-->

11 Tips Memilih Playgroup Yang Baik Dan Bermutu

Cara Yahud Memilih Playgroup
Playgroup. Sesuai namanya, lembaga pendidikan ini “seharusnya” hanya sebagai sarana bermain dan bersosialisasi bagi anak anda.
Saat ini banyak sekali bermunculan lembaga-lembaga pra pendidikan ( sebelum TK / Taman Kanak-Kanak ) yang sering disebut dengan playgroup.

cara memilih playgroup
Hanya saja karena tingginya “tuntutan” dunia pendidikan, pada akhirnya playgroup sendiri terkadang kurang sesuai dengan tujuan awalnya. Sehingga berbagai jenis kurikulum diterapkan.
Ada playgroup yang memang menekankan pada ketrampilan sosial bagi si anak, seperti kemampuan bekerja sama, mendengarkan, memahami, berbagi dengan teman dan sebagainya. 
Tetapi tidak sedikit juga yang menitik beratkan pada persiapan penguasaan masalah akademika, yaitu menggabungkan antara ketrampilan membaca dan matematika. 

Sebenarnya hal ini juga tidak terlepas dari anggapan para orang tua. Kebanyakan orang tua beranggapan jika sebuah playgroup tidak mengajarkan pengajaran akademika maka playgroup tersebut bukanlah playgroup yang maju, karena pada akhirnya si anak tidak bisa apa-apa. 

Ini semua memang kembali kepada keinginan dan maksud orang tua masing-masing. Untuk apakah mereka memasukkan anaknya ke dalam playgroup ini.
Namun jika kembali tujuan awalnya, keinginan dan maksud seperti ini kurang tepat, karena pada dasarnya bukan itu tujuan playgroup yang sebenarnya. 

Agar “tidak salah langkah “ dalam memilih playgroup untuk anak anda, alangkah baiknya jika anda juga menyimak 11 tips  memilih playgroup yang baik dan bermutu berikut ini : 

1. Lakukan observasi 
Cobalah lakukan sedikit observasi. Bagaimana infrastrukturnya, bagaimana suasananya, kurikulum apa yang ditawarkannya, juga bagaimana dengan pengelolaannya. 

2. Cari referensi 
Jangan lupa carilah informasi dan referensi dari keluarga, teman sejawat atau siapa saja yang kebetulan mempunyai pengalaman tentang playgroup tersebut. 

3. Lihat fasilitasnya 
Perhatikan, apakah playgroup tersebut mempunyai sarana dan prasarana yang memadai dan tidak membahayakan bagi anak anda. 

4. Cari yang berideologi sama 
Pilihlah playgroup yang memiliki ideologi atau kepercayaan yang sama dengan keluarga anda. Sehingga si anak nantinya tidak menjadi bingung ketika mengikuti pengajarannya. 

5. Lihat rasio guru dan muridnya 
Idealnya, pilihlah playgroup dengan ratio antara guru dan murid antara 1 banding 3 sampai 5. Kesampingkan jika rationya lebih dari itu, agar anak anda mendapatkan perhatian dan pengajaran yang optimal. 

6. Amati dan karakter dan turn over guru pengajarnya 
Amati bagaimana para guru menanamkan kedisiplinan. Amati pula bagaimana mereka berinteraksi dan menjalin hubungan dengan anak didiknya. Tidak lupa amati pula turn over guru di playgroup tersebut.
Jika turn ever rendah, berarti playgroup tersebut nyaman bagi para gurunya. Sehingga akan berpengaruh pada cara mengajar anak didiknya. 

7. Apakah mereka profesional 
Coba amati pula, apakah playgroup memang dikelola dan dijalankan oleh orang-orang yang profesional, terlatih dan sesuai latar belakangnya. Ataukah hanya dikelola secara serabutan atau sembarangan saja ? 

8. Perhitungkan jarak sekolah 
Usahakan memilih playgroup yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan rumah anda. Disamping ini akan mempermudah anda dan anak anda, juga akan sedikit menghemat biaya. 

9. Berapa dana yang tersedia ? 
Sesuaikan dana finansial anda. Setiap playgroup tentu mempunyai standard biaya yang berbeda. Pilihlah playgroup yang benar-benar sesuai dengan kemampuan finansial anda. Jangan terlalu memaksa, 

10. Jangan terpancang masalah gengsi 
Ini adalah penyakit para orang tua umumnya. Selalu menginginkan sekolah yang bergengsi untuk anak-anaknya. Pertimbangkan juga faktor kenyamanan bagi anak-anak anda. Karena sejatinya, merekalah yang menjalaninya. 

11. Check, bagaimana pelayanan daruratnya 
Check pula, bagaimana mereka menangani dan melayani anak ketika dalam kondisi darurat ? Sakit misalnya. Apakah mereka juga memperhatikan hal yang sepertii ini.
Dan jangan lupa, meski ini sepele, bagaimana mereka mengatur dan melayani asupan makanan bagi anak anda ? Snack yang disajikan misalnya. 

Nah, dengan tips memilih playgroup yang baik dan bermutu ini moga-moga anda bisa mendapatkan pra sekolah yang sesuai, tidak hanya bagi anda tetapi utamanya bagi anak anda. 

You may like these posts