-->

Dampak Flu Saat Hamil. Bisa Sebabkan Gangguan Bipolar Pada Bayi


Bagi masyarakat pada umumnya, penyakit flu masih dianggap sebagai “penyakit yang biasa”. Keluhan yang terasa paling-paling, badan terasa meriang. Istirahat sebentar nanti sembuh sendiri. Demikian anggapan umumnya. 

Namun ( sebenarnya ) jangan sembarangan dalam menyikapi penyakit flu ini. 
Terutama pada ibu yang sedang hamil. 
Sebab menurut penelitan para ahli, mengidap Flu selama masa kehamilan ternyata dapat meningkatkan terjadinya resiko janin yang menderita gangguan bipolar di kemudian hari. 

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Columbia University Medical Center, yang dipimpin oleh Prof Alan Brown dengan melibatkan 814 orang wanita hamil. 
Hasil penelitian ini kemudian diterbitkan di JAMA Psychiatry. 
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penyakit flu ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan bipolar 4 kali lipat. 

Gangguan bipolar sendiri dapat menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati secara intensif, yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan. 
Dengan kondisi hati yang bervariasi, mulai dari depresi, putus asa hingga perasaan sangat bahagia. Para peneliti mengidentifikasikan bahwa kondisi emosi yang biasa dialami pada akhir usia remaja dan awal 20-an ternyata juga dialami di dalam kandungan. Dan kondisi seperti ini dapat terjadi pada 1 dari setiap 100 orang. 

Prof Alan Brown memperkirakan bahwa infeksi influenza selama kehamilan dapat meningkatkan potensi gangguan bipolar sebesar 3-4% terhadap si cabang bayi. 
Temuan ini mengingatkan pada temuan serupa sebelumnya mengenai adanya keterkaitan antara flu dengan schizophrenia. 
Menurut Prof Brown, resikonya memang sangat kecil, sehingga ia mengatakan bahwa para perempuan tidak usah khawatir. 
"Kemungkinannya cukup kecil. Saya rasa tidak perlu memperingatkan para ibu," kata Prof Brown. 

Namun demikian menurutnya, melakukan vaksinasi flu musiman, yang dianjurkan bagi para perempuan hamil di banyak negara, akan memperkecil kemungkinan tertularnya flu tersebut. 
Namun tentang bagaimana pengaruh flu pada ibu hamil terhadap otak janin belum dapat dijelaskan secara lebih terinci. 
Para ahli memperkirakan bahwa penyakit Influenza tidak akan menginfeksi janin secara langsung. Namun respon kekebalan tubuh ibu terhadap virus dapat mempengaruhi terjadinya gangguan ini. 

Lihat juga : 

You may like these posts