-->

Inilah Alat Tes HIV/AIDS Portable Yang Bisa Digunakan Sendiri

Dalam dekade terakhir ini, penyakit sistem kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh virus HIV/AIDS merupakan sebuah momok yang paling menakutkan bagi umat manusia.

Hal ini disebabkan, penyakit HIV/AIDS ini sangat mematikan.
Sedangkan sampai sejauh ini dirasa belum ada metode pengobatan dan atau obat yang benar-benar “cespleng” untuk mengobati penyakit ini secara tuntas.

Penyakit HIV/AIDS sendiri pada awalnya menjangkiti dan hanya diderita oleh orang-orang yang berperilaku seksual menyimpang. Sehingga bahkan orang-orang yang berfikiran tradisional-konvensional menyebut penyakit HIV/AIDS ini sebagai “penyakit kutukan”.
Sehingga orang-orang yang menderita penyakit HIV/AIDS (ODHA) ini disingkiri dan dikucilkan.

Namun pada perkembangan selanjutnya, penyakit mematikan ini malah dapat menyerang siapa saja.
Dan repotnya, kemudian malah menyerang para ibu rumah tangga dan atau beserta bayinya.
Bahkan diidentifikasi, “orang-orang yang tidak berdosa ” yang menderita penyakit HIV/AIDS ini jumlahnya malah lebih besar bila dibandingkan dengan “orang-orang yang berdosa”, yang memang berperilaku seksual menyimpang.
Mengingat latar belakangnya itulah, biasanya orang-orang yang terjangkiti penyakit HIV/AIDS ini kemudian lebih banyak menutup diri.
Merasa malu jika sampai diketahui oleh khayalak. Dalam hal ini termasuk dalam masalah pengobatan atau penyembuhannya.

Sebagai contoh, Pemerintah Amerika memperkirakan, terdapat sekitar 1,2 juta orang di AS yang telah terinfeksi HIV positif.
Namun sekitar 20% dari mereka bahkan tidak menyadarinya. Dan tercatat, selama dua dekade terdapat sekitar 50.000 kasus baru HIV di AS setiap tahun.
Hal inilah yang kemudian “terbaca’ oleh para ahli kesehatan dan atau para produsen alat dan obat kesehatan.

Karena itulah mereka kemudian merilis sebuah alat portable untuk mengecek HIV.

Alat tes untuk penyakit HIV/AIDS yang dinamakan “OraQuick” ini akan memungkinan setiap orang dapat melakukan tes HIV sendiri. Cara penggunaan alat portable untuk tes HIV/AIDS ini sangat mudah yaitu dengan cara mengecek ludah yang diseka dari mulut. Dan hasilnya langsung dapat diketahui dalam 20 - 40 menit kemudian.


Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) mengatakan bhawa alat tes portable tersebut akan menjangkau orang yang kemungkinan tidak pernah melakukan pemeriksaan HIV/AIDS.
Alat tes HIV portable ini diperkirakan akan dipasarkan melalui 30.000 toko obat dan peralatan rumah tangga, serta dijual melalui internet.

Perusahaan yang memproduksi alat tes HIV/AIDS portable - OraSure, memang belum mengatakan berapa harga pasti dari alat tes tersebut.
Namun mereka menyebutkan bahwa harga dari alat tes HIV/AIDS portable tersebut tidak akan lebih dari $60 atau sekitar Rp. 561 ribu.

Produsen alat tersebut, OraSure mengatakan dalam uji coba, alat tes portable tersebut dapat dengan tepat mendeteksi HIV terhadap ODHA sekitar 92%. Dan 99% akurat untuk hasil yang negatif, atau mengidentifikasi bahwa seseorang tidak mengindap virus itu.

Persetujuan untuk menjual alat tes itu mendapatkan sambutan hangat dari kelompok peduli HIV/AIds. Namun dalam pernyataan yang disampaikan, FDA menyebutkan bahwa hasil tes dengan menggunakan OraQuick mungkin tidak akurat 100%.
Dan mereka tetap mengharuskan setiap orang untuk mengkonfirmasi hasil tes kepada petugas media profesional.

Dr Jonathan Mermin, direktur unit HIV dari Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit, mengatakan bahwa orang dengan hasil tes negatif harus melakukan tes lagi setelah tiga bulan, karena dibutuhkan beberapa pekan sebelum pertahanan tubuh terhadap HIV muncul.
Namun dengan alat tes ini setidaknya dapat digunakan sebagai pendeteksi awal apakah seseorang menderita penyakit HIV/AIDS atau tidak.

Diperkirakan alat tes HIV/AIDS portable ini akan segera mulai dijual di Amerika setelah mendapatkan persetujuan dari perundang-undangan.

Lihat juga :

You may like these posts