-->

Resep Kolak Pisang Bening Istimewa Untuk Berbuka Puasa

Kalau dipikir-pikir, “kebiasaan” para wanita memang sedikit agak aneh.
Maksudnya, setiap memasuki dan atau ketika tengah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, salah satu topik pembicaraan yang menjadi selalu hangat justru malah membahas soal makanan.
Bahkan jenis-jenis makanan yang tidak pernah diomongkan di hari-hari biasa, bisa saja muncul ketika di bulan puasa.

Dengan membahas berbagai macam makanan di bulan puasa, para wanita sepertinya ingin mempersiapkan menu berbuka puasa secara lebih istimewa ( atau mungkin hanya untuk “membunuh “ waktu saja ?).
Nah, jika tujuannya untuk mempersiapkan menu berbuka puasa yang istimewa, maka sebaiknya jangan ketinggalan sajian yang istimewa ini pula. Yaitu kolak pisang bening istimewa.
Anda semua pasti sudah kenal dengan apa itu kolak.
Sebab makanan (selingan) yang umumnya dibuat dari pisang atau ubi yang direbus dengan santan dan gula aren ini, memang makanan khas Indonesia. Yang tepatnya berasal dari Jawa Barat.

Bahkan, karena begitu populernya makanan kolak ini di berbagai masyarakat Indonesia, maka muncul begitu banyak variasi kolak. Kalau dihitung-hitung, bahkan sampai ada sekitar 20 jenis variasi kolak.

Mulai dari Kolak pisang itu sendiri, lalu Kolak candil ketan, Kolak labu, Kolak ubi jalar, Kolak durian, Kolak kolang kaling, Kolak singkong, Kolak apel, Kolak es kacang hijau, Kolak cendol ubi, Kolak biji salak ubi ungu, Kolak ketan kelapa muda, Kolak bola pelangi, Kolak sagu mutiara, Kolak pisang ijo, Kolak pisang coklat, Kolak paris, Kolak tapai mutiara, Kolak es havermunt pisang sampai Kolak puding.

Jika begitu banyak variasi jenis kolak, lalu, apa istimewanya kolak pisang bening ini ?
Kolak Pisang Bening atau terkadang disebut dengan Setup Pisang adalah salah satu jenis kolak – yang sesuai dengan namanya – bersifat bening, karena memang tidak mengandung santan seperti beberapa jenis kolak lainnya.

Kolak pisang bening ini biasanya terbuat dari pisang, kolang kaling, cengkeh, kayu manis,vanili, gula dan sedikit garam. Yang bisa disajikan hangat- hangat ataupun disajikan dingin bersama es batu ataupun es serut. Kolak pisang bening menjadi beda dengan kolak biasa, karena sifat, bahan yang digunakan, serta cara penyajiannya.
Dan yang menjadikannya istimewa, adalah cita rasanya. Ada rasa manis, gurih, asin dan segar yang luar biasa.

Itulah sebabnya pula, kolak pisang bening juga sangat cocok dijadikan sajian di kala berbuka puasa. Karena tidak mengandung santan, maka akan mudah dicerna meski disantap di waktu pertama.

Terlebih dengan kesegarannya akan menghilangkan segala dahaga dikala berbuka puasa.

● Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolak pisang bening istimewa adalah :

Pisang ( sebaiknya pilih Pisang Sanggar yang tidak terlalu matang ), Gula Pasir, Kayu Manis, Cengkeh, Kolang Kaling, Vanili, Garam dan atau Es Batu atau es Serut.

● Bagaimana Resep dan cara Membuat kolak pisang bening istimewa ?

- Siapkan kurang lebih 1 kilogram Pisang yang dipotong berbentuk serong
Bisa digunakan bisa memakai pisang tanduk, pisang kepok, pisang raja.
Tapi untuk kolak bening, lebih cocok digunakan pisang sanggar. Dan sebaiknya pilih yang tidak terlalu tua.
- Rebus dalam 1 liter air bersama 1 ons kolang-kaling kayu manis dan cengkeh secukupnya
- Tambahkan 2 ons gula pasir, vanili, dan garam secukupnya.
( Anda juga bisa menambahkan beberapa lembar daun pandan, jika menginginkan aroma yang lebih wangi ). - Rebus sampai matang ( sesuai selera ) atau mendidih
- Hanya saja usahakan jangan sampai terlalu lunak
- Setelah matang, angkat dan siap disajikan.

● Cara Penyajian kolak pisang bening istimewa

Kolak pisang bening ini dapat disajikan sesuai selera. Bisa disajikan dalam kondisi hangat ataupun dalam kondisi dingin dengan tambahan es batu atau es serut.
Namun untuk hidangan berbuka puasa sebaiknya disajikan dalam kondisi hangat suam-suam kuku, untuk menyesuaikan suhu tubuh orang yang berpuasa.
Meski tanpa es tidak kurang kesegarannya.
Dan setelah makan besar, mungkin bisa disajikan lebih segar dengan es batu atau es serut.
Segarrrr. Istimewa.

Ingin menu istimewa lainnya ? Simak juga :

You may like these posts