-->

Cara Membuat Resep Mandi Rempah Wangi Ala Putri Keraton

Indonesia yang begitu panjang garis sejarahnya, sudah dikenal sangat kaya dengan berbagai macam warisan adat istiadat dan budayanya. Meski warisan adat istiadat dan budaya ini telah sedikit demi sedikit terkikis dan mulai meluntur ( terutama di kalangan generasi muda ),namun masih tetap ada orang-orang ataupun institusi yang dengan teguh menjaga dan melestarikannya.

Dan sebagai negara yang terletak di katulistiwa dengan keaneka ragaman hayatinya, diantara berbagai warisan tradisional nenek moyang adalah adanya berbagai macam jamu-jamuan dan ramuan tradisional. Dimana tidak hanya untuk pengobatan saja, ramuan tradisonal nenek moyang juga mewariskan beberapa ramuan untuk perawatan kecantikan.
Bahkan dengan adanya beberapa batasan dan keterbatasan, pada jaman dulu, ramuan tradisional untuk perawatan kecantikan biasanya digunakan hanya pada kalangan tertentu. Pada puteri keraton misalnya.

Salah satu ramuan tradisional untuk perawatan kecantikan yang telah digunakan dari abad ke abad adalah berupa ramuan mandi rempah wangi.

Sejak jaman dulu, nenek moyang kita percaya bahwa mandi rempah secara umum mempunyai manfaat untuk menyegarkan badan. Bahkan sebagian dari nenek moyang yang ahli dalam bidang kecantikan telah mengetahui manfaat dan kegunaan dari mandi rempah untuk perawatan kecantikan.

Nenek moyang kita telah mengetahui, selain bermanfaat untuk menyegarkan badan, mandi rempah mempunyai beberapa kegunaan lainnya, diantaranya :

- Membantu menghilangkan kotoran pada kulit
- Mengurangi ketegangan otot-otot
- Menjadikan kulit halus sehingga tampak awet muda dan berseri

Mengingat khasiatnya, salon atau rumah kecantikan modern bahkan sudah menjadikan mandi rempah wangi sebagai salah satu layanan andalannya.
Meski anda dapat dengan mudah menikmati mandi rempah wangi di salon atau rumah perawatan kecantikan, sebenarnya anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Untuk melakukan mandi rempah sendiri, dapat digunakan resep dan komposisi sebagai berikut :

- Daun Dilem
- Secang
- Temu giring
- Mesoyi
- Daun Pandan

Cara Penggunaan ramuan rempah wangi :

- Rebus rempah-rempah dengan air sebanyak ± 2 liter sampai mendidi
- Setelah ± 5 menit mendidih, angkat dari api
- Tambahkan dengan air dingin secukupnya atau sampai suam-suam kuku
- Ramuan rempah wangi sudah siap digunakan
- Cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan berendam di dalam ramuan rempah wangi selama ± 10 menit

Manfaat lain dari ramuan rempah wangi

Disamping bisa digunakan untuk mandi seperti disebut di atas, ramuan rempah wangi juga mempunyai manfaat lainnya, seperti :
- Sangat baik digunakan untuk MANDI UAP atau MANDI SPA.
- Bila secara rutin dipergunakan untuk cebok, khasiat rempah wangi dipercaya bisa mengharumkan bagian vital wanita dan mengurangi produksi lendir yang berlebih, sehingga lebih kesat.

Simak juga :

You may like these posts

  1. Mandi rempah juga dapat dilakukan dengan cara membuat sauna sederhana di rumah lebih praktis dak kapan saja bisa dilakukan