-->

Bila Terpaksa, Makanan Kadaluwarsa Yang Ini Masih Bisa Dikonsumsi


Dewasa ini, dengan alasan kemudahan dan kepraktisan, hampir semua jenis makanan didistribusikan dan dijual dalam bentuk kemasan. Namun karena semua jenis bahan pangan pasti mengalami masa pelapukan dan pembusukan, maka pada bahan makanan dalam kemasan selalu dibatasi dengan masa kadaluwarsa. Masing-masing jenis bahan makanan memiliki masa kadaluwarsa yang berbeda. 
Namun pada intinya pencantuman masa kadaluwarsa adalah untuk memberikan informasi kepada konsumen bahwa bahan makanan tersebut tidak untuk dikonsumsi. 
Lihat juga : 

Sehingga ketika “menemukan” bahan makanan yang sudah kadaluwarsa, sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi. Namun demikian memang ada beberapa bahan makanan yang memiliki “daya tahan lebih”.Artinya meski bahan makanan ini sudah memasuki masa kadaluwarsa, bahan makanan ini “masih bisa “ dikonsumsi. 
Namun mengkonsumsi makanan yang seperti ini hanya bisa dilakukan ketika kondisinya terpaksa. Tidak disarankan dalam kondisi yang normal. 
Dan berikut adalah beberapa bahan makanan kadaluwarsa yang masih bisa dikonsumsi

1. Ayam beku 
Meski sudah memasuki kadaluwarsa, daging ayam yang dibekukan sebenarnya masih bisa dikonsumsi. Selama kondisi bekunya tidak berubah. Meski masa kadaluwarsanya telah lewat 1 bulan. 
Anda bisa memasaknya seperti memasak ayam biasa tanpa adanya perlakuan khusus pada ayam beku tersebut. 

2. Keripik dalam kemasan 
Pada keripik kemasan biasanya selalu mengandung bahan pengawet. Disamping itu kondisinya yang kering dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Karena itu keripik kemasan masih bisa dikonsumsi meski sudah melewati tanggal kadaluwarsanya, selama belum tercium bau tengik. 

3. Minuman bersoda 
Dalam minuman bersoda umumnya juga memiliki kandungan bahan aditif ( kimia ) yang berfungsi sebagai pengawet. Karena itu selama botol kemasannya tidak rusak, penyok atau menggembung, minuman ini masih bisa dikonsumsi hingga 9 bulan setelah masa kadaluwarsanya. 

4. Mentega 
Mentega merupakan produk olahan lanjut dari susu. Sehingga mentega sudah memiliki sifat fisik dan sifat kimia yang berbeda dengan susu. Mentega tidak cepat basi layaknya susu. 
Selama bungkus kemasan belum terbuka atau tidak terkena udara luar, atau tidak berbau tengik, mentega masih bisa dikonsumsi meski telah lewat masa kadaluwarsanya. 

5. Sereal 
Selama bungkus kemasan tertutup rapat, sereal masih bisa dikonsumsi meski masa berlakunya sudah lewat 1 bulan. 

Itulah beberapa bahan makanan yang masih bisa dikonsumsi meski sudah lewat masa kadaluwarsanya. Namun sekali lagi mengkonsumsi bahan makanan seperti ini tidak disarankan. 
Dan hanya bisa dilakukan apabila kondisinya memang sangat memaksa.

You may like these posts