-->

Ayo sini, Ini Ada Cara Membuat Ebi Sendiri

Masih tentang urusan dapur lagi.
Kemarin sudah dibahas tentang masalah udang dalam Sudahkah anda tahu cara pintar memilih udang yang segar.

Kini supaya lebih lengkap akan ditambah pula cara mengelolanya. Maka mari, ayo sini, ini ada cara membuat EBI sendiri.
Masyarakat umum mengenal udang yang dikeringkan – biasanya yang berukuran kecil-kecil – dengan nama EBI. Dan Ebi sendiri memang merupakan salah satu cara pengawetan udang dengan dikeringkan.

Bentuknya yang kering dengan kandungan kadar air yang rendah, menjadikan ebi sebagai salah satu bahan pangan yang dapat disimpan dalam waktu yang lama.
Umumnya sekitar 1 sampai 2 bulan. Jika disimpan dengan baik.

Cara menyimpan ebi yang baik adalah meletakkannya dalam wadah tertutup rapat.

Sebab karena berbentuk bahan kering, ebi dapat dengan mudah menyerap uap air dari lingkungan.
Dan hal ini bisa menimbulkan tumbuhnya jasad renik perusak pada ebi tersebut. Sehingga ebi tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama.


Karena rasanya yang gurih dan lezat, ebi seringkali diolah dengan berbagai variasinya untuk dijadikan lauk atau sekedar cemilan.
Entah itu sebagai “iwak peyek”, dimakan bersama pempek atau hanya digoreng begitu saja.

Dan jika anda atau keluarga anda kebetulan menyukai bahan pangan yang satu ini, dapat dengan mudah didapatkan di pasaran.
Hanya saja terkadang beberapa keluarga agak khawatir, apakah ebi yang mereka beli cukup higienis atau tidak selama atau dalam proses pembuatannya. Padahal sudah terlanjur menyukai ebi ini.

Jika berada dalam posisi ini salah satu alternatif untuk mengatasinya adalah dengan membuat ebi sendiri. Jangan khawatir.
Karena untuk membuat ebi ini ternyata tidak susah-susah amat caranya.

Dan bila tertarik, anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat ebi sendiri di bawah ini :

● Pilihlah udang yang masih segar ( ingat cara memilih udang segar pada tautan di atas ), namun ukurannya jangan terlalu besar-besar.
Kira-kira berjumlah 60 sampai 70 ekor per setengah kilonya.

● Cuci bersih udang sampai benar-benar tidak ada kotoran yang melekat

● Isi panci dengan setengah liter air, dan didihkan

● Masukkan udang yang telah dicuci tadi, rebus selama ½ jam lamanya

● Setelah masak, pisahkan udang dengan airnya dengan cara disaring. Makin kering makin bagus.

● Udang masak ini lalu tempatkan – sebarkan – dalam sebuah tampah ( atau wadah lebar sejenisnya asal berpori d bawahnya )

● Jemur sampai kering di sinar matahari.
Biasanya kira-kira selama 1 sampai 2 hari. Jika menggunakan Oven, atur suhunya pada 40 ° C saja.

● Udang yang telah dikeringkan, dipisahkan antara kulit dan dagingnya.
Caranya :
Masukkan ke dalam kantong plastik, dan memukulnya dengan kayu ( atau alat sejenisnya ) secara perlahan sehingga kulit terlepas dari dagingnya.

● Buang kulit udang yang telah terpisah. Ebi sudah jadi.

● Terakhir, tempatkan udang kering ( ebi ) ini di dalam wadah yang kering dan simpan juga di tempat yang kering agar dapat lebih lama disimpan.

Nah, mudah bukan cara membuat ebi sendiri ini ?

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.
    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umu…