-->

Cara Mudah Menghitung Tanggal Persalinan Dengan Menggunakan Tabel Persalinan

Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat memberikan banyak kemudahan. Dalam hal ini termasuk dalam ilmu pengetahuan dalam bidang medis dan kedokteran.
Dengan ilmu pengetahuan modern, seorang dokter telah dapat menentukan terjadinya kehamilan.
Lalu melalui pemeriksaan USG, seorang dokter juga dapat memperkirakan kondisi dan jenis kelamin sang bayi yang dikandung oleh ibu hamil.
Dan dengan ilmu pengetahuan kedokeran modern pula, seorang ibu dapat diperkirakan kapan akan terjadinya waktu persalinan.

Karena itulah terkadang calon ibu muda terkadang merasa “keenakan” ketika mereka mengalami kehamilan dan bersiap menyambut persalinan.
Karena semua telah tertangani oleh dokter sehingga bahkan tidak sedikit para calon ibu muda yang tidak tahu kapan bayi yang ada dalam kandungannya akan mengalami persalinan.
Terlebih rasa “keenakan” tidak mengetahui kapan perkiraan terjadinya waktu persalinan ini sedikit sekali yang berakibat sangat fatal ( sebab biasanya cepat tertolong ).

Namun karena ketidak tahuan kapan jatuhnya waktu persalinan ini, terkadang menimbulkan persitiwa yang cukup merepotkan.
Misalnya, terjadi persalinan di tempat kerja, atau bahkan terjadi persalinan ketika sedang berada di jalan. Tanpa mengecilkan arti dari kerja seorang dokter, untuk memperkirakan kapan terjadinya waktu persalinan ini sebenarnya tidak susah-susah amat.

Secara tradisional, para nenek moyang kita sebenarnya telah mengajarkan tentang bagaimana cara termudah untuk memperkirakan terjadinya persalinan. Secara tradisional, untuk memperkirakan kapan tanggal persalinan dapat dilakukan dengan 2 cara :

1. Dengan mengetahui kapan tanggal hari pertama haid yang terakhir.

Dalam hal ini, calon ibu harus ingat pasti, kapan hari pertama tanggal haid yang terakhir dialaminya. Kemudian untuk memperkirakan tanggal persalinan sang jabang bayi dapat dihitung dengan cara penjumlahan.
Untuk cara detilnya dapat dilihat pada :

2. Memperkirakan tanggal persalinan dengan menggunakan table persalinan

Namun beda dengan jaman dulu, para calon ibu sekarang sepertinya “malas” jika harus disuruh berhitung-hitung seperti itu. Nah bagi calon ibu yang “cukup malas” untuk memperkirakan tanggal persalinan sang jabang bayi dapat juga digunakan Tabel Persalinan.
Tabel Persalinan

Anda bisa coba gunakan tabel persalinan di bawah, caranya :

- Cari tanggal hari pertama haid yang terakhir Anda pada baris berwarna putih.
- Lihat angka pada baris berwarna gelap tepat di bawahnya.
Tanggal itulah perkiraan persalinan anda.
Sebagai contoh : Apabila diketahui hari pertama haid yang terakhir jatuh pada tanggal 3 Februari, maka perkiraan persalinan akan terjadi pada tanggal 10 November.
Dan seterusnya.

You may like these posts