-->

Wow...Mulai Ada Pergeseran Kebiasaan, Menu Alternatif Unik Untuk Hidangan Di Hari Raya


Pada minggu-minggu terakhir sebelum hari raya, para ibu rumah tangga umumnya memiliki sebuah kesibukan tambahan yang baru. Yaitu kesibukan belanja untuk kebutuhan hari raya – utamanya belanja pakain untuk anggota keluarga dan atau sanak saudara -, kesibukan mempersiapkan makanan ringan yang akan disajikan pada tamu-tamu saat hari raya, dan tidak ketinggalan adalah persiapan untuk “merancang” menu hidangan ( besar ) apa yang akan disajikan tepat di hari raya. 

Memang selama ini hari raya Iedul Fitri masih identik dengan ketupat, lontong, 
Yang secara tradisional biasanya disajikan bersama dengan opor ayam, dengan kombinasi sambal goreng. Namun berdasarkan pengamatan dari beberapa hari raya tahun-tahun sebelumnya, sepertinya masyarakat sudah mulai “agak bosan” dengan menu masakan opor ayam ini. 
Maklum saja, jaman sekarang memang sangat jauh berbeda dengan jaman dulu sekali.

Pada jaman dulu, kondisi perekonomian bangsa ini masih terbilang sangat susah. Bagi kebanyakan masyarakat umum - terutama yang di kampung dan di desa-desa -, untuk makan sehari-hari saja susah. Karena itu, tidak ada yang namanya “ menu makan apa hari ini “ ? 
Yang ada adalah harus makan seadanya. 
Bisa makan sebutir telur saja sudah merupakan sebuah menu makanan yang “mewah”, sebab tidak semua lapisan masyarakat bisa melakukannya waktu itu. 

Masyarakat baru akan menyajikan menu makanan yang “mewah” ketika tiba di hari raya. 
Sebab bagi warga Indonesia yang mayoritas beragama Islam, hari raya memang merupakan sebuah hari istimewa yang patut dirayakan, termasuk dalam hidangan makanan. 
Dan waktu itu, menu opor ayam memang sudah termasuk menu hidangan yang sangat mewah. 
Ibaratnya masyarakat umum baru “bisa” menikmati hidangan opor ayam ini hanya satu tahun sekali, yaitu ketika Hari raya Iedul Fitri. 

Namun kondisi jaman sekarang ini sudah sangat berbeda. 
Opor ayam atau menu masakan dari olahan ayam, bukan lagi merupakan menu makanan yang mewah atau istimewa. Opor ayam atau olahannya sudah merupakan menu makanan yang sudah sangat biasa. Sudah biasa dikonsumi sehari-hari atau bahkan tiap hari sekalipun. 

Karena itulah ketika hari raya Iedul Fitri tiba, masyarakat modern saat ini justru merasa sudah “bosan” dengan menu masakan opor ayam dan olahannya ini, karena saking biasanya dihidangkan hampir setiap hari. Karena itu pula mereka kemudian malah mencari menu alternatif yang unik untuk disajikan ketika tiba hari raya. Dikatakan unik, karena menu ini memang jarang dikonsumsi dalam menu hidangan sehari-hari. 

menu alternatif unik untuk hari raya

Dari hasil “nyanggong” dan ngerumpi, kini ada beberapa menu alternatif unik yang akan disajikan di hari raya. Pada hari raya sebelumnya terlihat, bukannya memasak dan menghidangkan opor ayam, melainkan malah lebih memilih menu alternatif . 
Diantaranya adalah masakan dari bebek ( biasanya bebek goreng ), enthok ( biasanya berupa swieke enthok ), burung merpati, bahkan ada pula yang memasak dan menghidangkan olahan kelinci. 

Ibu, untuk hari raya Iedul Fitri 1436 H ini mau pilih menu makanan alternatif unik apa ? 

Lihat juga : 

You may like these posts