-->

4 Faktor Utama Untuk Pemilihan Tabir Surya dan Rumus Perhitungan SPF

Pilih Tabir Surya Ngawur, Kulit Jadi Amburadul ( Rumus SPF )
Dewasa ini, nampaknya wanita Indonesia sudah begitu akrab dengan apa itu Sunscreen Lotion atau Sun Block, yang kalau dipadan kata- kan menjadi tabir surya.
Entah karena sebuah kebutuhan atau karena ikut-ikutan. Yang jelas, begitu mau keluar rumah, apapun cuacanya dan entah berapa lama waktunya, tidak ketinggalan tabir suryanya. Biar kulit tetap putih, katanya.

Nah, disini terkadang timbul sedikit kerancuan, entah karena kurang informasi atau memang karena ketidak tahuan. Sunscreen Lotion atau Sun Block atau tabir surya sebenarnya tidak bisa membuat kulit menjadi putih. 

Memang produk tabir surya ini awalnya muncul dan digunakan pada orang-orang yang berkulit putih ( orang manca ), sebab orang yang kulit putih memang kulitnya cenderung lebih mudah terbakar oleh sinar matahari dibandingkan dengan orang yang berkulit berwarna, karena faktor genetik kulit bawaannya. 

Tabir surya pada dasarnya “hanyalah” diciptakan untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, khususnya paparan sinar ultra violet ( UV). Efek dari paparan UV yang berlebihan dapat menimbulkan kerusakan dan “efek terbakar” pada kulit, sehingga akan mempercepat proses penuaan kulit.

Lihat juga :
> Rasullullah ternyata telah ajarkan cara cegah penuaan dini

Sedangkan tujuan paling mendasar dengan penggunaan tabir surya guna menghalangi paparan UV ini adalah untuk mencegah timbulnya kanker kulit. 

( Makanya kalau sempat nonton film-film horor, tabir surya ini umumnya sering digunakan para vampire agar tidak terbakar musnah oleh sinar matahari ). 

Oleh sebab itu, pada produk tabir surya, selalu ditandai dengan SPF. Hanya saja terkadang pula banyak wanita yang “semena-mena” memilih angka SPF nya. Tanpa ( maaf ) mengetahui arti dan manfaatnya. 

Semakin tinggi SPF berarti semakin bagus, pikirnya. SPF ( Sun Protection Factor ) ini adalah indikator yang menunjukkan lamanya tingkat perlindungan produk tabir surya terhadap kulit. Semakin tinggi angka SPF-nya, maka akan makin lama pula perlindungan yang didapat dari sengatan sinar matahari. 

Sebagai contoh, produk tabir surya dengan 15 SPF, artinya produk tersebut akan mampu memberi perlindungan terhadap paparan sinar matahari selama 225 menit. 
Bila memilih 30 SPF, artinya anda aman dari paparan sinar matahari selama 450 menit. 

Bagaimana Rumus perhitungan SPF-nya ?
Sebenarnya sangat sederhana. 

cara memilih tabir surya

Nilai SPF yang tertera tinggal dikalikan dengan 15 menit. Hasil perkalian yang didapat menunjukkan selama itulah produk tabir surya mampu memberikan perlindungan maksimal pada kulit pemakainya. 

Tapi mengapa 15 menit ? 

Sebab berdasarkan hasil penelitian daya tahan seseorang terpapar sinar matahari tanpa memakai produk pelindung kulit, rata-rata hanya 15 menit. 

Oleh sebab itu memilih produk Sunblock atau Sunscreen atau tabir surya sebenarnya tidak boleh sembarangan. Karena jika memilih secara ngawur, kulit anda justru jadi amburadul. 
Dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini mungkin dapat membantu anda untuk memilih produk tabir surya yang baik dan benar. 4 Faktor Utama Untuk Pemilihan Tabir Surya adalah :

1• Properti fisik 
Sebaiknya pilih produk dengan properti fisik water proof ( tahan air ). Sebab tabir surya memang digunakan ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Memilih produk yang water proof akan mencegah tabir surya larut ketika berkeringat. 

2• Ekonomi 
Faktor ekonomi juga sangat penting. Pertimbangkan secara benar apa yang dibutuhkan dan harga yang ditawarkan. 

3• Efikasi 
Efikasi adalah kemampuan produk tabir surya dalam melindungi kulit terhadap bahaya sinar UV. Pada saat membeli telitilah label, apakah produk mampu melindungi dari UV A dan UV B, atau hanya salah satunya. Agar efektif, sebaiknya pilih tabir surya yang memiliki efikasi untuk keduanya. Efikasi juga meliputi tingkat SPF. Bila tidak terlalu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, memilih produk denan SPF 15 sebenarnya sudah cukup. 

4• Subyektivitas 
Subyektivitas adalah kenyamanan ketika menggunakan produk ini. Ini perlu sebab umumnya produk harus diaplikasikan sekitar 2 sampai 3 jam sekali. Untuk itu harus diperhatikan apakah aman digunakan, nyaman dan tidak lengket di kulit.

Sebaiknya lihat juga :
> Berdandanlah seperti ini, maka anda akan tampak lebih tua

You may like these posts