-->

5 Rumus Ajaib Untuk Memilih Tabir Surya


Anda, pasti sudah sangat familiar dengan apa itu tabir surya atau sun screen protection dan tentu saja dengan SPF-nya. 
Tapi sudah “benarkah” tabir surya pilihan anda ? 
Sudah tepatkah factor pilihan anda ? 

Untuk itu ada baiknya jika anda tahu 5 Rumus Ajaib Untuk memilih Tabir Surya

Rumus Tabir surya = SPF + PA + Broad Spectrum + Antioksidan + Tenggat Waktu 

1. SPF 
Salah satu yang khas dari tabir surya adalah SPF. SPF adalah singkatan dari Sun Proof Protection, yaitu sebuah standard internasional untuk mengukur potensi perlindungan tabir surya pada kulit dan seberapa baik tabir surya memantulkan sinar Ultra Violet B ( UVB ). 
Dan semua pasti sudah tahu jika sinar ultra violet ( UV ) ini dalam takaran tertentu dapat merusak kulit, mempercepat proses penuaan dini, bahkan dapat memicu timbulnya kanker. Namun untuk ultra violet A ( UVA ), sampai saat ini belum ada perlindungan standard untuknya. 

Biasanya SPF diikuti dengan sebuah angka, misalnya SPF-15. 
Tentang angka di belakang SPF ini , repotnya ada yang berfikir, semakin tinggi angka di belakang kode SPF, maka akan semakin bagus pula tabir surya. 
Padahal angka di belakang SPF ini sebenarnya tidak terkait sekali dengan masalah “bagus” atau “tidak”. Angka di belakang SPF menunjukkan rentang waktu perlindungan yang bisa diberikan oleh tabir surya untuk menehan radiasi sinar (UV) matahari. 

Jadi sebuah tabir surya diberi kode SPF-15, itu artinya krim tabir surya yang anda pilih akan mampu melindungi kulit dari terpaan UV selama 15 menit. 

Sebenarnya, selain waktu, ada hal lain yang patut diperhitungkan, Misalnya, di lokasi mana anda akan beraktivitas. 
Jika anda banyak beraktivitas dalam ruangan, maka tabir surya dengan SPF-15 sudah cukup bagi anda. 
Namun jika anda termasuk orang yang mobil, banyak beraktivitas di luar ruanga, sebaiknya anda memilih tabir surya dengan nilai SPF yang lebih besar dari itu. 

2. PA 
PA, merupakan singkatan dari Protection Grade of UV-A. 
PA merupakan perlindungan terhadap radiasi sinar UV-A. 
Untuk PA biasanya diikuti dengan lambing plus (+). 
Semakin banyak tanda (+) nya maka akan semakin lama tabir surya mampu melindungi dari paparan UV-A. 

3. Broad Spectrum 
Broad Spectrum, bermakna bahwa tabir surya mampu melindungi kultd dari 2 jenis ultra violet sekaligus, yaitu UV-A dan UV-B. 
Kendati mampu melindungi dari kedua UV, sebaiknya anda memperhatikan angka di belakang SPF, dan juga kode (+) di belakang PA, untuk menyesuaikan kemampuan krim yang anda pilih dengan aktivitas yang akan anda lakukan. 

4. Antioksidan. 
Sebaiknya gunakan tabir surya yang mengandung antioksidan. Sebab antioksidan berfungsi untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit. 
Selain anti oksidan, anda juga lebih disarankan untuk memilih tabir surya yang berbahan alami. Dengan demikian anda bisa meminimalkan dampak buruk yang mungkin ditimbulkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam tabir surya. 

5. Periksa tenggat waktu tabir surya dan cara penggunaannya. 
Meski sudah “menguasai” keempatnya, itu masih belum cukup. 
Masih ada satu rumus ajaib lagi. Yaitu, selalu periksa tenggat pakai ( masa kadaluwarsa ) dan cara pakainya. 
Tujuannya ? 
Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari tabir surya pilihan anda. Jangan sampai anda memilih tabir surya yang telah kadaluwarsa, sehingga malah berbahaya bagi kesehatan kulit anda. 
Dan jangan pula sampai terlewatkan : 

You may like these posts