-->

Tahu ? Mencabuti Uban Tidak Akan Menyebabkan Rambut Cepat Putih

Disamping kerontokan, masalah lain yang paling sering terjadi pada rambut adalah masalah timbulnya uban. Uban – sebagaimana diketahui – adalah kondisi rambut yang berwarna putih atau memutih.

Bisa terjadi pada sebagian buku rambut ataupun hanya sebagian pada bulu rambut.
Simak juga :

Rambut yang beruban dapat terjadi pada siapa saja. Pria dan wanita.

Umumnya adalah mereka yang telah berusia cukup.
Meski kata “cukup” ini selalu berbeda-beda untuk setiap orangnya.
Sebab ada orang yang baru beruban ketika usianya telah menginjak 60 tahun atau ke atas.
Namun ada juga yang rambutnya sudah beruban ketika “baru” berusia 40 – 50 tahunan.
Bahkan – yang terkadang membuat banyak orang heran – rambut yang beruban dapat juga ditemukan pada remaja berumur belasan tahun.

Hal ini bisa saja terjadi, karena hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang beruban memang banyak sekali. Mulai dari faktor bawaan (genetis), karena pola dan gaya hidup, makanan yang dikonsumsi sampai pada penyebab yang alami.

Meski diinjau dari segi kesehatan uban ini tidak mengganggu namun dilihat dari segi penampilan, mayoritas orang merasa tidak suka jika pada rambutnya tampak uban.
Sebab hal itu menandakan seseorang telah tua. Padahal setiap orang pada umumnya selalu ingin tampil dan menjadi muda. Berapapun umurnya.

Pada saat ini, tindakan yang paling sering dilakukan untuk mengatasi masalah rambut yang beruban adalah dengan menyemir rambut.
Namun tindakan menyemir rambut memang bukan untuk mengatasi masalah uban secara permanen, tapi hanya sebatas memanipulasi warnanya agar tidak tampak putih lagi.
Dan juga ada batasan bagi orang muslim, sebab tidak boleh menyemir rambut dengan warna hitam.
Sedangkan pada umumnya, orang yang rambutnya beruban – terutama para orang tua - kurang menyukai warna selain hitam.
Disarankan untuk menyimak juga :

Itulah sebabnya pada jaman dulu sering ditemui kegiatan mencabut uban.
Namun uniknya, malah muncul mitos berkembang tentang mencabut uban.
Mitosnya adalah, bila pada rambut telah muncul uban sebaiknya jangan dicabut.
Sebab dengan mencabut rambut yang telah beruban justru akan menyebabkan pertumbuhan uban lebih cepat lagi sehingga mayoritas rambut lebih cepat menjadi putih.

Benarkah demikian ?

Apakah jika mencabuti uban menjadikan rambut malah cepat jadi memutih ?

Faktanya, rambut yang menjadi putih atau memutihnya rambut atau uban pada dasarnya adalah sebagian dari sebuah proses penuaan alami.

Karena merupakan sebuah proses alami maka setiap orang akan mengalaminya, meski pada usia yang berbeda-beda.
Namun faktor bawaan / genetis ( ditambah beberapa faktor lainnya) akan sangat mempengaruhi dalam hal ini. Sehingga dapat berakibat seseorang mendapatkan uban lebih cepat dari yang lainnya.

Secara psikologis, begitu di rambut kepala tampak uban atau melihat rambut yang telah putih untuk pertama kalinya, maka seseorang akan cenderung terdorong untuk semakin memperhatikan rambut.

Padahal biasanya cuek-cuek saja terhadap rambutnya.
Karena semakin diperhatikan maka, pikiran menjadi lebih terlatih untuk melihat dan mencoba-coba untuk menghitung berapa jumlah rambut yang telah beruban, yang ada di kepala.
Dan setelah itu lalu, berusaha untuk mencabut rambut putih yang ada.
Karena dari hari ke hari hal seperti ini terus dilakukan, maka akan terasa jika seolah rambut putih di kepala atau uban terus bertambah setiap harinya.
Padahal nyatanya, pertumbuhan uban tidaklah secepat itu !

You may like these posts