-->

Abdominoplasty, Cara Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Kulit Perut Yang Kendur


Salah satu masalah kulit yang sangat tidak disukai oleh kaum wanita adalah “stretchmark” yang kalau dalam bahasa gampangnya adalah kondisi kulit yang menggelambir atau kendur. 
Coba tanya wanita mana saja, siapa yang mau kulit menggelambir atau kendur
Pasti jawabnya : NO WAY ! 

Terlebih lagi, kulit yang kendur menggelambir ini dapat terjadi didaerah mana saja, terutama pada bagian tabuh yang banyak menyimpan lemak, seperti perut, paha ( belakang ), pangkal tangan dan lainnya. 
Ketika kulit kendur menggelambir ini terjadi, misal di kaki, wah …rasa percaya diri bisa drop deh. 
Soalnya, kaki yang semula mulus bagai paha belalang, tiba-tiba menjadi mirip kaki alien seperti yang digambarkan di film-film, kulitnya bergelantungan. Ihh ..ngeri… 

Repotnya, masalah kulit kendur menggelambir ini sangat biasa terjadi pada kaum wanita. 
Mengapa ? 

Sebab wanita menjalani proses melahirkan. 
Bisa diamati, para wanita setelah melahirkan rata-rata akan mengalami masalah kulit kendur ini. 
Maklum saja, perut yang semula membengkak mengandung janin, dengan tiba-tiba harus kempes. Akibatnya kulit perut menjadi kendur. 
Dan jika kurang hati-hati dan sembrono melakukan perawatan kulit perut pasca melahirkan, jangan heran jika kulit perut menjadi kendur menggelambir. Selain dikarenakan hal di atas, kulit kendur menggelambir bisa terjadi dan merupakan indikasi terjadinya masalah kegemukan atau proses penuaan. 
( wanita yang kurus sangat jarang ditemui kulitnya kendur menggelambir – kecuali jika memang sudah tua ). 

Dalam budaya Jawa khususnya, sebenarnya telah dikenal dan diajarkan suatu perawatan pasca melahirkan yang salah satunya ditujukan untuk mengatasi masalah kulit perut kendur menggelambir ini. 
Contoh mudahnya adalah dengan menggunakan ramuan alami tapal perut dan setagen ( selendang yang sangat panjang untuk membebat perut). 
Namun wanita modern saat sepertinya sudah jarang melakukannya. Malas dan ribet katanya. 

Untuk mengatasi masalah kulit kendur menggelambir, wanita modern lebih memilih cara-cara yang modern pula. 
Nah, salah satu cara modern ( medis ) untuk mengatasi masalah kulit perut yang kendur menggelambir ini adalah dengan melakukan abdominoplasty. 

Apa itu abdominoplasty ? 

Abdominoplasty - operasi untuk kulit perut yang kendur

Bisa disimak penjelasan dari dr Iswinarno Doso Saputro SpBP (RE), Dokter spesialis bedah plastik estetik dan rekonstruksi, yang merupakan jebolan FK UGM dan mengambil bidang spesialisnya di FK Unair, sebagaimana dilansir dari Jawa Pos (induk JPNN). 
Menurut dr Iswinarno, masalah kulit perut yang kendur menggelambir dapat diatasi dengan melakukan abdominoplasty. Yaitu, tindakan bedah dengan mengambil bagian perut yang menggelambir. 
Abdominoplasty ini dikenal juga dengan nama tummy tuck
Abdominoplasty sangat berbeda dengan sedot lemak Liposuction . Sebab pada liposuction, lemak saja yang diambil. Sedangkan kulit perut yang menggelambir tetap ada. 

Dokter Iswinarno menerangkan, untuk melakukan abdominoplasty, prosedurnya cukup lama. 
Waktu untuk sekali operasi, durasinya bisa sampai empat jam. 
Teknik bedah yang dilakukan menggunakan Teknik bedah Lipectomy
Untuk operasi ini pasien akan dibius total. 
Kemudian saat operasi, kulit perut bagian atas pusar hingga kemaluan, dipotong kemudian dibuang. Kemudian kulit yang masih ada ditarik dan dikencangkan dengan cara menjahitnya. 
Lebar irisan bergantung panjang pinggang. 
Teknik bedah ini disebut lipectomy. 

Dikatakan pula bahwa operasi bedah tummy tuck aman untuk dilakukan. 
Dokter ini memberi bukti bukti, setelah operasi, pasien tidak akan merasakan sakit yang berlebihan. Sebab hanya kulit pada bagian luar perut saja yang diangkat. Rahim-pun tidak akan terganggu. 
Pasien bisa melakukan aktivitas dengan leluasa. Pasien juga tidak perlu lagi menjalani rawat inap. Hanya cukup sehari saja pasien bisa langsung pulang. 
Namun syaratnya, pasien harus tetap menjaga pola makannya. 

Enaknya, untuk melakukan operasi Abdominoplasty, saat ini passion tidak harus pergi ke luar negeri, sebab tindakan bedah itu bisa dilakukan di Surabaya. 
Sehingga biayanya 3 kali lipat lebih murah. Namun menurut dokter berusia 50 tahun ini, setelahnya selain menjaga pola makan, pasien juga disarankan untuk melakukan olahraga yang bisa menguatkan otot perut. Namun dilarang untuk melakukan kayang. 

Melihat hasilnya yang efektif, menurutnya tindakan Abdominoplasty sangat cocok dijalani oleh ibu-ibu terutama setelah melahirkan, sehingga kulit perutnya bisa kencang kembali. 
Namun Abdominoplasty ini juga bisa dijalani oleh pasien pria – terutama yang mengalami masalah kegemukan. 

Disarankan menyimak juga : 

You may like these posts