-->

Berapakah Jumlah Normal Rambut Rontok Setiap Harinya ?

Kapanpun jamannya, apapun trend model rambut, ibaratnya tetap menjadi sebuah mahkota bagi wanita. Makanya seorang wanita pasti selalu peduli tentang permasalahan rambutnya.

Dan salah satu permasalahan rambut yang sering menjadi momok bagi setiap wanita adalah kerontokan pada rambut.


Permasalahan rambut, ada banyak hal yang mempengaruhinya.
Mulai dari factor pengaruh gen atau keturunan, factor makanan, factor lingkungan, factor kesehatan, factor perawatan dan masih banyak hal lagi lainnya.
Oleh sebab itu, rambut seseorang dengan orang lainnya pasti berbeda.
Bahkan untuk seorang yang saudara sekandung - yang mempunyai gen keturunan yang hampir serupa – sekalipun. Faktor-faktor tersebut di atas pada akhirnya juga akan sangat menentukan dan mempengaruhi cepat dan tidaknya, sedikit atau banyaknya masalah kerontokan pada rambut.
Bila factor-faktor tersebut memang tidak mendukung, maka masalah kerontokan pada rambut akan semakin cepat dan banyak terjadi.

Pada kondisi dan siklus normalnya, pertumbuhan rambut umumnya dapat berlangsung selama 2-6 tahun.
Dan umumnya pula, setiap helai rambut mampu tumbuh sepanjang 1 cm/bulan dalam fase pertumbuhan ini. Jika dilihat dari proporsinya, dari keseluruhan jumlah rambut yang tumbuh di kepala, ada sebanyak 90% rambut yang berada dalam masa pertumbuhan.
Sedangkan sisanya, sejumlah 10% berada dalam fase “istirahat”.
Dan ketika sebuah helai rambut memasuki masa istirahat, maka setelah 2-3 bulan, rambut tersebut akan mengalami fase rontok. Meski juga akan tumbuh sebuah helai rambut yang baru di tempat yang sama.

Artinya, sudah seharusnya dan pasti akan ada rambut yang akan rontok di setiap harinya.

Masalahnya adalah, berapakah jumlah yang normal untuk rambut yang rontok di setiap harinya ?

Ada sebuah kejadian yang dapat dijadikan ilustrasi menarik tentang permasalahan rambut rontok ini.
Ada seorang ibu yang agak galau dikarenakan permasalahan kerontokan yang terjadi pada rambutnya.
Ibu dari dua orang anak, yang menginjak umur 30 ahunan ini merasa rambutnya saat ini mengalami kerontokan dimana-mana setiap harinya. Yang tidak pernah terjadi pada masa-masa sebelumnya ( atau mungkin karena kurang diperhatikannya ).
Sehingga ibu ini bertanya-tanya, masih normalkah kerontokan rambut yang terjadi padanya ?
Berapa jumlah yang normal-kah rambut yang “harus” rontok setiap harinya ?

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, adalah suatu hal yang normal apabila mendapati helai rambut yang rontok setiap hari.

Berdasarkan catatan, pada kondisi dan usia pertumbuhan sebuah kulit kepala manusia mempunyai rata-rata sekitar 100.000 helai rambut yang tumbuh padanya.
Dari jumlah tersebut 90 % nya atau sejumlah 90.000 helai rambut berada dalam masa pertumbuhan. Sedangkan 10 % nya atau sejumlah 10.000 berada dalam fase istirahat.

Dari sejumlah 10.000 helai rambut yang sedang berada dalam fase istirahat, secara hitungan kasar akan ada sebanyak 50-100 helai rambut dapat rontok setiap harinya.

Dan hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Maka, perhatikan saja ( kalau anda ragu, jika perlu dihitung saja ), jika kerontokan rambut yang terjadi setiap harinya masih masuk dalam angka 50 – 100 helai, itu berarti kerontokan yang terjadi pada rambut anda masih dalam batas wajar saja.

Namun bila memang kerontokan rambut yang terjadi sudah melebihi jumlah tersebut atau bahkan lebih besar lagi, anda memang memberikan perhatian lebih untuk perawatan dalam tata rambut anda.

Lihat juga :
> Tata rambut jempolan di musim hujan

Tetapi factor usia perlu dipertimbangkan juga karena akan berpengaruh disini. Semakin bertambah usia masalah kerontokan rambut akan semakin sering terjadi.
Hal ini sangat alami karena masa pertumbuhan pada seseorang juga mulai melambat atau bahkan telah terhenti. Yang terpenting adalah anda tetap melakukan perawatan pada rambut anda sebagaimana mestinya.

Setidaknya cobalah melakukan dan membiasakan beberapa langkah sederhana berikut untuk mencegah dan mengurangi kerontokan yang terjadi pada rambut anda :

• Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
• Sebisa mungkin hindari stress dan hilangkan rasa galau anda
• Hindari penggunaan obat-obatan yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut
• Tetap rajin berolah raga guna memperlancar peredaran darah
• Istirahat yang cukup
• Jangan merokok (bagi yang merokok)
• Hindari menggunakan Hair Drier (pengering rambut)
• Hindari keramas dengan air panas
• Hindari pemakaian bahan - bahan kimia pada rambut

You may like these posts