-->

Sudah ( Merasa ) Cantik-kah Anda Hari Ini ?

Secara konvensional, pendapat dan kriteria umum tentang kecantikan wanita sering kali didefinisikan sebagai…………… ( .…wah susah sekali mendifinisikannya… ).
Mudahnya, sebuah kecantikan wanita sering diibaratkan dan dikonotasikan sebagai boneka Barbie.
Wajah dengan bentuk dan lekuk tulang yang sempurna. Dan bentuk tubuh dan perawakan yang sempurna pula. Tentu saja, ditambah dengan kulit yang putih mulus.
Artinya, secara konvensional sebuah kecantikan lebih banyak dilihat dan dinilai dari faktor fisik belaka.

Sehingga seorang wanita yang kebetulan tidak dianugerahi dengan wajah dan tubuh yang sedemikian rupa, terlebih lagi jika tidak ada orang yang memujinya, kerap kali menganggap dirinya sebagai wanita yang tidak cantik.
Benarkah yang demikian ini ?

Banyak dari wanita yang belum menyadari bahwa pada dasarnya setiap wanita dilahirkan dalam keadaan cantik !

Tidak percaya ?
Coba perhatikan bayi-bayi wanita yang baru lahir. Adakah yang membedakannya.?
Baik yang berkulit putih, kulit hitam, kuning atau sawo matang, semuanya terlihat cantik.
Yang kemudian menjadikannya berbeda adalah pada perkembangan selanjutnya.
Dimana faktor gizi pada asupan makanan, pola hidup sehat, lingkungan sampai pendidikan, menjadikan cantik atau tidaknya seorang wanita.

Hanya saja yang menjadikan seorang wanita tidak cantik adalah karena mereka merasa bahwa dirinya sendiri memang tidak cantik. Karena mereka tidak bisa mengelola dan mengembangkannya. Karena pada dasarnya, sebuah kecantikan memang tidak harus dilihat dan dinilai dari faktor fisik belaka. Karena sebuah kecantikan tidak harus dilihat dari wajah yang rupawan saja. Karena sebuah kecantikan tidak harus dinilai dari bentuk tubuh yang tinggi semampai dan aduhai. Dan karena sebuah kecantikan tidak harus dengan modal kulit yang putih mulus belaka.

Mari lihat dan perhatikan contohnya.
Penyanyi Bjork, bintang film Sarah Jessica Parker, Hillary Swank atau Rene Zellweger, mereka dinilai dan dikategorikan sebagai wanita-wanita tercantik. Meski mempunyai bentuk dan tulang wajah yang terlihat agak “aneh”, dan bukan masuk dalam kategori rupawan.
Lalu lihat Zhang Ziyi atau para selebritis mungil Korea, yang berperawakan kecil-kecil, jauh dari kata semampai, toh mereka dinilai sebagai wanita-wanita yang cantik juga.
Atau lihat pula, top model Iman, Halle Bery atau Williams bersaudara, mereka berhasil mengokohkan diri sebagai wanita dengan kategori cantik. Meski dengan kulit yang hitam legam, bukan kulit yang putih mulus sebagaimana anggapan pada umumnya.

Contoh yang paling nyata dan sederhana adalah istri aktor William Smith. Jada Pinket Smith.
Jada pernah bercerita. Sebagai wanita berkulit hitam, pada awalnya ia merasa bahwa dirinya merupakan orang yang paling tidak cantik sedunia. Jada bahkan merasa “aneh” dengan diri dan lingkungannya.
Hingga suatu saat ia bisa menerima, bahwa seperti itulah ia apa adanya. Dan ketika ia mulai merasa nyaman dengan dirinya, secara perlahan-lahan pula ia percaya diri dengan segala yang dipunyainya. Dan ketika rasa percaya diri telah tebal menyelimutinya, dengan tanpa disadarinya aura kecantikan juga terpancar kuat dari dalam dirinya.
Dan kini, siapa yang berani mengatakan jika Jada Pinket Smith, istri dari William Smith ini bukan salah wanita cantik di dunia ?

Karena pada dasarnya, sebuah kecantikan adalah sangat luas dan relatif !


Tidak seperti penilaian konvensional dan anggapan pada umumnya, dunia kecantikan modern menilai bahwa sebuah kecantikan tidaklah hanya berdasar dari faktor fisik belaka. Dunia kecantikan modern memberi kriteria bahwa seseorang wanita “bisa” dikatakan cantik apabila ia mempunyai kepribadian, keluasan wawasan pandangan dan pendidikan, mampu menampilkan keunikan yang dimilinya, berani berkespresi dan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, sehingga aura inner beauty memancar dari dalam dirinya dan mampu mempengaruhi lingkungan di sekitarnya.

Dunia kecantikan modern mendiskripsikan bahwa seorang wanita dikatakan cantik jika ia mempunyai inner beauty, healthy dan happy.


Maka, wahai para wanita. ..
Terimalah dan syukuri apa yang telah dikaruniakan pada diri anda. Jadikan anda nyaman dengan apa yang anda punya dan gunakan sebagai modal untuk memupuk tingginya rasa percaya diri. Sehingga mampu memancarkan aura Inner Beauty, healthy dan happy, untuk mempengaruhi lingkungan di sekitar anda. Dan anda pun akan berubah menjadi wanita yang cantik. Mulai hari ini.

Maka sudahkah anda ( merasa ) cantik hari ini ?


Yang ini menarik. Jika pada umumnya orang suka melihat wanita cantik, orang ini sebaliknya :
> Caligynophobia, orang ini takut berhadapan dengan wanita cantik