-->

5 Cara Sehat Menjaga Kulit Dari Terpaan Sinar Matahari


Sinar matahari memang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan terkadang ada manfaat sinar matahari yang ternyata belum diketahui secara umum. 
Misalnya seperti yang di bawah ini : 

Namun dalam batas dan jumlah tertentu, paparan sinar matahari juga tidak bagus bagi kesehatan. 
Terutama untuk masalah kecantikan. Sebab paparan sinar matahari juga dapat mempercepat proses penuaan dini atau bahkan menjadi pemicu terjadinya kanker kulit. 
Terlebih lagi bagi masyarakat Indonesia yang memang hidup di iklim tropis, dimana sinar matahari terpancar melimpah ruah. Karena itulah para wanita sebaiknya pandai-pandai mensiasati hal ini. 

Agar bisa memperoleh manfaat sinar matahari seoptimal mungkin dan di satu sisi dapat menghindari efek negatif sinar matahari seminimal mungkin, ada baiknya jika menyimak 5 Cara Sehat Menjaga Kulit Dari Terpaan Sinar Matahari, yang berikut ini : 

1. Menggunakan Tabir Surya 
Sering kali karena beberapa sebab, anda lupa menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar rumah. Atau malah memang malas menggunakannya. 
Padahal untuk kesehatan dan perawatan kulit wanita, tabir surya “wajib” dipakai saat beraktivitas di luar rumah, terutama pada saat musim panas. 
Terpaan sinar matahari ditengarai menjadi salah satu penyebab terjadinya peradangan kulit dan pembentukan jerawat batu. 
Oleh karena itu pula dokter kulit biasanya mewajibkan penggunaan tabir surya bagi yang memiliki kulit berjerawat. Banyak sekali produk pelindung sinar matahari atau tabir surya yang bisa digunakan. Namun sebaiknya pilih yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit masing-masing. 
Lihat juga : 

2. Hindari pemakaian makeup yang tebal 
Terkadang ada salah kaprah, untuk melindungi wajah dari sinar matahari, digunakan make up yang tebal. Padahal yang sebenarnya, pemakaian makeup tebal justru akan menghambat kulit untuk bisa “bernafas” dengan baik, dan juga akan menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak. 
Untuk beraktivitas di luar ruangan, terutama di bawah terpaan sinar matahari, sebaiknya gunakan saja make up minimalis. 
Namun agar bisa tetap tampil prima, bisa digunakan pelembab yang mengandung SPF yang sesuai dengan bedak tabur ringan. Kemudian bisa digunakan trik dengan pemakaian lipstik yang berani, merah menyala misal atau dengan eyeshadow yang berwarna terang, sehingga terlihat lebih segar dan menawan. 

3. Penggunaan Lipbalm atau pelembab bibir 
Prinsipnya sama dengan kulit, bibir juga butuh perlindungan dari sinar matahari terutama saat musim panas. Untuk menghindari agar kulit bibir dari masalah kering dan pecah-pecah, sebaiknya gunakan lipbalm dengan kandungan alami. 
Dan sebaiknya gunakan produk lipbalm yang juga mengandung SPF, sehingga kulit bibir juga dapat terhindar dari efek penuaan dan warna bibir menghitam akibat terpaan sinar matahari. 

4. Menggunakan masker 
Disamping upaya-upaya untuk menjaga dan pencegahan seperti di atas, agar kulit dapat tetap terjaga kesegaran dan keindahannya perlu juga diimbangi dengan perawatan. 
Salah satu perawatan kulit yang cukup mudah dan murah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan masker wajah. 
Agar kulit terhindar dari masalah, sangat disarankan untuk –rajin rajin menggunakan masker wajah saat rehat di rumah. Anda bisa gunakan produk tertentu atau bahkan dengan membuatnya sendiri. 
Yang terpenting adalah disarankan, kandungan produk masker memiliki fungsi untuk menetralkan kulit dari sengatan matahari, dan memiliki kandungan air yang lebih banyak. 
Masker yang disarankan adalah masker yang mengandung aloe vera, timun, strawberry, ataupun pepaya. 

5. Hati-hati melakukan Tanning 
Ada sebuah trend kecantikan populer yang berkembang, yaitu “menggelapkan ( mencoklatkan) kulit” atau tanning. Terutama dilakukan oleh para selebritis. 
Sebab ada pandangan bahwa kulit coklat adalah eksotis. 
Karena itulah kaum wanita kemudian rame-rame ikut berjemur di bawah sinar matahari atau kerennya Sun Bathing. Tidak ada yang salah dengan trend dan pandangan ini. 
Namun tidak sepenuhnya benar, terutama bagi wanita Indonesia. Jadi sebaiknya hati-hati ketika mengikuti trend sun bathing ini. 
Beda dengan orang Eropa, wanita Indonesia secara alami sudah berkulit coklat. 
Sehingga ketika melakukan “tanning” secara sembrono, tidak mustahil jika kulit malah menjadi lebih gelap atau gosong. 
Karena itu beberapa ahli ada yang menyarankan untuk menghindari cara ini. 
Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari pada porsi tertentu juga bisa merusak lapisan sel akibat gelombang panas yang terjadi karena pemanasan global. 
Selain itu, kulit juga akan lebih rentan terhadap resiko kanker kulit.

You may like these posts