena akan terlalu berat jika harus menentang arus mode yang berkembang.

Namun itu bukan berarti meninggalkan sama sekali kebaya.
Justru sebaliknya, dengan mode yang sedang trend dan berkembang, bisa diaplikasikan dan disesuaikan dengan kebaya, sehingga membuat tampilan kebaya menjadi lebih menarik jadinya.
Siapa tahu nantinya, kebaya tidak hanya menjadi simbol nasional atau dipakai pada acara ( hajat ) resmi saja, tapi sedikit demi sedikit mulai populer kembali dan dikenakan dalam sehari-hari, siapa tahu…( seperti batik misalnya ).

Nah agar tampilan lebih” in”, ada beberapa aplikasi menarik untuk kebaya, berikut diantaranya :

● Bordir
Yaitu untaian benang yang dijahitkan dengan mesin di atas bahan kebaya sehingga membentuk motif yang cantik. Umumnya berbentuk motif flora.

● Sulam
Teknik membentuk motif dengan benang atau pita yang dilakukan secara manual dengan tangan.
Motif sulaman yang digemari masih berupa bunga atau dedaunan.

● Tempel Brokat
Selain digunakan sebagai bahan dasar, brokat juga sering digunakan sebagai hiasan tempelan pada kebaya. Corak pada brokat diguntungkan dan ditempelkan sedikit demi sedikit sehingga membentuk pola pada kebaya.

● Payet dan Mote
Payet dan Mote berfungsi untuk memberikan efek berkilau dan glamour pada kebaya. Payet dengan kualitas terbaik saat ini adalah payet Jepang.

● Beads
Sama seperti Payet dan Mote, Beads juga digunakan untuk memberikan efek glamour pada kebaya. Hanya saja ukurannya lebih besar.

● Kristal
Merupakan bahan buatan yang biasanya terbuat dari kaca, atau tiruannya yang terbuat dari plastik transparan. Biasa digunakan pada kancing atau ornamen kebaya.

● Serat alam
Serat alam seperti serat nenas, pelepah pisang atau serat batang pohon dewasa terkadang juga digunakan untuk memberikan sentuhan suasana etnik yang unik dan khas.

● Bulu
Meskipun agak jarang, bulu terkadang bisa juga digunakan untuk aplikasi kebaya untuk memberikan kesan modern, feminin dan mewah.

● Batu mulia
Harganya yang mahal membuat batu mulia jarang digunakan sebagai aplikasi pada kebaya.
Namun batu semi mulia, seperti kecubung, safir muda, dan sebagainya terkadang juga digunakan sebagai aplikasi untuk mempercantik kebaya.

Itulah beberapa aplikasi kebaya yang dapat anda gunakan. Tinggal pilih dan disesuaikan dengan selera dan peruntukkannya.
Meski saat ini kurang memungkinkan jika harus mengenakannya setiap hari, yang terpenting adalah tidak merasa minder atau kurang trendi jika suatu saat harus mengenakan kebaya.
Tetap saja masih banyak alternatif dan pilihannya.

Dan lagian, bukankah kebaya merupakan busana nasional wanita Indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikannya.