-->

Inilah 6 Menu Paling Favorit Untuk Berbuka Puasa


Ketika tiba bulan puasa Ramadhan seperti ini, para ibu punya “kesibukan” baru. 
Yaitu menyiapkan menu berbuka puasa ( yang tentu saja yang paling disukai anggota keluarga ). 
Masing-masing keluarga memang pasti memiliki menu favorit tersendiri. 
Namun dari beberapa sumber yang berhasil dikumpulan, inilah 6 Menu Paling Favorit Untuk Berbuka Puasa ( yang mungkin keluarga anda juga ) : 

menu favorit buka puasa

1. Es buah 
Apapun kondisinya, banyak keluarga yang tetap memilih es buah sebagai menu favoritnya saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dingin ditambah dengan aneka buah di dalamnya memang terasa sangat menyegarkan. 
Namun demikian sebenarnya kurang bagus mengkonsumsi minuman yang dingin saat pertama kali berbuka, karena kondisi badan yang “panas” karena berpuasa seharian, dan terutama bagi yang menderita maag. Sebaiknnya minum minuman yang hangat, setelah jeda setengah jam baru mengkonsumsi es buah sepuasnya. 

2. Teh manis hangat 
Bagi yang bisa lebih menahan diri dan atau memang memiliki kendala tertentu, teh manis hangat akan menjadi pilihannya. Minum-minuman yang hangat saat berbuka memang lebih dianjurkan daripada minuman yang dingin atau es, untuk menyesuaikan kondisi tubuh. 

3. Kolak 
Favorit lainnya adalah kolak, baik dalam keadaan dingin dengan es ataupun dalam keadaan hangat. Rasanya yang manis ditambah dengan aneka macam isinya, seperti pisang, kolang-kaling, biji salak dan labu menjadikan kolak disenangi. 
Tak heran pula jika kolak seringkali dijadikan sebagai hidangan ta’jil. 

4. Kurma 
Kurma merupakan salah satu hidangan favorit saat berbuka puasa. Selain dianjurkan untuk berbuka, kurma memang memiliki banyak khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama ketika habis perut kosong seharian. 

5. Kue tradisional 
Bagi yang kurang menyukai kurma , biasanya akan memilih kue-kue tradisional sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Begitu kayanya khasanak kuliner tradisional Indonesia, menjadikan ada banyak pilihan, misalnya : apem, nagasari, putu ayu, , onde-onde dan masih lagi lainnya. 

6. Gorengan 
Dan satu lagi makanan berbka puasa yang tidak pernah terlewatkan tentu saja gorengan. Meski makanan ini sebenarya kurang sehat – terutama jika dikonsumsi saat berbuka - namun kenyataannya gorengan terbukti banyak dicari dan tetap menjadi masyarakat masyarakat. 
Umumnya berupa pisang goreng, tahu isi, tahu goring, singkong goreng, getuk goreng, mendoan, sukun goreng dan masih banyak lagi macamnya. Yakin, salah satu makanan dan atau minuman di atas pasti menjadi favorit dalam keluarga anda.

Lihat juga : 

You may like these posts