-->

Seperti Ini Cara Merawat Rambut Sesuai Jenis Rambut dan Jenis Kulit Kepala

Sebagai wanita, ada baiknya anda tahu bagaimana cara merawat rambut sesuai dengan jenis rambut dan juga sesuai dengan jenis kulit kepala. Berikut uraiannya.

Banyak metode untuk melakukan perawatan rambut.
Jika sebelumnya telah dibahas tentang kunci utama untuk memperoleh rambut yang sehat, bahasan kali ini adalah tentang bagaimana melakukan perawatan rambut sesuai dengan jenis rambut dan jenis kulit kepala.

Salah satu kunci keberhasilan dalam perawatan rambut adalah pemilihan shampoo yang tepat.

Yaitu shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan jenis kepala.
Terlebih bagi para wanita yang aktif melakukan kegiatan harian di luar ruangan.

Beberapa wanita yang kurang peduli dalam hal ini tidak jarang mendapatkan akibat yang cukup fatal. Rambut yang semula sehat, indah berkilau, karena “nekat” menggunakan shampoo yang tidak sesuai dengan jenis rambut dan jenis kulit kepalanya, mahkota kebanggaannya menjadi rusak, kusut masai. Bahkan tidak jarang terjadi rambut rontok.
Lihat juga :
> Berapakah jumlah normal rambut rontok setiap harinya

Padahal tidak seperti jaman dulu, saat ini untuk memilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambut dan jenis kulit kepala adalah sangat mudah. Tinggal beli saja. Semua jenis shampoo untuk setiap jenis rambut telah tersedia.

Dan berikut ini adalah teknik perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan jenis kulit kepala dengan memanfaatkan masing-masing jenis shampoo :


● Jenis Rambut Normal

Jika mempunyai rambut normal seperti ini, jenis shampoo yang sesuai dengan rambut adalah shampoo yang dalam komposisinya mengandung ektrak lidah buaya, kaya vitamin C, asam Amino dan sedikit beberapa unsur mineral lainnya.
Shampoo yang mengandung bahan ini akan memperkuat rambut dan membantu pertumbuhan. Periode keramas yang dianjurkan adalah 2 sampai 3 kali setiap minggu.

● Rambut Berminyak

Untuk jenis rambut yang berminyak, shampoo yang cocok adalah yang mengandung ekstrak merang di dalamnya. Kandungan merang akan berfungsi untuk membersihkan kotoran dan lemak pada kulit kepala dan rambut.

● Rambut Kering

Untuk perawatan rambut kering sebaiknya gunakan shampoo yang mengandung ekstrak wortel yang mengandung vitamin A, Phospolipid dan Amino.
Shampoo yang mengandung unsur ini akan membantu menjaga kelembaban kulit kepala dan mencegah kekeringan pada rambut.

● Rambut Kusut

Perlakuan yang tidak tepat dapat menyebabkan rambut kusut. Untuk perawatan rambut jenis kusut ini rajin-rajinlah dalam menyisir rambut. Dan lakukan perawatan ekstra dengan memberikan pelembut rambut ( hair conditioner ).
Hair Conditioner yang sesuai dengan rambut kusut ini adalah shampoo yang mengandung ekstrak daun mangkokan, orang-aring, dan minyak cemceman. Dan digunakan setelah keramas.

● Rambut Kusam

Rambut kusam dapat dicegah dengan minyak penghitam rambut. Namun gunakan yang mengandung bahan minyak kelapa murni dan ekstrak daun mangkokan. Bahan ini dapat membantu rambut menjadi lembut dan lembab. Sebab mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut.
Untuk aplikasinya, bisa digunakan 1 jam sebelum keramas.

Disamping memperhatikan dan menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut dan jenis kepala serta cara-cara di atas, akan lebih baik jika diketahui juga tahap-tahap perawatan rambut yang baik dan benar.

Uraian singkat tentang tahap perawatan rambut yang baik dan benar berikut ini mungkin dapat lebih membantu untuk mendapatkan tata rambut yang indah dan sehat yang anda dambakan :

( Lihat juga : Tata rambut jempolan di musim hujan )

◊ Membersihkan rambut
Sebaiknya cuci rambut secara teratur minimal 2 – 3 kali dalam seminggu ( namun untuk kondisi tertentu, frekwensinya bisa ditambah ). Usahakan menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut dan jenis kulit kepala anda. Perawatan ni akan membuat rambut dan kulit kepala bersih dan sehat.

◊ Melembutkan rambut
Sebaiknya biasakan juga menggunakan pelembut rambut ( hair condirioner ). Lakukan setelah keramas

◊ Memperkuat rambut
Lakukan creambath 2 – 3 kali sebulan untuk memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan rambut. Selain itu, usahakan mengkonsumsi makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein.

◊ Menghitamkan rambut
Untuk membuat rambut hitam berkilau, gunakan minyak penghitam rambut satu jam sebelum keramas agar sarinya dapat meresap dengan baik ke dalam rambut.
Lihat juga :
> Untuk kebaikan anda, jangan keramas pada kondisi ini

You may like these posts