-->

7 Jenis Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak Anda

Tingkat kecerdasan seseorang memang berbeda-beda.
Tetapi itu tidak berarti kemampuan otak tidak bisa ditingkatkan. Sudah banyak kasus, orang yang awalnya biasa-biasa saja kemampuan otaknya, suatu saat menjadi seorang jenius luar biasa.
Albert Einsein adalah salah satu contohnya.Konon, Einstein awalnya bahkan selalu tertinggal dalam pelajaran-pelajaran sekolahnya.
Namun siapa sangka pada akhirnya ia menjadi seorang jenius yang paling terkenal sepanjang masa.

Disamping dengan melakukan beberapa metode dan latihan tertentu, salah satu cara termudah untuk meningkatkan kemampuan otak adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.

Ada beberapa jenis makanan yang telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak seseorang. 7 Jenis makanan ini bisa meningkatkan kemampuan otak anda, antara lain :

1● Dengan meningkatkan asupan air

Logikanya sangat sederhana. Otak manusia tersusun dari 80 % air.
Sehingga dengan terjadinya dehidrasi kategori ringan pada otak saja dapat meningkatkan produksi hormon stress yang dapat merusak kinerja otak.
Dan sebaliknya, ketika kebutuhan air dalam otak terpenuhi, kemampuan kerja otak juga akan meningkat.

2● Batasi asupan kalori

Ada sebuah penelitian pada hewan dan manusia yang mengindikasikan bahwa diet dengan kalori terbatas, sangat baik bagi otak dan memperpanjang usia.
Makan dalam jumlah lebih sedikit justru dapat memicu mekanisme tertentu di dalam tubuh untuk meningkatkan produksi nerve growth factors, yang bermanfaat bagi otak.
Itulah sebabnya Islam menganjurkan agar jangan terlalu banyak dalam makan.
Dan puasa, adalah salah satu cara untuk membatasi jumlah makanan.

3● Perbanyak konsumsi ikan, minyak ikan, dan DHA – salah satu bentuk Asam lemak Omega -3.

Penelitian dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa melakukan diet yang kaya akan Asam Lemak Omega 3, sangat membantu meningkatkan keseimbangan emosional dan mood yang sehat. DHA merupakan komponen utama dari deretan dendrite otak.

4● Perbanyak mengkonsumsi makanan sumber antioksidan ( vitamin C dan E )

Sejumlah penelitian lain telah menunjukkan juga bahwa asupan antioksidan dari buah dan sayur secara significant akan mengurangi penurunan kemampuan kognitif.

5● Perbanyak mengkonsumsi protein, lemak baik, dan karbohidrat dalam porsi yang berimbang.

Mengkonsumsi bahan makanan ini dalam porsi yang berimbang terbukti sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak.

6● Masukkan 24 bahan pangan sehat dalam diet harian.

Ke 24 bahan pangan tersebut adalah : sumber protein ( ikan : salmon, tuna, mackerel, unggas : kalkun tanpa kulit, daging merah,sapi, telur, tahu dan produk olahan kedelai, susu dan produk olahannya, biji-bijian, kacang-kacangan, karbohidrat kompleks, bery-beryan : blueberry, raspberry, strawberry, blackberry, jeruk, buah ersik, labu, brokoli, gandum, lada merah, bayam, tomat, ubi jalar, lemak : avokat, minyak zaitun dan buahnya, serta cairan : air, the hijau atau hitam.

7● Sebaiknya mengkonsumsi camilan yang rendah kalori.

Apabila suka mengkonsumsi camilan, selalu pilih camilan yang rendah kalori. Sebab hal ini sangat bagus untuk meningktkan kemapuan otak.

Itulah cara termudah untuk meningkatkan kemampuan kerja otak. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Kemampuan otak yang meningkat ini tentu saja sangat penting, sebab dalam bahasa sederhananya, jika kemampuan otak meningkat, seseorang lebih berpotensi untuk menjadi lebih pintar.

Disarankan untuk menyimak juga :

You may like these posts