-->

Banyak Begadang Bisa OON ? Apa Sebenarnya Dampak Buruk Dari Begadang ?

Ada yang tahu atau masih ingat bukan, lagunya Bang Haji Rhoma Irama yang pernah menjadi salah satu hit ( waktu itu ) yang berjudul “Begadang” ? Yang bahkan kemudian di buat filmnya ? 

…………………… 
Bila terlalu banyak begadang 
muka pucat karena darah berkurang, 
Bila sering kena angin malam 
segala penyakit akan mudah datang, 
Karena itu jangan begadang……. 

Tapi, sebenarnya apa saja sih sebenarnya dampak buruk dari begadang ? Hingga Bang Haji mengangkatnya menjadi sebuah lagu ? 

Ini dia beberapa dampak buruk akibat terlalu banyak begadang

Bangun tidur dalam keadaan masih mengantuk dan loyo 
Jelas, karena dengan begadang, berarti tubuh kurang tidur. Akibatnya, badan akan terasa loyo dan sakit semua. Sebab tubuh tidak mengalami siklus tidur yang baik. 
Idealnya rata-rata orang butuh waktu tidur selama 6 – 8 jam sehari. 
Untuk dapat bangun dengan badan sehat dan segar, selama waktu tidur tersebut, tubuh akan melakukan 4 siklus tidur , yaitu : 
- fase tetha 
- fase sleep spindles 
- fase delta 
- dan REM ( Rapid Eye Movement
Dan agar siklus sempurna semua fase akan berulang setiap 45 menit selama tidur. 

Mudah merasa gampang, marah, uring-uringan bahkan stress 
Ketika kurang tidur maka tubuh memicu mengeluarkan sebuah hormon stressor yang disebut dengan Kortisol
Dalam jumlah yang tepat, hormon ini memang sangat dibutuhkan tubuh untuk menyiapkan tubuh ketika menghadapi hal-hal yang darurat, memacu adrenalin, mobilisasi lemak, karbohidrat dan protein, sehingga tubuh mempunyai energi yang “siap tempur”. 
Namun dalam jumlah besar - karena kurang tidur akibat begadang – hormon stressor ini justru akan memicu timbulnya bad mood dan menekan imunitas tubuh. 
Lihat juga : 

Rentan terhadap serangan jantung dan stroke 
Dampak lain dari hormon kortisol yang berlebih adalah mendorong terjadinya inflamasi tubuh, meningkatnya tekanan darah, dan resiko penyakit jantung., sampai stroke. 
Menurut sebuah penelitian, tidur kurang dari 6 jam sehari akan meningkatkan resiko serangan jantung ( yang bisa berakibat kematian ) sebanyak 48 % dan resiko terkena stroke sebesar 15 %. 

Daya kekebalan tubuh akan turun 
Pada saat tidur, tubuh akan memproduksi gelombang delta ( deep sleep), imbasnya tubuh kemudian memproduksi immunoglobulin yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh dan memperbaiki sel yang rusak, Kurang tidur produksi immunoglobulin akan menurun hingga daya tahan tubuh juga turun. 
Tidur ibaratnya men-charge sebuah baterai. 

Kurang tidur bisa menyebabkan “O’ON” 
Mengapa ? 
Sebab pada saat tidur atau ketika otak memproduksi gelombang delta, pada saat ini pula otak akan menyimpan memori, baik memori jangka pendek atau panjang. 
Jika kurang tidur, maka berarti memori yang tersimpan juga berkurang, sehingga akan menyebabkan penurunan daya konsentrasi dan penurunan daya ingat alias “O’ON”. 

Karena itu jangan begadang. 
Jangan begadang setiap malam…..

You may like these posts